Cara mainkan film 3D di laptop

Sudah tahu filem 3D (tiga dimensi) kan?

Gila, sayang sekali jika kamu belum pernah melihat dan merasakannya. Sensasinya itu luar biasa. Film seolah menyatu dengan tempat duduk kita. Tampilan film menjadi sangat jernih bagaikan tidak ada layar.

Jika kamu belum pernah menikmatinya, silakan kunjungi bioskop terdekat yang menyediakan versi 3D untuk film yang sedang release saat ini. Biaya yang harus di keluarkan rata-rata Rp 100 rb saja.

Gak ada bioskop di tempat tinggal kamu?

Ada tapi belum 3D. Gimana dong?

Tenang jangan panik, ada cara lain.

Kabar baik bagi kamu yang memiliki komputer baik itu laptop atau komputer desktop. Kamu bisa menikmati film versi 3D di rumah tanpa harus pergi ke bioskop dan tentu saja tanpa harus membayar biaya Rp 100 rb. Ini hanya bermodal komputer atau laptop.

Film 3D (tiga dimensi) sebenarnya sudah sejak lama, namun itu untuk yang di kota. Dan penyebaran informasinya pun kurang ramai menurut saya. Padahal sensasinya luar biasa.

Setelah ini kamu akan bisa menikmati film 3D di rumah dan akan ketagihan. Malam minggu gak galau lagi pokokya.

Ada 4 syarat yang harus di penuhi untuk menikmati film 3D tanpa harus ke bioskop. Dan itu semua akan di jelaskan pada artikel ini. Apa saja syaratnya?

Syarat dapat mainkan film 3D

1.Device support 3D

Untuk kepuasan yang sempurna menikmati film 3D di rumah, disarankan menggunakan layar yang lebar seperti TV LED yang memiliki fitur 3D. TV jenis ini sudah di lengkapi dengan kacamata 3D saat beli dan kamu hanya perlu menyiapkan film 3D-nya saja. Contoh dari TV LED 3D ini adalah : LG 55″ Oled TV Curved Smart TV 3D- 55EC930T – Silver

Harga mahal ya?

Kalau punya uang gak masalah, tapi jika kamu tidak memiliki banyak uang itu masalah besar.

…masih ada device yang bisa kamu gunakan yaitu laptop atau komputer rumah.

Pasti punya dong?

Gak perlu komputer kelas atas, pakai komputer atau laptop biasa juga sudah bisa kok. Nah.. sekarang buka hidupkan lagi tuh laptop dan komputer yang sudah berdebu.

Kemudian setelah laptop ada apa lagi, nih poin ke dua…

2.Install aplikasi pemutar film 3D

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memainkan film format 3D. Namun kebanyakan berbayar dan ada beberapa pengaturan khusus. Dan itu pasti sangat tidak kamu sukai.

Untuk itulah saya merekomendasikan KM Player. 

Aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk memainkan film format 3D. Kamu hanya tinggal klik simbol 3D di bagian bawah kiri dari aplikasi maka aplikasi akan mengaktifkan fitur 3D yang dimiliki film tersebut. Lihat gambarnya di bawah.mainkan film 3D di laptop

3.Yang selanjutnya adalah film 3D

Film format 3D ini tidak sama dengan film DVD biasa. Jika kamu hendak membeli atau mendownload maka pastikan kamu memilih format 3D.

Untuk kamu pencari bajakan, film jenis ini juga tersedia di pinggir jalan tapi tidak selalu. Kamu harus mencari yang tokonya lumayan besar. Atau kamu bisa membeli secara online. Tapi biasanya sih tetap bajakan.

Sebenarnya film 3D bisa kita buat menggunakan aplikasi dengan sedikit experiment, namun caranya agak panjang. Mungkin lain waktu akan saya share disini. Jika kamu sabar silakan tunggu tapi jika kurang sabar bisa langsung cek di google dan dapatkan yang kamu cari.

4. Kacamata 3D

Kacamata 3D ada dua, yaitu polarized dan warna. Untuk kamu yang menggunakan komputer atau laptop juga TV LCD dan LED harus membeli yang warna. Kecuali kamu memiliki TV LED 3D keluaran LG atau samsung. Maka boleh kamu membeli yang polarized. Itupun harus kamu pastikan kompatible.

Nah, karena kamu menggunakan laptop dan film yang kamu miliki atau yang kamu beli adalah tipe 3D biasa, maka kacamata yang harus kamu beli adalah yang warna.

Warna disini sudah di tentukan ya… yaitu merah dan biru. Bentuknya seperti gambar di bawah ini.

2016-03-09_205631.png

Harga dari kacamata ini berkisar dari Rp 15 rb sampai Rp 100Rb. tergantung keawetan dan ketahanan dari kacamata tersebut. Dan bukan dari fungsinya, secara fungsi sama saja.

Kamu bisa dapatkan kacamata tersebut disini. Harganya murah dan kualitasnyapun terbilang baik.

Setelah membeli silakan putar film menggunakan aplikasi yang telah saya sebutkan diatas. Usahakan lakukan pemanasan terlebih dahulu. Dengan memakai kacamata di awal sebelum film dimainkan. Pemanasan mata maksudnya….

Karena kacamata warna tersebut tidak biasa di mata, maka mata akan menyesuaikan terlebih dahulu akan warna tersebut. Biasanya jika tidak lakukan pemanasan film di awal cerita akan terlihat merah dan biru saja dan tidak terlihat jelas. Namun setelah beberapa saat bisa 5 menit tau lebih, mata mulai terbiasa dan efek 3D mulai terlihat.

Jika saya urutkan alur untuk melihat film 3D menggunakan laptop adalah sebagai berikut:

  1. Download atau beli film 3D.
  2. Download dan Install KM Player
  3. Masukkan kaset film 3D jika menggunakan DVD
  4. Bukan KM player dan klik open kemudian cari DVD atau file film 3D.
  5. Play dan klik logo 3D pada KM player.
  6. Pakai kacamata dan enjoy watching.
  7. Jangan lupa sediakan snack ya….

Sampai disitu jelas ya…

INFORMASI TAMBAHAN…

yang ini tidak wajib dibaca.

Bagaimana cara kerja film 3D ini?

Jika kamu melakukan pencarian akan ditemukan banyak sekali penjelasan yang panjang. Tapi yang panjang belum tentu mudah dipahami.

Intinya 3D ini memanfaatkan kemampuan mata manusia yang dapat menangkap suatu objek dan menghitung berapa kira-kira jaraknya. Tentu dengan sistem dual visual atau penglihatan dua mata. Dan beda hasilnya jika menggunakan satu mata.

Dari situ berarti sebuah gambar bisa di salurkan lebih jauh dan lebih dekat menurut penghitungan otak.  Itulah kenapa pada film 3D akan ada dua warna entah itu merah biru atau hijau. Tujuannya agar salah satu warna itu dapat terlihat jauh dan yang lainnya dekat. tentu dengan bantuan dari kacamata dua warna untuk menghalangi salah satu warna masuk ke mata.

Gimana penjelasan saya? Haaa,,, ngaco ya? tp itu yang saya tangkap dari panjangnya penjelasan cara kerja film 3D.

Sekian untuk hari ini, sampai jumpa di hari berikutnya. Baca juga Tips membuat Video Keren, seperti filem profesional.


1 Comment

2 Mengetahui Cara Kerja Film 3D dan Hubungannya dengan Kacamata 3D · July 12, 2017 at 10:27 pm

[…] Kacamata 3D […]

Leave a Reply

Related Posts

Speaker portable

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan. Sedang mencari speaker yang mudah di bawa-bawa kemudian memiliki batrey yang bisa di isi ulang dan wireless? Artikel kami kali ini akan mengajak kamu memilih Read more…

Speaker portable

5 pilihan speaker bluetooth portable anti air untuk traveller terbaik saat ini

5 pilihan speaker bluetooth portable untuk traveller dan anti air terbaik saat ini. Jika kamu termasuk orang yang menyukai bepergian di setiap hari libur maka kali ini kami memiliki gadget yang pantas di beli dan Read more…

Apple

iPhone X : Kelebihan dan kekurangan dan semua yang harus kamu tahu

iPhone X kini telah beredar setelah awal bulan nobvember 2017 kemaren di pasarkan. Meski telah di kenalkan sejak september namun pengapalan di pasar baru dimulai bulan ini. Apakah kamu termasuk yang sudah mencoba dan memilikinya? Read more…

%d bloggers like this: