Siapa yang tidak tahu internet? hampir semua orang di generasi sekarang ini mengetahui internet. Sesuatu yang kaya akan manfaat ini dapat membuat rasa ingin tahu setiap manusia terpenuhi. Ingin tahu sesuatu tinggal ketik dan dapatkan informasi yang bermanfaat. Hanya saja kendala yang paling dominan adalah paket data untuk meng aksesnya. Tidak semua bagian di bumi ini memiliki kemudahan dalam hal data tersebut. Beberapa trik yang dilakukan mereka yang memiliki keterbatasan data baik kecepatan atau pun kuota memilih mencari cara menyimpan halaman web secara utuh agar bisa di baca walau pun dirinya sedang off line.

Cara mudah menyimpan halaman web secara utuh

Jika kamu juga sedang mencari cara tersebut , itung-itung menghemat kuota atau pun menghemat waktu karena jika harus load on line lagi biasanya jika kecepatan internetnya kurang bagus akan lama. Yuk… cek caranya dibawah ini.

1. Dalam hal ini saya menggunakan browser google chrome , kamu bisa menggunakan mozilla atau pun opera. Inti nya sama

2. Buka halaman yang hendak kamu simpan, jika kamu melakukan penelusuran menggunakan google juga tidak masalah. Disini saya mencontohkan halaman website www.KhedisFile.com

3. Klik kanan di area bebas, bukan pada tulisan atau gambar

4. Pilih save as

5. Tentukan dimana akan menyimpan (lokasi di komputer kamu)  menyimpan halaman web secara utuh

6. tentukan nama agar mudah diingat

7. tentukan jenis dokumennya keterangannya dibawah ini:

  • Web page, complete: Jika kamu memilih opsi ini maka seluruh halaman web akan disimpan bersama dengan seluruh gambar yang Anda di halaman tersebut. Browser akan membuat direktori baru tempat seluruh gambar dan berkas yang diperlukan untuk membuka halaman yang akan disimpan.
  • Web page, HTML only: Opsi ini memungkinkan kamu menyimpan halaman asli namun tanpa disertai dengan gambar. Seluruh struktur tautan HTML akan disimpan pada satu berkas sebagaimana halaman aslinya. Tentunya yang satu ini akan hemat memory.
  • Text files: Jika opsi ini dipilih, halaman asli akan disimpan sebagai sebuah berkas teks. Struktur tautan HTML tidak akan tersimpan. Akan tetapi dengan opsi ini, Kamu dapat membuka hasil simpanan halaman web dengan menggunakan program editor teks.
  • All files: Pada dasarnya sama, opsi ini sama halnya dengan dengan opsi “Web page, HTML only”, hanya saja kamu dapat menentukan sendiri ekstensi berkasnya (misal: “.htm” atau “.shtml”).

8. Klik save.

Selesai. Untuk membuka hasil simpanannya kamu bebas menentukan pilihan apakah akan menggunakan mozilla atau chrome atau yang lainnya yang terpenting aplikasi browser. Caranya klik kanan open with atau hanya klik dua kali. Baca juga menyimpan halaman untuk dibaca offline di android.


Leave a Reply

Related Posts

Repair iPhone

Cara hard reset iPhone atau force restart iPhone

Jika kamu mengalami error pada iPhone yang paling sering adalah iPhone hang dan lag. Ada juga iPhone mati pada logo apple. Maka salah satu solusi yang bisa kamu ambil adalah dengan cara hard reset atau Read more…

iPHone X

Tips dalam menggunakan iPhone X terbaru bikin kamu jadi master

iPhone X adalah iPhone terbaru yang di luncurkan Apple september 2017 lalu. Apakah kamu telah memilikinya? Meskipun di indonesia belum resmi di jual namun kabarnya iPhone X dan iPhone 8 sudah masuk ke uji lab Read more…

Speaker portable

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan. Sedang mencari speaker yang mudah di bawa-bawa kemudian memiliki batrey yang bisa di isi ulang dan wireless? Artikel kami kali ini akan mengajak kamu memilih Read more…

%d bloggers like this: