Fakta dan tidak dapat dipungkiri bahwa pengguna iPhone 4 dan 4s mulai kelimpungan menghadapi tantangan kebutuhan aplikasi terbaru saat ini.

Hal itu wajar karena keduanya merupakan generasi lawas dari jajaran iPhone. Meski iPhone 4s masih dijagokan untuk mencicipi iOS 9, namun itu terlihat sedikit memaksakan.

Berbeda dari saudaranya iPhone 4 yang memang sudah di cukupkan iOS 7.1.2 sebagai seri terakhir iOS yang bisa di support.

Itu iPhone 4 dan 4s yang berpotensi lemot, namun apakah iPhone yang lain bebas dari lemot?

Sebagai produk pemrograman pasti akan ada yang namanya lemot, karena dalam dunia pemrograman ada yang namanya interup yaitu tabrakan antar perintah.

Beda iPhone dan iPad

pixabay

Untuk itulah artikel ini akan memberikan tips cara ampuh mempercepat iPhone atau iPad yang lemot. Ciri-ciri dari iPhone atau iPad lemot itu sendiri adalah;

  1. Lag saat memilih aplikasi dan menggeser home screen
  2. Proses pergantian setiap sesi tersendat, misalkan ketika kamu menuju ke home screen ikon dari aplikasi muncul tersendat.
  3. Aplikasi lambat membuka untuk siap menerima input, sebagai contoh BBM, WA, Facebook yang kadang sangat lama untuk siap menerima input dari pengguna.
  4. Loading safari saat kita melakukan back previous page internet lambat. Dan lainnya.

Jika kamu sedang mengalaminya, segera praktikan 5 cara ampuh mempercepat iPhone atau iPad yang lemot di bawah ini;

1. Atur semua setting menjadi Low

Beberapa pengaturan dapat kamu prioritaskan menjadi low diantaranya adalah sebagai berikut;

a. Dissable background App refresh : ini akan membatasi aplikasi melakukan aktivitas yang berlebihan ketika tidak dibuka. Jadi beban hardware berkurang di saat kondisi idle dan juga saat menggunakan aplikasi yang penting.

Namun…

Jika dissable background app refresh di aktifkan bukan berarti mematikan semua aplikasi untuk tidak berjalan, beberapa fungsi utama akan tetap berjalan seperti pesan BBM, WA, dan beberapa notifikasi penting. Maksudnya jika ada pesan bbm, whatsapp akan tetap masuk.

Cara ini untuk menghentika aplikasi yang jarang digunakan melakukan cycle koneksi ke internet untuk mengecek data base.

Untuk melakukan dissable app refresh kamu dapat menuju ke setting>general>background App refresh. Kamu bisa mematikan semua atau hanya beberapa aplikasi saja.

b. Dissable location service : location service akan membuat diri kita terlihat secara pemetaan lokasi. Dan penggunaannya tergantung aplikasi.

Misal; facebook akan melakukan pemindaian lokasi saat kamu melakukan update status, begitu juga dengan kamera yang akan menyertakan informasi lokasi saat gambar diambil.

Untuk melakukan dissable location service dapat kamu lakukan dengan cara buka setting>privacy lakukan dissable keseluruhan service atau kamu hanya ingin beberapa aplikasi saja. Dan juga setiap aplikasi akan memiliki pilihan jenis dari locatioan service yang diijinkan.

Terdiri dari Never: artinya tidak sama sekali diijinkan aplikasi untuk mengakses fitur lokasi, Always : selalu ijinkan aplikasi untuk akses location service, dan terakhir while using : yaitu diijinkan hanya saat aplikasi dibuka.

c. Reduce motion and pralax ; hal ini akan sangat bepengaruh terhadap peforma dari iPhone itu sendiri. Karen motion and pralax sangat membebani processor. Apalagi untuk iPhone 4 yang masih menggunakan processor A4.

Apa akibatnya jika motion and pralax di kurangi?

Yang jelas animasi perpindahan ikon-ikon akan hilang. Semua kembali ke standar seperti HP jaman dulu. Tapi menurut saya itu tidak begitu masalah, yang penting iPhone menjadi tidak lemot.

Kamu dapat melakukan reduce motion di setting>General>Accessibility>reduce motion.

d. Matikan Auto Update ; hal ini akan sangat membantu kecepatan iPhone karena proses aplikasi melakukan cek ke server dihilangkan. Selain itu juga menghilangkan download otomatis update.

Pasti semua paham bagaimana jika koneksi internet dibagi? akan lambat. Artinya, jika kamu sedang browsing internet tiba-tiba sistem melakukan update aplikasi otomatis maka koneksi akan dibagi dua.

Untuk melakukan dissable auto update app kamu dapat melakukannya di Setting>iTunes & App Store. Matikan semua pilihan untuk melakukan update otomatis.

e. Matikan auto brightness ; hal ini akan membuat kamu harus manual men-setting kecerahan  layar. Karena dengan mematikan auto brightness maka layar akan tidak menyesuaikan dengan lokasi sekitar. Tapi itu sangat membantu meringankan kerja processor.

2. Clean UP storage atau membersihkan ruang penyimpanan

Melakukan bersih-bersih memory sebenarnya adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga peforma gadget.

Dengan membersihkan memory dari file yang tidak digunakan maka processor tidak perlu melakukan scan media seluruhnya. Hal itu karena file yang terdapat di memory adalah file yang sudah familiar.

Dan beberapa yang harus kamu bersihkan adalah;

a. Aplikasi besar seperti game yang jarang sekali dimainkan. Misal PES, FIFA, game balap lainnya.

b. Hapus media yang sudah membosankan atau film yang sudah berkali-kali di tonton.

c. Hapus foto-foto yang tidak penting. Biasanya foto-foto yang dikirim melalui group WhatsApp, bbm dan lain-lain

3. Clear Cache

cache adalah file yang digunakan oleh apliakasi atau website untuk menghemat waktu meload kembali halaman yang sama. Namun jika sudah terlalu banyak, terkadang cache ini lebih sering disebut sampah. Karena sifatnya memenuhi media penyimpanan.

Untuk membersihkan cache lakukan 3 hal dibawah ini;

a. Bersihkan cache siystem : lakukan clear cache sistem dengan melakukan restart iPhone atau kamu bisa melakukannya dengan cara tekan terus tombol power dan home bersamaan. Lakukan itu sampai iPhone mati lalu hidup lagi dengan muncul logo apple. Setelah itu baru dilepas.

b. Hapus cookies safari ; untuk menghapus cookies safari dapat dilakukan dengan cara buka setting> safari>clear history and data.

c. Setting keyboard dengan baik; maksudnya adalah lakukan setting terhadap keyboard agar proses pengetikkan berjalan tanpa antrian huruf atau angka. Berikut caranya:

Buka setting>general>keyboard setelah itu gulir ke bawah dan temukan beberapa settingan . Sekarang jangan hidupkan auto corection dan matikan enable dictation.

4. Gunakan aplikasi untuk mempercepat iPhone

Cara ini adalah cara yang paling banyak dipilih. Akan tetapi cara ini menggunakan bantuan komputer baik itu windows ataupun Mac. Jadi untuk kamu yang anti dengan komputer boleh lanjut ke cara mempercepat iPhone yang selanjutnya yaitu ke-5.

Phoneclean adalah nama dari software tersebut. Sebenarnya masih banyak software sejenis yang bisa kamu gunakan. Namun saya beru mencoba yang satu ini dan bekerja dengan baik.

Silakan download softwarenya disini, kemudian install di komputer. Lanjutkan langkah-langkahnya dibawah ini;

a. Jalankan phoneclean

b. Sambungkan iPhone dengan PC menggunakan kabel USB

c. Kamu akan mendapat banyak pilihan terhadap apa yang akan kamu lakukan pada iPhone kamu. Mulai dari quick clean, deep clean, tool box dan restore. mempercepat iPhone

d. Jika kamu merasa ini yang pertama kali melakukan bersih-bersih boleh pilih deep clean untuk hasil maksimal

e. Tunggu proses selesai dan klik clean. mempercepat iPhone

Selesai, kemudian amunisi terakhir yang bisa kamu coba untuk mempercepat iPhone adalah reset setting dan paling ampuh.

5. Reset Setting

Reset setting adalah yang paling ampuh untuk mempercepat iPhone. Dan sejauh ini cara ini masih menjadi idaman mereka yang mengalami iPhone lemot.

Tenang…

Jika kamu hanya melakukan reset setting maka kamu tidak akan kehilangan apapun dari file kamu di iPhone namun mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Hal yang akan berubah dari iPhone jika kamu melakukan reset setting adalah pengaturan iPhone baik itu passcode, retriction, dan segala macam akan kembali ke default. Termasuk tata letak home screen.

Cara ini juga ambpuh jika iPhone kamu terasa aneh , aplikasi sering force close yaitu aplikasi nutup sendiri. Dan cara untuk reset setting adalah…

silakan buka setting> general> reset.

Pilihlah reset all setting namun jangan reset all setting and content, hal itu akan menghapus semua data di iPhone kamu.

Kamu juga bisa melakukan reset network setting jika dirasa koneksi selullar iPhone kamu bermasalah.

Itu dia 5 cara Ampuh mempercepat iPhone atau iPad yang lemot yang bisa saya bagikan untuk kali ini. Jika iPhone atau iPad kamu bukan hanya lemot tapi mengalami masalah  yang lain, maka untuk mencari solusinya silakan baca artikel saya tentang cara mengatasi iPhone mulai error dan apliasi force close sendiri.


Leave a Reply

Related Posts

accessories iPhone

Aksesoris, iPhone, Macbook dan HomeKit terbaik 2018

2018 akan menjadi tahun yang menarik karena CES yang saat ini sedang berlangsung di LA menampilkan dan memperkenalkan bermacam produk keren dan futuristic. Khususnya aksesoris iPhone dan rekan-rekannya seperti mac dan home kit. Mari kita Read more…

accessories iPhone

Cara wireless charging iPhone airpods dengan modal sangat murah

Airpods adalah gadget yang fenomenal saat ini. Karena ukurannya yang mungil dapat mengalirkan bunyi dari iPhone dan kita nikmati setiap saat. Selain praktis dan mudah digunakan, namun juga Airpods memiliki kualitas suara yang bagus sebagai Read more…

Android

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi MIX 2 indonesia

Sedang mencari handphone murah namun memiliki desain keren? kali ini kami menghadirkan MI Mix 2 indonesia. Ketika Mi Mix pertama rilis memang menawan dengan desain yang cantik, namun banyak yang bilang kalau ponsel tersebut terlampau Read more…

%d bloggers like this: