Arti 80+ pada psu. Power supplay adalah perangkat terpenting dari sebuah komputer menurut saya. Satu hal yang pertama saya alokasikan untuk dana yang lebih hanya untuk membeli sebuah PSU pilihan yang akan menjadi jantung dari komputer yang saya bangun. Diantara tips memilih PSU yang baik agar tidak menyesal di masa mendatang adalah label 80+ pada nya. Dan banyak orang belum memahami dan mengerti akan hal penting ini. arti 80+ pada PSU

Di pasaran banyak beredar power supplay dengan berbagai merek yang ditawarkan dan dengan rentang harga yang menarik. Ada yang di patok harga Rp 300 ribu-an dan memiliki kapasitas mencapai 600 watt. Ada juga yang ditawarkan Rp150 ribu dapat PSU plus casing. Tahu kah kamu ? kebanyakan jasa rakit komputer di toko-toko akan menggunakan PSU dengan model seperti itu. Tentunya agar lebih menekan harga produksi rakitan. Karena kurang pemahaman konsumen akan pentingnya PSU bagi kelangsungan sebuah komputer. Kebanyakan konsumen akan senang jika komputer yang dipesan untuk dirakit memiliki processor, ram dan hardisk yang besar. Dan tidak memperhatikan PSU yang dipasang.

Pengalaman pribadi pernah dikatakan oleh pembeli lain mubadzir di sebuah toko komputer. Ketika itu saya memboyong PSU merek corsair seharga Rp 900 ribu, dan sebuah casing seharga Rp400 ribu. Jika ditotal untuk membeli casing dan PSU saja sudah menghabiskan RP 1 juta 300 ribu, dan itu bisa ditukar dengan 8 buah casing + PSU. Tentu kala itu alasan saya jelas kuat, yaitu untuk performa dan jangka panjang.

Apa Arti 80+ pada psu?

Label 80+ adalah sebuah program dari  Ecos Consulting pada tahun 2004. Hal ini akan melakukan sertifikasi terhadap power supplay dalam menyerap listrik DC dan meprosesnya serta menghitung seberapa besar daya yang dibuang sia-sia. Efisiensi 80% adalah sebuah angka yang baik untuk sebuah perangkat elektronik. Mengingat tidak ada perangkat elektronik yang mencapai efisiensi 100%. Dan efisiensi 80 % berarti daya yang diserap sebanyak 80 % dan hanya 20% yang dibuang menjadi panas. Selanjutnya angka efisiensi semakin tinggi semakin baik yang dilambangkan dengan 80+.

Manfaat label 80+

Secara garis besar ada tiga manfaat dari angka 80+ yang tertera pada setiap PSU yang kamu beli;

  • Mengurangi panas yang berlebihan karena daya yang terbuang sia-sia (menjadi panas ) hanya 20 % dari total daya yang diserap.
  • Hemat listrik rumah karena beban listrik rumah yang diserap oleh PSU diproses sempurna dan efisien.
  • Perangkat komputer awet karena kemungkinan terjadi kekurangan daya dapat dihindari. Hal itu terjadi karena perhitungan kebutuhan daya dengan daya yang harus disediakan jelas.

Mulai sekarang selalu perhatikan masalah PSU ketika kamu akan melakukan rakit komputer. Karena memang jika digali lebih jauh manfaat yang didapat sangat banyak. Baca juga Corsair pilihan Psu untuk Pc game.


Leave a Reply

Related Posts

accessories iPhone

Aksesoris, iPhone, Macbook dan HomeKit terbaik 2018

2018 akan menjadi tahun yang menarik karena CES yang saat ini sedang berlangsung di LA menampilkan dan memperkenalkan bermacam produk keren dan futuristic. Khususnya aksesoris iPhone dan rekan-rekannya seperti mac dan home kit. Mari kita Read more…

Android

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi MIX 2 indonesia

Sedang mencari handphone murah namun memiliki desain keren? kali ini kami menghadirkan MI Mix 2 indonesia. Ketika Mi Mix pertama rilis memang menawan dengan desain yang cantik, namun banyak yang bilang kalau ponsel tersebut terlampau Read more…

accessories iPhone

Beli aksesoris iPhone di Lazada apakah terpercaya?

Seperti yang saya posting kemarin bahwa apple telah bekerjasama dengan lazada dengan menjadikan lazada sebagai reseller resmi. Sehingga jika kamu membeli produk apple misal iPhone atau iPad akan dapatkan yang  asli. Meski demikian jangan sampai Read more…

%d bloggers like this: