Beda SSD vs HDD

Halo opreker, saya tahu siapa yang akan mengunjungi halaman ini. Kamu adalah pecinta komputer yang suka ngoprek komponen baik itu untuk OC ataupun hanya sekedar bongkar pasang dan uji coba karena penasaran.

Kemudian kamu menemukan istilah baru yang tentu harus di cari tahu. Yaitu SSD dan SSHD.

Istilah SSD dan SSHD sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Hanya saja akhir-akhir ini baru menjadi tenar setelah kebutuhan akan akses terhadap file pada sebuah storage menjadi kebutuhan yang mendasar di dunia digital.

Singkatnya antara ketiganya dimulai dari HDD kemudian SSD baru SSHD. HDD yang merupakan perangkat penyimpan tradisional dalam hal ini ketika di berbicara tantang dari kemunculannya kemudian SSD. Dan SSHD adalah alternative yang menengahi HDD dan SSD.ssd murah

Lebih jelasnya mari kita bahas lebih detail.

HDD (hardisk)

HDD di sebut konvensional karena posisinya sebagai pemegang media penyimpanan sudah sangat lama. Tidak lain karena harga murah dan kapasitas yang tersedia bisa mencapai sangat besar. Itulah mengapa hardisk ini terus menjadi pilihan.

Selain itu proses bembuatannya pun terbilang membutuhkan biaya yang lebih sedikit. Sehingga membuat banyak pabrikan mampu membuat dan memasarkan tanpa perlu berkorban akan modal yang lebih besar.

Ciri-ciri hardisk yang paling ketara adalah terdapat part yang bergerak yaitu piringan. Piringan tersebut bergerak pada porosnya saat terjadi proses baca tulis. Kecepatanya pun bervariasi tergantung spesifikasi yang tertera, kebanyakan 52oo RPM untuk kelas normal dan 7200 RPM untuk kelas yang lebih cepat.

Sangat cepat kan, jika kamu ingin menyaksikan uniknya dan kerennya proses baca tulis sebuah hardisk silakan saksikan video berikut ini;

Kelebihan HDD:

Meski dalam artikel ini hardisk bukan yang akan di unggulkan namun tetap saja setiap produk memiliki keunggulan yang membuatnya tepa digunakan. Sedangkan HDD memiliki kelebihan yaitu kapasitas besar dan harga yang murah.

Kemudian kegiatan tulis menulis, hapus menghapus adalah sesuatu yang bisa dan mudah baginya. Sehingga tidak akan ada sampah data.

Kekurangan HDD:

Beberapa yang sangat sering di alami oleh pengguna hardisk saat ini adalah mudah rusak jika terjatuh, di butuhkan defrg untuk beberapa hardisk yang sudah berumur.

Koleksi HDD murah namun berkualitas

SSD

SSD yang merupakan singkatan dari solid-state drive, adalah media penyimpanan data yang menggunakan memori (nonvolatile memory) sebagai media, dan tidak menggunakan disk magnetis seperti disk hardisk konvensional. Berbeda dengan memori (volatile memory) (misalnya RAM), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada.

SSD ini lebih mirip seperti memori pada HP yaitu micro SD dan kawan-kawannya. Hanya saja bentuk san kapasitasnya yang membesar.

Jika kita melihat sejarah keberadaannya SSD sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu namun karena biaya pembuatan yang terbilang mahal maka pengembangan SSD melambat.

Namun belakangan ini karena teknologi semakin maju selain itu juga karena kebutuhan akan akses informasi yang semakin primer maka SSD di produksi masal dengan berbagai improvement guna mengurangi biaya yang di pelukan.

namun demikian harga yang harus di terbut untuk sebuah SSD kapasitas 120 GB masih berkisar RP. satu juta-an.

Kenapa SSD sangat cepat?

Bukan hanya sangat cepat namun juga ada banyak keuntungan yang didapat jika menggunakan SSD.

Kecepatan yang di peroleh karena SSD mengakses informasi secara langsung, sedangkan hardisk mendapatkan informasi melalui disk yang berputar dan lengan yang terus mengakses sektor informasi. Meskipun proses ini dalam hitungan mili seocond namun SSD dapat melakukannya lebih cepat tanpa ada disk yang berputar.

Selain itu SSD dapat mengakses informasi dalam satu waktu secara bersamaan, sedangkan HDD akan mengakses informasi secara bergantian karena informasi hanya bisa di akses melalui kepala lengan yang menitik pada setiap sektor saat informasi tersebut di butuhkan.

Dengan kata lain semisal SSD dapat menyelesaikan 10 perintah dalam satu waktu bersamaan namun HDD harus menyelesaikannya bergantian. Sekali-lagi meskipun HDD terlihat pelan, namun jika kamu melihat kecepatan yang di lakukan head dan DISK pada hardisk kamu akan tercengang (hitungannya mili second).

Kelebihan SSD:

  • Kecepatan akses informasi yang membuat sebuah komputer atau laptop yang menggunakan SSD akan mengalami peningkatan waktu booting mencapai 500%. Dan rata-rata hanya membutuhkan waktu 20 sampai 30 detik sampai komputer sap menerima input.
  • Tidak ada bagian yang bergerak sehingga bebas bising dan panas yang berlebihan. Selai itu juga hemat energi.
  • Bebas pergeseran bagian SSD artinya jika terjatuh bukan hal yang fatal.
  • Bobot yang lebih ringan tentu ini adalah keuntungan tersendiri untuk laptop yang biasanya malas di bawa karena beban yang berat.
  • Penggiat media seperti 3D, video editing dan gamer wajib memiliki storage yang satu ini.

Kekurangan SSD:

Bukan tanpa kekurangan SSD ini, tetap ada yang harus di waspadai dari storage yang satu ini diantaranya: harga yang mahal, beberapa SSD harus di treatment dengan serius yaitu masalah trim. Sampah yang tidak bisa di hilangkan oleh SSD itu sendiri akan membuat kinerja lama-kelamaan akan melambat.

Kegiatan tulis dan menulis oleh SSD tidak semulus pada hardisk, kegiatan ini akan menimbulkan sampah yang harus di bersihkan setiap periode.

Tenang… hal itu sudah di antisipasi para penemu dan pembuat SSD, dengan adanya tool yang biasa di sertakan atau di sediakan sampah akan otomatis ter-maintain dengan baik.

Koleksi SSD murah dan rekomended

SSHD

Yang satu ini adala inovasi menggabungkan SSD dan HDD menjadi satu perangkat. Tujuan utamanya adalah menekan harga mahalnya SSD dan meningkatkan kecepatan baca HDD.

Jadi SSHD ini memiliki kecepatan seperti SSD namun memiliki keleluasaan ruang seluas HDD.

Perangkat ini di tujukan untuk kamu yang memiliki budget terbatas untuk upgrade HDD ke SSD. Dan SSHD adalah pilihan yang di tawarkan. Dengan harga yang bersahabat kamu akan mendapatkan kecepatan yang menyerupai SSD.

Komposisinya adalah Beberapa giga SSD dan lebih banyak storage HDD. Jadi untuk file yang sering di akses atau membutuhkan kecepatan untuk mengaksesnya akan di letakkan di SSD dan sisanya pada HDD.

Pilih SSD atau SSHD?

Tentu ketika ada pilihan seperti ini banyak orang akan bingung, dimana mereka menginginkan kecepatan tinggi namun terpentok dengan budget yang minim.

Jika itu yang kamu alami maka SSHD menjadi pilihan yang tepat, namun jika kamu ingin berinvestasi dalam peforma yang full dan mantap pilihlah SSD.

terutama jika kamu memang kalangan profesional dan gamer yang tidak pandang bulu akan biaya namun mementingkan peforma. SSD menjadi pilihan terbaik.

Di bawah ini ada referensi menurut penulis jika kamu masih ragu untuk menentukan pilihan dalam upgrade storage.

Siapa pengguna SSD?

Gamer

Gamer membutuhkan kecepatan dalam mengakses file game yang terinstall. Akan sangat bottle neck jika kamu gamer telah menyiapkan proccessor unlock, RAM extreme, VGA SLI atau cross fire namun masih menggunakan HDD.

Desain Grafis

Baik itu photoshop ataupun corel Draw dan berbagai aplikasi pengolah gambar lainnya akan sangat terbantu jika menggunakan SSD. Dengan load saat start yang cepat akan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien waktu.

3D modeling

Wajib hukumnya setelah membaca artikel ini untuk membeli SSD jika kamu seorang yang bergelut dalam dunia 3D modeling. Misal jasa pembuatan desain bangunan, desainer mechanical, engineer mesin,animator, dan lainnya yang membutuhkan waktu render lebih cepat.

Video Editing dan compositing

Pembuat film, dan editor video setelah tahu SSD pasti akan langsung beli. Bahkan mungkin mereka telah menggunakannya sebelum SSD hangat di perbincangkan akhir-akhir ini.

Bukan hanya waktu render yang bisa ter-pangkas namun kualitas yang dihasilkan pun dapat meningkat drastis dengan SSD.

Itu saja untuk kali ini mengenai SSD VS HDD VS SSHD. Jika kamu berminat untuk membeli perangkat ini, kamu bisa kunjungi link di bawah ini:

Koleksi SSD harga murah pilihan terbaik.

Toko online menjanjika kesiapan barang dengan cepat dan pilihan yang banyak tentunya. Itu kenapa saya merekomendasina toko online.


1 Comment

5 Cara pintar agar lebih produktif dalam menggunakan laptop · January 3, 2017 at 10:43 pm

[…] Beda SSD dengan HDD […]

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah¬† dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: