Resolusi layar saat ini sangat penting untuk diketahui. Baik itu bagi para penikmat multi media ataupun mereka yang akan memulai bergelut dalam bidang multimedia produksi. Karena jika kamu seorang penikmat media seperti video atau film maka mengetahui jenis resolusi layar akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan pengalaman melihat berbagai produk media video dengan memuaskan. Dan jika kamu seorang editor atau video compositer ataupun juga kamu seorang film maker pemula, mengetahui jenis resolusi layar akan sangat bermanfaat dalam menghasilkan produk multi media yang lebih tepat menyasar pasar dan yang diinginkan oleh konsumen.jenis resolusi layar

Konsumen video atau film cenderung akan menikmati jika video atau film tampil dengan jernih dan warna yang menawan. Maka jika demikian, konsumen harus mengetahui jenis resolusi layar ketika mereka akan membeli TV HD atau monitor agar kebutuhan mereka akan tampilan yang memuaskan terpenuhi. Kemudian sebagai seorang editor mengetahui jenis resolusi layar bukan berguna ketika berhubungan dengan pembelian monitor atau TV, akan tetapi lebih ke permintaan video yang mereka produksi akan dimainkan pada tingkatan layar yang seperti apa.

Secara umum parent dari pembahasan video dibatasi dengan format video PAL dan NTSC. Dan pembahasan kali ini adalah jenis resolusi video PAL. Mengapa karena jenis format inilah yang berlaku di Indonesia.

Berikut 7 jenis resolusi layar PAL DV yang harus kamu ketahui :

  • QVGA (320 X 240)

Resolusi ini sering digunakan pada layar handphone tentunya bukan handphone sekarang ya…, karena kebanyakan resolusi handphone sekarang sudah sangat keren. Resolusi ini digunakan pada handphone karena sangat stabil dalam menampilkan gambar bergerak.

  • VGA (640 x 4800)

Merupakan resolusi terendah pada monitor computer, dan resolusi ini juga sangat baik untuk digunakan pada kamera digital atau handphone dalam artian pada saat setting merekam video.

  • SVGA ( 1366 x 768)

Merupakan resolusi menegah pada monitor tabung. Sedang perbandingan resolusinya adalah 4:3.

  • XGA (1024 x 768)

Resolusi ini sangat baik dan banyak digunakan sebagai keluaran pada hasil rekaman smartphone high end. Selain itu resolusi ini juga sangat baik digunakan pada projektor.

  • WXGA (1366 x 768)

Reolusi ini memiliki perbandingan layar adalah 16 : 9 atau banyak yang menyebutnya dengan widescreen. Sebenarnya memang namalain dari resolusi ini adalah widescreen. Resolusi ini digunakan pada laptop atau computer standar.

  • HD (1280 x 720)

Resolusi yang sangat ideal dalam menampilkan film masa kini. Biasa terdapat pada monitor keluaran terbaru yang jika pada computer harus didukung dengan video card menengah keatas. Dan jika pada TV maka resolusi ini terdapat pada TV LCD atau LED widescreen.

  • Full HD ( 1920 x 1080)

Kualitas video yang tampil pada resolusi ini sangat tajam dan jernih. Bahkan jika kita melihat film pada resolusi ini sangat jelas terlihat pori – pori kulit para aktor dan aktris.

Itu dia ke – 7 jenis resolusi layar monitor baik computer dan TV. Jadi jika kamu hendak menyaksikan gambar dengan jernih jangan sampai salah pilih. Saran saya belilah layar yang memiliki resolusi paling mutakhir seperti 4K, atau setidaknya HD atau Full HD. Baca juga Rekomendasi Power bank berkualitas terbaik.


Leave a Reply

Related Posts

accessories iPhone

Aksesoris, iPhone, Macbook dan HomeKit terbaik 2018

2018 akan menjadi tahun yang menarik karena CES yang saat ini sedang berlangsung di LA menampilkan dan memperkenalkan bermacam produk keren dan futuristic. Khususnya aksesoris iPhone dan rekan-rekannya seperti mac dan home kit. Mari kita Read more…

Android

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi MIX 2 indonesia

Sedang mencari handphone murah namun memiliki desain keren? kali ini kami menghadirkan MI Mix 2 indonesia. Ketika Mi Mix pertama rilis memang menawan dengan desain yang cantik, namun banyak yang bilang kalau ponsel tersebut terlampau Read more…

accessories iPhone

Beli aksesoris iPhone di Lazada apakah terpercaya?

Seperti yang saya posting kemarin bahwa apple telah bekerjasama dengan lazada dengan menjadikan lazada sebagai reseller resmi. Sehingga jika kamu membeli produk apple misal iPhone atau iPad akan dapatkan yang  asli. Meski demikian jangan sampai Read more…

%d bloggers like this: