Yang ingin memakaikan jubah emas ke ke dua orang tua dan mengangkat sepuluh anggota keluarganya yang ada di neraka ke surga yuk hapalin al-Quran. Bareng-bareng sama salah satu admin kami, yang juga lagi semangat ngapalin.

Bukan cuma akhirat…,

buat urusan duniapun perlu loh… misal mau ngelamar anak ustad kan pasti yang di tanya hapalan-nya nyampe mana. Ya ga..? yang sudah pengalaman unjuk jari ya…

Kali ini ada aplikasi yang akan memandu kamu menghafalkan al-Qur’an dengan mudah. Dengan aplikasi yang tersedia di android dan iOS ini, kamu akan tetap bisa menghafalkan alquran walau dengan aktivitas kamu yang sibuk.

 

Kamu bisa sambil tiduran, ngetik, ngerjain tugas kuliah, nyupir, masak, dan sambil nguli juga bisa heee. Kemudian hasil akhirnya adalah tanpa sadar kamu hafal Al-Quran.

aplikasi untuk hafalkan al quran

Selain itu aplikasi ini juga di keluarkan oleh King Saud University pastinya terpercaya bukan?

Ayat, itu dia namanya. Tersedia untuk iOS yaitu kamu yang memiliki perangkat iPhone , iPad dan tersedia juga untuk android. Aplikasi ini juga digunakan oleh Wirda Mansyur yang terkenal sebagai duta al-Quran. Coba cek video di bawah ini :

 

Kalau kata wirda, cara menghafal Qur’an itu satu ayat di ulang sampai 60 kali. Nah lo… kuat emang?

…tentu jika kamu orang yang sok sibuk akan sulit meluangkan waktu untuk mengulang-ulang satu ayat tersebut sampai 60 kali.

Untuk itulah, salah satu fitur dari aplikasi Ayat ini akan sangat membantu. Aplikasi ini akan mengulang satu ayat atau lebih sesuai yang kamu kehendaki sampai jumlah yang kamu tentukan sendiri. Setelah itu tinggal start dan dengerin.

Seperti yang saya katakan di atas tadi, kamu bisa dengerin saat naik mobil, motor, bus way atau saat melakukan kegiatan lainnya.

Sama pentingnya dengan menghafal Qur’an, memenuhi hak-hak al-quran juga harus kamu perhatikan. Panjang pendek setiap bacaan jangan sampai salah.

….tenang aplikasi ini memiliki pemandu suara yang mahir dalam bidang itu. Jadi kamu tinggal ikuti panjang pendek dari pemandu dan kamu sudah lakukan hal yang benar.

Sekarang silakan download dulu aplikasinya, baru setelah itu buka lagi halaman ini untuk mengetahui langkah-langkah cara penggunaannya.

Untuk aplikasinya kamu bisa refer ke link dibawah ini:

Untuk kamu yang sudah download selamat ya… untuk yang belum mungkin belum yakin akan manfaatnya. Gapapa, mari simak ulasan di bawah ini mungkin setelahnya baru akan download.

Feature…

Aplikasi yang sangat lengkap ini meliputi beberapa fitur yang bermanfaat. Fitur-fitur tersebut menurut saya memang paling pas jika digunakan untuk menghafal al-Quran secara mandiri.

Fitur yang didukung diantaranya adalah:

  1. Text Al-Quran + audio + terjemah + tafsir
  2. Audio dengan pilihan qori yang sangat banyak
  3. Terjemah dalam berbagai bahasa dan tafsir dari berbagai sumber.
  4. Bookmark, copy, share .
  5. Dan yang tidak kalah pentingnya yang menjadi point dari artikel in adalah memorizing fitur

Mari kita bahas ,

Memorizing feature

Pertama install kamu akan di suguhi surah al-fatihah, yang tentu saya tebak kamu langsung melakukan klik dan ingin play sound-nya.

Cukup satu kali klik kamu akan memunculkan tanda play si bagian bawah aplikasi. Dan dengan tombol itu kamu bisa memainkan file audio sesuai dengan ayat yang kamu pilih.

Suara yang di mainkan adalah default dari Al-huthaify. Dan menurut saya ini adalah yang memiliki kualitas suara dan setting tajwid terbaik dalam aplikasi ini.

Waiting download….

…ya, ketika pertama kali install itu adalah file aplikasi saja. Jadi kamu harus melakukan download file yang di butuhkan untuk menjalankan aplikasi dengan lengkap.Seperti pages, text, terjemahan , tafsir, dan sound.

Apakah jika sudah download masih harus download lagi?

Tidak, jika kamu sudah mendownload text, terjemahan, tafsir dan sound maka kamu sudah tidak butuh koneksi internet untuk menjalankan aplikasi ini alias bisa offline.

Normalnya file akan di download saat kamu hendak membaca atau mendengarkan suatu ayat. Namun kamu bisa mendownload sekaligus semua file sesuai settingan kamu. Misalkan mumpung kamu sedang berada di kantor jadi akan hemat biaya internet.

Kamu bisa melakukan setting yang banyak sesuka kamu misal type huruf, terjemahan bahasa mana, tafsir dari siapa.

…cara nya pilih menu pada bagian kiri atas aplikasi.

Cara mengulang ayat….

  1. Segera kamu ketuk list botton yang berada di bagian kiri atas aplikasi. Jika tidak muncul silakan ketuk layar sekali. Setelah muncul silakan pilih. 2016-06-25_214441.png
  2. Di menu itu kamu bisa menentukan surah mana yang hendak kamu ulang. Pencarian bisa menggunakan page, juz dan surah2016-06-25_214524.png
  3. Setelah itu silakan pilih menu reciting & memorizing 2016-06-25_214554.png
  4. Dari situ-pun kamu bisa menentukan pilihan akan menghafal , tes ingatan atau hanya mendengarkan saja.
  5. Karena kamu akan mengulang ayat maka pilihannya adalah repeating.
  6. Pilih active repeating 2016-06-25_214614.png
  7. Pilih surah start dan ayat start. Ini adalah awal dari mana kamu akan memulai mengulang. Kalau di walkman dulu adalah “A”. 2016-06-25_214659.png
  8. Pilih surah end dan ayat end. Ini adalah dimana kamu akan berhenti dan mengulang ke awal lagi. Kalau di walkman adalah “B”.
  9. Menuju ke bagian bawah ada repeate for ayat. Ini adalah untuk mengulang setiap ayat. Misal saja kamu akan menghafalkan surah al-muzammil ayat satu sampai 5. Maka jika kamu pada menu repeate ayat di isi 60 maka ayat satu akan di ulang 60 kali baru setelah itu dia akan lanjut ke ayat ke-2. Ayat ke-2 dan seterusnya pun demikian.
  10. Menu bagian bawahnya ada delay time. Ini untuk memberi jeda pada setiap perulangan.
  11. Repeate for range digunakan untuk mengulang range yang kamu pilih. Misal pada menu bagian atas kamu mengisikan start di ayat satu dan end di ayat lima. Maka ayat satu sampai lime akan di ulang sesuai nilai yang kamu isi di repeate range.
  12. Setelah setting selesai silakan klik start. Jika ada pertanyaan download, klik saja OK.

Jika kamu sudah melakukan pengulangan dan mencoba menghafalkannya, kamu bisa melakukan tes hafalan dengan memilih menu momorizing test.

Saran dari saya…

Mendownload terlebih dahulu sound, pages, dan lainnya itu penting untuk menghindari delay saat memainkan perulangan ayat. Selain itu akan menghindari penggunaan paket data yang berlebihan.

Delay atau loading ini karena aplikasi ketika akan memainkan harus mendownload dahulu misalkan sound. Dan jika koneksi internet sedang lelet bisa terjadi aplikasi gagal berjalan. Untuk itu jika kamu sedang berada di koneksi internet yang baik ataupun wifi kantor silakan download dahulu file yang di butuhkan seperti text, pages, sound, tafsir dan yang lainnya.

Untuk melakukan download kamu bisa menggunakan fasilitas download di menu. 2016-06-26_054224.png

Mendengar saja kurang…

Ya… itu benar, sesekali serius membaca apa yang sudah di dengar. Semisal kamu sudah mendengarkan berulang-ulang surah al-Muzammil, maka penting untuk membacanya.

Mendengarkan saja masih kurang untuk menguatkan ingatan. selain itu terkadang apa yang di ucapkan Qori kuarang familiar di telinga kita maka kita perlu cek sebenarnya apa si yang di bacakan.

Seperti panjang pendeknya. Beberapa huruf yang menurut kita terdengar sama tapi sebenarnya berbeda. Seperti “Kaf” dan “Qaf”.

Kolaborasi mata dan telinga pun akan semakin menguatkan ingatan, terkadang mata kita akan menambahkan beberapa tanda yang membantu ingatan, misal posisi mulainya suatu ayat berada di kanan atau di kiri. Itu penting untuk membuka ingatan.

Itu dia aplikasi yang sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang memiliki planning untuk menghafal al-quran. Jika artikel ini bermanfaat, share ke teman kalian. Semoga ini menjadi kebaikan yang viral.


6 Comments

dimas · February 23, 2017 at 1:30 pm

bagaimana cara mengganti bahasa pemakaiannya??

    khedi

    khedi · February 23, 2017 at 1:39 pm

    Pilih menu di kiri atas, kemudian pilih option, terus pilih option lagi . Disitu ada pilihan bahasa. Tapi hanya tersedia bahasa inggris dan arab

Sutikno Gresik · May 27, 2017 at 1:53 pm

Saya dah install di android. Kok gak ada pilihan untuk install di computer ya. memang belum bisa untuk komputer ya…?

Darno · June 5, 2017 at 2:03 am

Aplikasi Ayat untuk PC sudah ada duluan, sebelum yang versi mobilenya ada.

Pengalaman menghafal al-Quran menggunakan aplikasi untuk HP iPhone dan android. Kamu harus coba · March 2, 2017 at 3:58 pm

[…] Untuk review aplikasinya sendiri Saya sudah menjelaskan pada artikel aplikasi untuk menghafal Al Quran. […]

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: