Sedang mengalami hardisk rusak? itu adalah ketakutan yang besar bagi para pengguna perangkat komputer di seluruh dunia. Hardisk sebagai media penyimpanan tidak jarang berisi data-data penting, bahkan harga data-itu sendiri lebih mahal dibanding harga hardisk itu sendiri. Itulah mengapa banyak orang akan melakukan apapun agar hardisk yang berisi data-data penting kembali bekerja normal. Bukanya ada software recovery? ya benar. Akan tetapi kasusnya berbeda jika kerusakan adalah dari segi fisik, tentunya software tersebut tidak ada gunanya. hardisk rusak

Hardisk adalah sebuah media penyimpanan yang memanfaatkan piringan magnetik dan beberapa komponen yang mendukungnya. Piringan magnetik tersebut selalu berputar saat melakukan aktivitas. Jadi hardisk adalah media penyimpanan yang bergerak. Beda halnya dengan flashdisk dan SSD yang secara murni hanya memanfaatkan komponen elektronik. Bisa dibilang hardisk mirip dengan keping DVD. Itu adalah gambaran betapa sangat mungkin hardisk itu mengalami kerusakan. Selain faktor umur tapi juga hardik memerlukan keseimbangan saat bekerja.

Beberapa kerusakan hardisk

  1. Hardisk berdecit dan getaran yang ditimbulkan kasar.
  2. Hardisk berbunyi seolah terdapat benda didalamnya (berisik) .
  3. Hardisk tidak terbaca pada komputer.
  4. hardisk terbaca namun akses sangat lama.

Beberapa penyebab hardisk rusak

  1. Hardisk jatuh, terbentur , atau bekerja dalam keadaan miring.
  2. Sering mati di saat loading ( sengaja mematikan komputer tidak dengan cara normal) biasanya langsung mencabut kabel daya atau stop kontak.
  3. Sering lepas pasang hardisk.

Langkah penting jika hardisk rusak

  1. Matikan komputer, jika hardik mulai terdeteksi ada yang tidak beres seperti bunyi decit. Langsung saja matikan komputer. Serta sediakan hardisk cadangan untuk backup data.
  2. Cabut kabel daya dan kabel sata, Langkah ini diikuti dengan membersihkan soket hardisk dari debu kemudian sambungkan kembali serta backup data sesegera mungkin.
  3. Perbaiki posisi hardisk, periksa hardisk apakah miring dalam pemasangannya. Pastikan hardik berada pada posisi yang rata.
  4. Jangan bongkar hardisk, Jika hardik benar-benar tidak terbaca lagi pada komputer, jangan coba membongkar hardisk. Meskipun kamu bisa membongkarnya namun saya sarankan bawalah ke service centre merk hardisk tersebut dan semoga kamu dapat ganti hardik baru. Karena harga hardisk sungguh mahal.
  5. Jangan membuka stiker garansi, menyambung yang diatas, sebaiknya jaga agar stiker garansi tetap terjaga rapih. Karena hardisk itu jika sudah rusak secara fisik , jalan keluar yang paling logis adalah garansi.

Tip menjaga agar hardisk tidak rusak

  1. Jangan lepas pasang hardik terlalu sering.
  2. Jangan terlalu sering memformat hardisk apalagi low level format.
  3. Jangan meletakkan hardisk dalam posisi miring pada komputer.
  4. Hardisk dijaga agar tidak terjatuh dan tergoncang. Artinya jangan sering-sering membawa hardik sebagai media penyimpanan portable.
  5. Jangan terlalu sering mematikan komputer melalui stop kontak atau hard reset. Matikan sesuai prosedur. Jaga juga listrik rumah, indikasi hardisk akan cepat rusak jika listrik rumah tidak stabil dan sering turun.
  6. Gunakan software pemantau hardisk.
  7. Jangan mempertahankan hardisk yang sudah berumur.

Yup itu dia uraian mengenai langkah yang harus dilakukan jika hardisk rusak secara fisik. Segera lakukan antisipasi sebelum data-data di hardisk kamu hilang. Baca juga Memory vgen garansi selamanya, benarkah?


2 Comments

mahendra · April 15, 2015 at 5:51 am

Saya mau tanya jika harddisk rusak apakah berpengaruh terhadap komputer seperti, saat dinyalakan komputer hanya menampilkan jendela awal, yang berisi tulisan menu bios di kanan bawah layar?

    khedi · April 19, 2015 at 11:30 am

    Bios itu tidak masuk ke hardisk, jadi jika komputer hanya terhenti pada menu bios maka dipastikan itu karena komputer tidak bisa mengakses OS yang berada di hardisk atau SSD. Dugaan awal sistem operasinya yang error atau sistem boot nya hilang, coba di repair menggunakan cd OS tersebut. Jika itu tidak bisa dilakukan, coba cek hardisk pada komputer lain. Semoga membantu

Leave a Reply

Related Posts

accessories iPhone

Aksesoris, iPhone, Macbook dan HomeKit terbaik 2018

2018 akan menjadi tahun yang menarik karena CES yang saat ini sedang berlangsung di LA menampilkan dan memperkenalkan bermacam produk keren dan futuristic. Khususnya aksesoris iPhone dan rekan-rekannya seperti mac dan home kit. Mari kita Read more…

Android

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi MIX 2 indonesia

Sedang mencari handphone murah namun memiliki desain keren? kali ini kami menghadirkan MI Mix 2 indonesia. Ketika Mi Mix pertama rilis memang menawan dengan desain yang cantik, namun banyak yang bilang kalau ponsel tersebut terlampau Read more…

accessories iPhone

Beli aksesoris iPhone di Lazada apakah terpercaya?

Seperti yang saya posting kemarin bahwa apple telah bekerjasama dengan lazada dengan menjadikan lazada sebagai reseller resmi. Sehingga jika kamu membeli produk apple misal iPhone atau iPad akan dapatkan yang  asli. Meski demikian jangan sampai Read more…

%d bloggers like this: