Apple vs android. Jika kamu ingin merasakan sensasi baru dalam menggunakan smartphone. Misalnya sebelumnya menggunakan android sekarang akan pindah menggunakan iPhone, maka kamu harus banyak membaca artikel mengenai perbedaan antara keduanya.

Jika sebelumnya kamu menggunakan android banyak menemui system not responding, atau anfortunately android system has stopped. Apakah di iPhone akan menemui hal yang sama. Tentu jika akan menemui hal yang sama, untuk apa pindah?

Ada lagi masalah aplikasi. Apakah aplikasi di iPhone gratis seperti android? kamu harus benar-benar mengetahui tentang ini. Jangan sampai setelah membeli iPhone dengan harga mahal, masih  harus membeli aplikasi jika akan menggunakannya Sudah jatuh ketimpa tangga itu namanya.  kelebihan iPhone dari pada android

Namun jika melihat dari researh (penelitian) bahwa pengguna android yang hijrah ke iPhone akan tetap menggunakan iPhone bahkan sampai iPhone terbaru release berkali-kali.

Contohnya, mereka pengguna iPhone 4s masih tetap menggunakan-nya  walau iPhone 6S yaitu 4 generasi diatasnya iPhone 4S telah keluar. Woooow

Namun hal itu belum cukup untuk meyakinkan bahwa sekarang saatnya untuk pindah dari android ke iPhone, mengingat harga rata-rata iPhone lumayan tinggi.

Tenang…

Kali ini saya akan mencoba menjabarkan perbedaan antara android dan iPhone. Akan tetapi lebih ke-keunggulan iPhone dari pada android, karena saya asumsikan kamu adalah pengguna android yang akan pindah ke iPhone dan sedang mencari informasi tentang iPhone.

Dipastikan beerapa pertanyaan diatas tadi akan terjawab dalam uraian dibawah ini dan kamu akan mengetahui bagaimana iPhone jika dibandingkan dengan android lalu kamu akan yakin memilih pilihan yang tepat. Atau kamu akan tetap menggunakan android karena di rasa iPhone tidak menarik.

Langsung saja…

Fakta terbaru 7 kelebihan iPhone dari pada android

1. Aplikasi Populer Muncul Terlebih dahulu di iPhone dan tetap gratis*

Jika kamu ingat BBM, WhatsApp, kemudian facebook mereka adalah contoh aplikasi keren yang muncul terlebih dahulu di iOS yaitu system operasi iPhone.

So… jika perkembangan dari dunia digital semakin pesat tentunya akan semakin banyak aplikasi yang keren-keren nantinya dan muncul dahulu di iPhone.

…apakah kamu mau ketinggalan mencoba aplikasi tersebut untuk beberapa bulan? ini alasan yang logis untuk membeli iPhone sekarang.

Lalu…

Ada yang tahu kenapa kebanyakan aplikasi muncul terlebih dahulu di iPhone (iOS) sebelum ke system operasi lain?

Singkat saja, kurang lebih hal itu disebabkan oleh beberapa faktor yaitu;

  • Pertama; iOS hanya membawa dua jenis hardware yaitu iPhone dan iPad. Jadi para programmer akan sedikit melakukan usaha untuk aplikasinya bisa berjalan pada semua user. Perbedaan hanya pada ukuran layar saja dan itu jauh lebih mudah.
  • Ke-dua; Sedangkan android membawa banyak sekali jenis hardware. Sebut saja android digunakan oleh banyak sekali merek dan pabrikan. Untuk itulah programmer akan banyak sekali menyesuaikan agar aplikasinya bisa berjalan dengan baik di berbagai macam variasi smartphone.
  • Ke-tiga; Lebih menguntungkannya menjual aplikasi di appstore (bagi hasil) membuat banyak developer meprioritaskan apple sebagai partner meski mereka harus membayar beberapa dollar untuk bisa berjualan disana. Meski jika dibandingkan dengan android gap yang ada tidak begitu jauh namun jika digabungkan dengan usaha yang harus mereka lakukan dalam membangun aplikasi, iOS ternyata lebih menarik.

Kemudian…

Apakah aplikasi di iPhone berbayar atau gratis?

Untuk pertanyaan ini sebenarnya saya sudah membahasnya dalam artikel apakah di iPhone ada aplikasi gratis?

Kamu tidak usah khawatir untuk masalah aplikasi di iPhone. Aplikasi di iPhone sama seperti android yaitu terdiri dari: gratis , gratis download dan berbayar.

