File PDF memang sangat di gemari sebagai standar format proteksi dokumen. Bagaimana tidak, dengan mengkonvert dokumen ke PDF akan membuta file aman dari perubahan ketika di kirimkan melalui E-mail ataupun share di cloud storage. Bahkan PDF juga memiliki fitur proteksi agar tidak bisa di buka oleh sembarangan orang. Yakni password hingga tiga lapis.

Pembebasan lisensi terhadap pemakai maupun pembuat aplikasi untuk membentuk, membaca dan meng edit file PDF membuat file ini makin populer balakangan ini. Dan sejauh ini belum ada extensi file lain yang menandinginya.EDIT FILE pdf

Mengedit file PDF

Faktanya meskipun lisensi di gratiskan namun tidak semua software yang di buat akan mampu melakukan edit file PDF dengan mudah dan murah. Kebanyakan software tersebut hanya di berikan fitur menambahkan comment yang tidak mengubah file PDF aslinya. Meskipun comment tersebut akan tetap tersimpan.

Setidaknya ada  empat cara terbaik untuk melakukan edit file PDF yang sering saya lakukan. Keduanya adalah cara yang paling simple bahkan saya bilang tanpa aplikasi tambahan.

Gunakan microsoft office untuk melakukan edit file PDF satu kali klik dan beres. Semudah melakukan edit file word dan save seperti biasa. Bukan hanya mampu melakukan konvert PDF to Word atau word to PDF seperti yang saya sampaikan kemaarin. Kamu bisa merujuk kebenaran cara ini di website resmi microsoft: https://support.office.com/en-us/article/Edit-PDF-content-in-Word-b2d1d729-6b79-499a-bcdb-233379c2f63a

Cara edit file PDF menggunakan Microsoft office

  1. Siapkan file PDF yang hendak kamu edit. Biasanya file-file ini kamu dapatkan dari internet semisal thesis atau modul-modul tugas dan materi kuliah.
  2. Buka file PDF tersebut, kamu bisa membukanya dengan cara klik open dari microsoft office. Semisal kamu sedang membuka microsoft office maka kamu tinggal klik file pojok kiri atas dan pilih open. Bisa juga menggunakan short cut CTRL + O.
  3. Kemudian cari file pdf yang hendak kamu edit.
  4. Cara membuka yang berikutnya adalah klik kanan pada file PDF kemudian pilih open with... pilih word atau microsoft word. Tampilan berbeda tergantung versi microsoft word yang kamu gunakan. 2016-01-31_110445.png
  5. Seketika itu file PDF akan terbuka dalam format word, jika ada pertanyaan kilk saja “OK
  6. Setelah itu edit file sesuka kamu kemudian simpan.
  7. Simpanlah sesuai kebutuhan, jika ingin menjadikan file tadi menjadi microsoft word maka pilih file type nya Word dokumen. Akan tetapi jika kamu ingin mengubahnya menjadi PDF lagi maka pilihlah file typenya menjadi PDF. 2016-01-31_110344.png
  8. Jika kamu sering melakukan edit PDF, kamu bisa jadikan microsoft word sebagai aplikasi default untuk membuka setiap file PDF yang kamu miliki. Jadi nanti kalau kamu menemukan file PDF yang hendak kamu edit tinggal klik 2x dan tidak perlu klik kanan lagi.
  9. Tipsnya adalah klik kanan file PDF kemudian piilih open with… kemudian choose default program…. 2016-02-04_220026.png
  10. Nah dari situ tentukan microsoft office sebagai default program untuk membuka file PDF.
  11. End.

Kenapa microsoft office ?

jelas…, program ini adalah satu-satunya program yang akan ada di setiap komputer siapapun dia. Jadi saya harap tips saya kali ini tidak nyampah ya…:)

Bagaimana selain Microsoft office, apa ada aplikasi yang lain?

Ada, kamu bisa gunakan aplikasi dari adobe selaku pemilik licesi PDF. Yaitu adobe acrobat. Namun program ini berbayar jadi untuk menggunakannya kamu harus melakukan pembalian atau menggunakan cara nakal jika kamu bisa.

Apakah microsoft office gratis?

Jelas berbayar, bahkan lebih mahal dari adobe acrobat, berkisar Rp 1jt-an. Namun kebanyakan penjual software pak tani akan memberikan bonus install microsoft office sebagai hadiah telah membeli laptop atau yang lainnya.

…Lalu bagaimana jika melakukan edit file PDF menggunakan Adobe acrobat? simak dibawah ini

  1. Buka aplikasi adobe acrobat atau kamu bisa langsung membuka file PDF kamu dengan cara klik kanan dan pilih open with adobe acrobat. 2016-02-04_215950.png
  2. Jika kamu memilih membuka aplikasi adobe acorbat dahulu maka kamu perlu memilih menu open dan cari file PDF kamu.
  3. Setelah file terbuka pilih menu Tool dan pilih Edit text & images
  4. Lanjut edit file PDF kamu.

Ada lagi….

Selain menggunakan cara diatas ada juga cara lain yang bisa kamu tempuh jika kamu menginginkan experiment lain. Yaitu menggunakan online tool.

Meng-Edit File PDF secara online

Online ini cara kerjanya kamu meng-upload file PDF yang hendak kamu edit dan mulailah diedit jika layanan tersebut menyediakannya. Namun jika tidak menyediakan maka kamu harus mendownload file PDF yang tadi kamu upload namun dalam format word. Barulah setelah berubah menjadi word, mulailah edit file menggunakan microsoft word.

Yang ini terlihat dua kali proses ya?

Beberapa website yang menyediakan fasilitas untuk edit file PDF adalah sebagai berikut:

https://www.cutepdf-editor.com/   : Wesite ini termasuk yang terbaik dalam melayani beberapa consumen yang menginginkan melakukan edit file pdf mereka. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu meng-upload file pdf yang akan di edit dan ketika proses upload selesai kamu tinggal mendownload ulang file yang telah kamu edit.

Meng-Edit File PDF menggunakan aplikasi berbayar

Cara ini dibilang cara yang paling efektif menghasilkan file pdf yang editable dan memiliki hasil yang memuaskan. Namun demikian ada beberapa dolar uang yang harus kamu . Rata-rata sih masih berkisar puluhan dolar, atau bahkan masih ada yang di hargai dalam satuan dolar. Namun dengan hasil yang memuaskan.

Berikut Adalah beberapa palikasi yang bisa kamu gunakan untuk meng-edit file PDF degan hasil memuaskan:

  • Adobe Reader DC
  • Adobe Acrobat Pro

Demikan beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk meng-edit file PDF semoga membantu.

Jika kamu menginginkan konvert-mengkonvert bisa kamu kunjungi posting saya kemarin mengenai 100% berhasil konvert PDF to Word / word to PDF tanpa aplikasi tambahan.

Kesimpulan

Seperti yang saya ulas diatas, bahwa cara terbaik dan bukan nyampah adalah cara pertama yaitu menggunakan microsoft office dan jika kamu memiliki cukup uang silakan gunakan cara ke-empat.

Saya pribadi menggunakan cara ke-empat dan aplikasi yang saya gunakan adalah Adobe Acrobat pro. Saya harap ulasan kali ini bermanfaat untuk kamu yang sedang membutuhkan. Terimakasih.


1 Comment

dongdong · March 28, 2017 at 12:48 pm

Saya komen deh ya..ripada sepi..

“POKOE OKE MBAKYUU…JOSS…NGURANGI CULUNKU”

Leave a Reply

Related Posts

Repair iPhone

Cara hard reset iPhone atau force restart iPhone

Jika kamu mengalami error pada iPhone yang paling sering adalah iPhone hang dan lag. Ada juga iPhone mati pada logo apple. Maka salah satu solusi yang bisa kamu ambil adalah dengan cara hard reset atau Read more…

iPHone X

Tips dalam menggunakan iPhone X terbaru bikin kamu jadi master

iPhone X adalah iPhone terbaru yang di luncurkan Apple september 2017 lalu. Apakah kamu telah memilikinya? Meskipun di indonesia belum resmi di jual namun kabarnya iPhone X dan iPhone 8 sudah masuk ke uji lab Read more…

Speaker portable

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan. Sedang mencari speaker yang mudah di bawa-bawa kemudian memiliki batrey yang bisa di isi ulang dan wireless? Artikel kami kali ini akan mengajak kamu memilih Read more…

%d bloggers like this: