Pengertian Kartu kredit

1016 views

Akhir-akhir ini saya sering ditawari oleh pihak bank akan fasilitas kartu  kredit melalui telephone. Yang lebih menggiurkan bahwa tanpa ada persyaratan. Hmm... jadi kepikiran bikin. Sedikit yang saya tahu mengenai kartu kredit adalah sesuatu yang riskan bagi ekonomi seseorang. Banyak teman menyarankan untuk tidak pernah berurusan dengan yang namanya kartu kredit dengan dasar pengalaman yang pernah mereka alami. Dari situlah artikel ini muncul.

kartu kredit

Untuk mengetahui lebih jelas apa dan bagaimana kartu kredit itu berbagai sumber telah saya baca agar pengetahuan dasar tentang kartu kredit diketahui dengan baik. Seperti apakah Pengertian Kartu kredit itu? mari disimak dibawah ini,

Pengertian Kartu kredit

Bang wiki menjelaskan tentang kartu kredit ini sangat sedikit. Kurang lebih menurutnya kartu kredit adalah suatu bentuk solusi transaksi ritel dan sistem kredit. Kartu kredit berbeda dengan kartu debit di mana penerbit kartu kredit meminjamkan pengguna uang bukan mengambil dari rekening. Secara umum kartu kredit memiliki bentuk dan ukuran sama, yaitu sesuai spesifikasi standar ISO 7810.

Sejarah singkat kartu kredit

Kartu kredit diinspirasi pada tahun 1900-an , secara keseluruhan dikarenakan kemudahan yang diinginkan saat bertransaksi. Karena transaksi menggunakan uang dirasa sangat merepotkan. Hingga pada akhirnya american express dan dinner club mengeluarkan kartu kredit pertama kalinya thn 1946.

Cara kerja kartu kredit

Inti dari cara kerja kartu kredit adalah hutang yang harus di bayar pada periode tertentu. Ada banyak pihak yang terlibat dalam transaksi kartu kredit ini yaitu pelanggan, toko, penerbit kartu kredit, dan bank pelanggan. Ketika kamu menggunakan kartu kredit maka  kamu akan dimintai tandatangan pada kwitansi pembelian. Kwitansi tersebut akan digunakan pihak toko untuk melakukan tagihan ke pihak bank pada periode tertentu. Pihak bank akan melakukan tagihan kepada penerbit kartu kedit dan kemudian penerbit melakukan penagihan ke pihak bank dan tagihan dari pihak bank datang kepada kamu.

Selesai? ya tentu jika kamu membayar tagihan tersebut. Sedikit jadi tahu bagaimana kartu kredit itu, Hmmm.

Terlepas dari perbedaan promosi setiap  bank kurang lebih seperti diatas beberapa resum yang saya dapatkan saat mencari referensi tentang kartu kredit. Sekian dari saya semoga bermanfaat, terimakasih.

Kamu tertarik membaca posting saya yang ini?

 

 

Tags: #bank #hutang #kartu kredit

Leave a reply "Pengertian Kartu kredit"

Author: 
    author