Aplikasi yang gratis di android akan gratis juga di iPhone, kecuali developer menambah beberapa fitur exlusive di iPhone maka aplikasi itu akan berbayar.

Ada juga aplikasi jenis gratis saat download, dan di appstore disebut dengan istilah GET. Jika kamu hendak mendownload aplikasi dengan label GET maka kamu tidak akan dikenai biaya untuk mendownload-nya namun ada beberapa fitur dari aplikasi tersebut yang dikunci oleh pembuatnya dan untuk menggunakannya kamu harus membayar.

Sepertinya hal ini pun ada di android , benar?

Kemudian yang terakhir adalah berbayar. Tentu untuk aplikasi jenis ini kamu harus membayar sejumlah rupiah untuk bias mendownload dan menggunakannya. Dan harga rata-rata yang ditawarkan adalah Rp3000 saja. Kamu bisa membaca bagaimana cara membeli aplikasi di iPhone tanpa kartu kredit.

Alternative lain yang biasa saya lakukan adalah menunggu setiap minggu dan memburu aplikasi yang di discount oleh apple atau bahkan di gratiskan.

Lanjut ke-kelebihan apple dari pada android berikutnya….

2. Desain body berkelas dan bahan material unggulan

Ada yang pernah melihat iPhone chasingnya mengelupas, atau mungkin terlihat kusam?

Seri apapun iPhone akan terlihat berbeda dari smartphone yang lain, tetap terlihat jernih dan sedikit mengkilap.

Tidak percaya, coba cari iPhone 4 atau iPhone 4S second,,, bagaimana? Tetap menggiurkan bukan?

Perlu diingat bahwa iPhone 4 keluar pertama kali pada tahun 2010, sudah lama sekali ternyata. Lebih Detail mengenai tanggal release semua produk apple cek disini.

Mau bandingkan dengan hp merek lain dengan umur yang sama?

produk apple yang terbaru

gambar dari apple

Kemudian…

Bahan yang digunakan juga sangat unggulan, metal, dan coba lihat saat saya membuka iPhone 4s untuk memperbaiki home botton. Baut, dan soket terlihat presisi dan semuanya logam.

Cek di sini : ganti home botton iPhone 4s sendiri gak sampai 1 jam

3. Jaminan hardware dan software jangka panjang

Maksudnya apa ya… kelebihan iPhone dibanding android yaitu jaminan hardware dan software jangka panjang?

Mari saya jelaskan apa maksudnya.

Sebelumnya saya adalah pengguna android dan iPhone, jadi uraian dibawah ini pasti cukup meyakinkan.

Ini ada pertanyaan, jawab dihati saja jika kamu pengguna android.

  • Tahan berapa lama hp android kamu?
  • Kapan kamu berpesta update OS dengan gadget kamu terakhir kali?
  • Berapa kali kamu ingin mengganti hp kamu karena terasa ketinggalan jaman?
  • Berapa kali kamu melakukan flash terhadap hp kamu atau factory reset?
  • Berapa sering kamu mengalami error anfortunately…?
  • Seberapa penting ukuran RAM di gadget mu?
  • Bagaimana jika kamu ingin mengganti gadget kamu dengan yang lain atau kamu ingin memiliki 2 gadget?
  • Seberapa hebat kah kemampuan root gadget kamu jika dibandingkan dengan tanpa root?

Itu aja deh pertanyaannya,…

Pati jawabannya bervariasi.

Begini jawaban jika kamu menggunakan iPhone,

Pertama:

iPhone akan bertahan sangat lama jika tidak sengaja dirusak atau kesalahan pabrik dan user. Hal itu disebabkan bahan yang digunakan adalah aluminium dan kaca.

Meski banyak isu layar iPhone mudah pecah, akan tetapi sekali kaca diganti kamu akan serasa dapat iPhone baru lagi.

Selain itu support yang panjang sudah disiapkan, bukti nya iPhone 4s yang 5 tahun lalu dirilis masih bisa merasakan iOS 9 dengan lancar* (lihat disini).

Sekaligus ini menjawab pertanyaan berapa lama iPhone bisa bertahan, jawabannya…minimal 5 th dengan teknologi software terbaru. Itu jika tidak nambah saat update iOS 10. Maksudnya …jika saat iOS  10 rilis dan iPhone 4s masih support maka akan menjadi 6th minimal rata-rata umur iPhone.

Ahh… galaxy young saya juga masih bisa digunakan sampai sekarang. Dan galaxy young dirilis tahun 2011.

Sekarang boleh cek, bagaimana rupa chassingnya? android berapa yang terpasang di gadget itu? dan sekarang google sudah update android 5xxx loh…

Maaf…. galaxy young bukan lawan yang sebanding dengan iPhone 4S?

Maaf juga, tapi spesifikasinya mirip tuh… sama-sama memiliki ram 512Mb.

Mengapa itu bisa terjadi?

Kurang lebih karena apple membuat perangkat iPhone melebihi dari apa yang dibutuhkan di pasaran saat itu. Contohnya ketika apple membuat iPhone 5S dengan arsitektur processor 64 bit 2 tahun lalu. Sesungguhnya saat itu belum ada keguna tentang arsitektur 64 bit. Banyak yang komentar untuk apa sebuah ponsel memiliki arsitektur 64Bit.

Dan akhir-akhir ini baru hangat bagaimana arsitektur 64 bit bisa sangat dibutuhkan pada perangkat canggih, dan iPhone 5s akan tetap eksis 5 atau 6 tahun kedepan. Beruntunglah bagi pembeli iPhone 5S saat perilisan beberapa tahun lalu.

Ke-dua :

Maksud dari berpesta disini adalah update OS. Update OS di iPhone biasanya terjadi setahun sekali, dan update kecil biasanya 2 minggu sekali.

Dan yang harus kamu tahu, update tersebut bisa dilakukan tanpa komputer (check: Cara Update iOS 8 tanpa PC (komputer)). Kaya download aplikasi.

Saya termasuk yang sangat senang melakukan update, contohnya kemarin setelah update iOS 9 iPhone saya mengalami masalah yaitu sangat susah menerima sinyal selular dan berbagi wifi, kemudian satu minggu setelahnya apple merilis update kecil dan masalah selesai.

Berapa ukuran update tersebut? kurang dari 100MB tepatnya 31,xx MB.

Ke-tiga:

Di iPhone tidak pernah merasa ketinggalan, kamu bisa duduk bareng dengan mereka yang memiliki iPhone terbaru bahkan iPhone 6S. Dan aplikasi 90% akan kompatible kecuali aplikasi untuk iPad dan fitur 3D touch milik iPhono 6S.

Ke-empat:

Di iPhone istilah flash jarang terjadi, kecuali jika pengguna menginginkan downgrade atau restore iOS setelah di jailbreak (root). Dan itu memang akan menghapus semua file dan aplikasi di iPhone.

Namun hal itu akan pulih lagi setelah akun dan ID apple dimasukkan. Semua aplikasi akan kembali jika diinginkan.

Google juga bisa….

Benar sekali, tapi apakah banyak orang melakukannya?

…entah kenapa banyak orang saat saya tanya, tidak pernah melakukannya untuk device android yang mereka miliki.

…tapi pada iPhone, mereka akan tanpa sadar melakukan hal itu.

Ke-Lima:

Aplikasi nutup sendiri pada iPhone juga terjadi, tapi itu biasanya terjadi jika iOS yang digunakan adalah hasil restore dari iPhone lama. Atau jika antara iOS dan apliaksi tidak update.

Maksud antara iOS dan aplikasi tidak update adalah jika iOS yang digunakan masih jadul misal iOS 5 tapi aplikasi yang di download dari appstore adalah optimized for iOS 9.

..Dan tahukah kamu cara mengatasi aplikasi nutup sendiri di iPhone itu sangat mudah?

ya… kamu hanya perlu reset setting tanpa menghapus aplikasi dan konten termasuk photo dan video. Atau bisa baca artikel ini : iPhone mulai lemot, force close, error dan aneh? ini solusinya

Ke-enam:

Ram di iPhone tidak begitu diperhatikan. Meskipun ram iPhone 6 hanya 1 Gb, namun cukup untuk menduduki peringkat yang membanggakan dalam hierarki benchmark smartphone kelas atas. keunggulan iPhone dibanding android

Alasan lain kenapa Ram iPhone kecil adalah seperti dalam artikel saya ini : Alasan Kenapa RAM iPhone kecil

Ke-Kujuh:

Jika di iPhone, misal kamu ingin mengganti iPhone lama dengan yang baru, kamu bisa memindahkan jiwa (iOS beserta setting ) ke iPhone terbaru tanpa kehilangan apapun. Bahkan walau iPhone tersebut tidak sma. Misal iPhone lama iPhone 4S dan iPhone 6.

Kamu hanya perlu melakukan reset setting untuk membuat iOS bekerja normal.

Hal yang mudah di android untuk memiliki lebih dari satu gadget dengan satu akun-pun ada di iPhone, kamu bisa memiliki lebih dari satu gadet dengan satu akun. Dan bahkan kamu bisa berbagi dalam membeli aplikasi dengan family sahring atau gift.

Ke-Delapan:

Root di android menurut saya tidak jauh berbeda dengan tanpa root (penilaian saya sebagai orang awam).

…Namun beda jika kamu melakukan root ( jailbreak) pada iPhone ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dan itu di luar dugaan. Lihat video dibawah ini untuk 100 hal yang bisa kamu lakukan dengan jailbreak iPhone.

Ohya…. video ini dibuat saat iOS masih versi sangat jadul, jadi saya tidak tahu jika video itu dibuat sekarang, mungkin akan lebih hebat lagi.

 

Lanjut keunggulan iPhone dari pada android …( halaman 2)


26 Comments

krismayanti · February 10, 2016 at 4:17 pm

Lg bingung nih gan mau ambil 6s/6s+
Mnurut agan mnding pilih mna ya?

    khedi · February 11, 2016 at 12:03 am

    Klo sy prefer ke iPhone 6S. Klo iPhone 6 rasanya msih sama ky iPhone yg lama. Klo iPhone 6S kan udah 3D touch.

Veno · May 25, 2016 at 10:51 pm

Mass khedi mau tanya mending iphone 5/5s yaa? Masih awam nih.
di ibox harga iphone 5 sm 5s berapa?
Terus bedanya garansi distrib sm resmi apa?
Ibox garansinya resmi atau distrib? Thankss

    khedi · May 28, 2016 at 9:20 pm

    Beda jauh, dan mending pilih iPhone 5S.
    Yang masih tersedia baru hanya iPhone 5S. Di iBox di hargai Rp4.5jt untuk 16GB.
    iBox itu reseller resmi jadi status garansinya resmi.

    iBox bisa dibilang distributor namun apple lebih suka menyebutnya dengan reseller autorized. Karena reseller autorized itu distributor yang dapat licensi apple dan distributor biasa tidak mendapat licensi resmi untuk menjual iPhone dan produk apple lainnya.

      Veno · June 11, 2016 at 6:41 pm

      Ko i5 udah ga ada di ibox ya mas?sdngkan di lazada saya liat masih ada. Udah gitu i5s nya cuma ada yg 16gb. Apa ibox jual i5snya cuma ngabisin stok gudang?

      Ohh iya paham2. Ibox itu garansinya apa? Tam? Atau apa?

dikadoi · August 19, 2016 at 6:12 pm

lagi bingung iphone 5s atau oppo f1s yg bru launching nih … ada saran gak pilih yg mna
?

    admin

    admin · August 19, 2016 at 8:30 pm

    Kalau saya tetap iPhone gan, tp terserah yg punya uang.. heeee

    heri · December 14, 2016 at 11:06 am

    ya jelas pasti oppo atau versi android lain nya lah yg harga nya setara iphone. bkl kecewa nanti beli iphone. terlalu banyak aturan pakai iphone…

hendrik · November 12, 2016 at 2:47 am

Iphone bisa gk ya tanpa apple id ??
Cos gk ada credit card ..
Rekomennya agan sista..thanks.

    khedi

    khedi · November 13, 2016 at 10:39 pm

    Daftar tanpa kartu kredit juga bisa kok

tri agustian · November 26, 2016 at 10:52 am

Saya menggunakan IPhone 4 gan, apa masih bagus untuk digunakan gan ?

    khedi

    khedi · November 30, 2016 at 8:02 pm

    Sebenarnya itu sudah sangat tua. Dan menurut saya kekurangan iPhone 4 kalau mau di pakai saat ini adalah lemot-nya yang kebangetan. Mungkin karena aplikasi sekarang sudah makan banyak tempat. Contohnya BBM dan Facebook. android yang memiliki ram dan memori bejibun aja suka kewalahan. Dan menurut saya yang masih worth untuk di pakai saat ini minimal iPhone 5S

heri · December 14, 2016 at 11:18 am

ini semua nm ny bukan kelebihan, kaya gitu kok kelebihan hadeh parah ts ny…. hahaha saya sendiri sudah coba hampir semua prodak iphone mac dan ipad. harga ny mahal saja menurut ku. gak ada yg istimewa, kalo orang lain tergantung selera juga sih, tp coba saja beli iphone nanti juga pgen pindah lagi ke os android… susah untuk urusan sehari hari untuk servis dan sparepart mahal. kalo cuma untuk foto dan chating phon sms ya kaya gitu aja gak papa. musik saja suruh berbayar… mending beli hp android murah mudah berkwalitas. banyak pilihan bosen ganti hp lain.

    khedi

    khedi · December 14, 2016 at 11:12 pm

    Terimakasih atas masukkanya.
    ini menjadi bahan pertimbangan untuk membuat artikel kelebihan android dibanding iPhone. terimakasih

Iwan · December 19, 2016 at 11:39 am

Gan..saya dulu pakai android bisa download aplikasi rekaman telp.sekarang pakai iphone .tp kog sulit ya…mohon rekomendasi aplikasi yang support dengan iple 6s?

    khedi

    khedi · December 19, 2016 at 9:49 pm

    Silakan gunakan itunes, download aplikasi yang diinginkan,

    buka iPhone dan klik appstore, buka app purchase, silakan download aplikasi yang tadi di itunes sudah di download.
    ID apple harus sama

Misba · December 26, 2016 at 12:49 am

TS nya nih fan boy iphone.. hhaha
Ga objektif sama sekali, masak galaxy young hrga 1 jt dibandingin iphone 4 harga 4 jt lebih…

Rio Putra · January 6, 2017 at 12:46 am

Gan saya mau tanya. Saya punya iphone 5 16gb model md298za/a. Saya bingung udh suruh upgrade lagi ke ios 10.2 .tapi saya takut nanti gak support. Menurut agan gmana ? Apakh iphone saya ini mampu dan bisa digunakan lancar apabila saya upgrade ke ios 10.2 ? Trimakasih

    khedi

    khedi · January 8, 2017 at 8:22 am

    Kalau misalkan tidak support pasti dari apple tidak akan mengijinkan iPhone 5 untuk mendownload. Nah sekarang iphone 5 masih di ijinkan berarti support dan apple pasti sudah melakukan uji coba. Untuk berjaga-jaga silakan backup dahulu iPhone agan buat jaga-jaga jika nanti kurang suka bisa di downgrade.

Thohir · January 13, 2017 at 7:04 pm

Pilih oppo f1s apa iphone 5s ya gan?
Bingung ni
masih awam
tolong bantuannya dong

    khedi

    khedi · January 13, 2017 at 9:59 pm

    Sebenarnya oppo itu bagus buat selfie, yang kurang ganteng bisa jadi ganteng. Tapi kalau saya pribadi lebih suka iPhone 5S.

perusahaan konsultan it · March 27, 2017 at 1:38 am

Thanks atas infonya, Min. iPhone emang beda dari yg lain & itu yg bikin harganya mahal kali, yak?

Zahra · July 11, 2017 at 8:12 am

Kalau beli ip tp bukan pada iBox, kalau rusak apa bisa dibetulkan di iBox? Kemudian bagaimana dgn garansi yg diberikan? Thanks..

    khedi

    khedi · July 12, 2017 at 10:36 pm

    bisa tapi tarif tanpa garansi

7 perbedaan iPhone dan android yang harus kamu tahu · March 1, 2017 at 2:34 pm

[…] Itu dia 7 perbedaan iPhone dan android yang harus kamu ketahui. Panjang dan sedikit membingungkan, namun tidak ada tujuan lain dari penulis selain agar memberi pencerahan. Maka jangan sungkan untuk koment jika belum clear. Baca juga Fakta terbaru 7 kelebihan iPhone dari pada android. […]

kelebihan iPhone dibanding android #2 · March 5, 2017 at 2:03 am

[…] Belum Baca halaman pertama dari artikel ini? kamu bisa baca disini : Kelebihan iPhone dibanding android #1 […]

Leave a Reply

Related Posts

Repair iPhone

Cara hard reset iPhone atau force restart iPhone

Jika kamu mengalami error pada iPhone yang paling sering adalah iPhone hang dan lag. Ada juga iPhone mati pada logo apple. Maka salah satu solusi yang bisa kamu ambil adalah dengan cara hard reset atau Read more…

iPHone X

Tips dalam menggunakan iPhone X terbaru bikin kamu jadi master

iPhone X adalah iPhone terbaru yang di luncurkan Apple september 2017 lalu. Apakah kamu telah memilikinya? Meskipun di indonesia belum resmi di jual namun kabarnya iPhone X dan iPhone 8 sudah masuk ke uji lab Read more…

Apple

iPhone X : Kelebihan dan kekurangan dan semua yang harus kamu tahu

iPhone X kini telah beredar setelah awal bulan nobvember 2017 kemaren di pasarkan. Meski telah di kenalkan sejak september namun pengapalan di pasar baru dimulai bulan ini. Apakah kamu termasuk yang sudah mencoba dan memilikinya? Read more…

%d bloggers like this: