membuat Bluetooth speaker

Sulap semua speaker menjadi speaker bluetooth dengan alat ini

Sudah kenal apa itu speaker bluetooth?

Speaker yang dapat digunakan untuk sound output device yang terhubung menggunakan koneksi bluetooth ini sedang di gandrungi.

Banyak orang menggunakannya. Sebagai contoh mereka menggunakan speaker jenis ini saat menelphone. Kamu akan melihat sebuah headset menempel di telinga tanpa kabel. Itu salah satu contohnya.

speaker jenis ini juga banyak digunakan pada mobil. Alasannya jelas karena praktis  sebab tanpa kabel ( wireless).

membuat Bluetooth speaker

Cara kerjanya…

Syarat pertama kamu harus memiliki sebuah device yang mampu terkoneksi melalui bluetooth. Jadi kamu hanya perlu koneksikan device dengan speaker melalui buetooth. Sehabis itu tinggal play dan suara speaker handphone langsung pindah ke speaker bluetooth.

Device disini adalah smartphone bisa android ataupun iPhone. Kebanyakan speaker jenis ini juga dapat terkoneksi dengan kedua jenis gadget ini. Atau lebih amannya tanya dahulu sebelum kamu membeli perangkat ini. Apakah dapat terkoneksi dengan gadget yang kamu miliki.

Membuat speaker bluetooth sendiri.

Kamu dapat membuat speaker jenis ini sendiri dan hal itu sangat mudah. Setidaknya ada dua cara yang bisa kamu coba, tapi yakin dan pasti kamu akan memilih cara yang mudah.

1. Beli alat dan sulap semua speaker menjadi speaker bluetooth.

Ada banyak alat yang bisa kamu gunakan dalam proyek ini. Dengan alat ini maka kamu dapat membuat speaker biasa menjadi speaker bluetooth. Kamu hanya tinggal pasang alat ini dengan benar dan sulap speaker tidak membutuhkan kabel untuk terhubung dengan handphone kamu.

type dari alat ini ada yang membutuhkan power sendiri dan ada yang tidak membutuhkannya. Namun kebanyakan alat ini memiliki batrey dan memerlukan sumber listrik sendiri.

Mari cek beberapa contohnya:

  • TP-Link Music Bluetooth Receiver – HA100
tp-link-music-bluetooth-receiver-ha100.jpg

Alat mungil ini sangat ampuh dan kami merekomendasikannnya jika kamu ingin membeli perangkat jenis ini.

Kamu hanya perlu menyambungkan input speaker dengan alat ini, ketika handphone kamu terhubung dengannya maka musik akan langsung main dan suara berpindah ke speaker yang kamu inginkan.

Kebanyakan alat ini di gunakan untuk menghubungkan perangkat dengan speaker active karena ukuran alatnya lumayan kekar. Meski bisa juga dihubungkan dengan headset namun hal itu terasa aneh.

Kelebihan dari merek ini adalah :

  1. Jarak sinyal 20m
  2. Kemudahan dalam kontrol musik jarak jauh
  3. Cepat dan mudah
  4. Modern dan portable
  5. Di koneksikan dengan 8 perangkat yang berbeda
  6. Support NFC syinc.

Keunikan lain dari perangkat ini seperti yang sudah di sebutkan alat ini dapat menangani koneksi hingga 8 perangkat. Misal selain mengkoneksikan handphone kamu juga mengkoneksikan laptop, komputer dan lainnya.

Karena akan aneh jika satu perangkat harus memiliki satu speaker (active) sendiri-sendiri.

cara penggunaannya adalah ;

  1. Hubungkan perangkat bluetooth dengan speaker active atau speaker tipe lain. Kamu dapat menggunakan beberapa jenis kabel dan konverter tergantung kondisi dari speaker kamu. Jika speaker active dengan koneksi bukan jack 3.5 maka silakan kamu beli konverternya di toko elektronik dan konverter ini banyak tersedia dengan harga yang murah.
  2. sambungkan sumber daya untuk perangkat bluetooth.
  3. Nyalakan speaker ective dan perangkat bluetooth.
  4. Cari sinyal bluetooth perangkat menggunakan handphone atau device kamu yang lain kemudian sambungkan. Jika diminta password silakan ketik 0000 atau sesuai buku petunjuk.
  5. Play.

Beli…

TP-Link Music Bluetooth Receiver – HA100 banyak terdapat di toko perangakt komputer atau juga di beberapa toko online. Kamu bisa langsung kunjungi disini.

Harganya sangat bersahabat untuk kita yang hanya tinggal memakainya saja. Kami pun menjual perangakat tersebut dengan harga Rp. 325.900. Jika kamu minat silakan kontak kami melalui halaman kontak.

  • Bluetooth Music Receiver Handsfree
kextech-car-bluetooth-music-receiver-with-hands-free-function-b3505.jpg

Bluetooth receiver jenis ini lebih kecil dan simpel. Lebih mirip seperti sebuah MP3 player.

Speaker jenis ini paling pas jika di gunakan untuk speaker mobil. Karena bentuknya yang mungil serta plug and play.

Kelebihan dari produk ini adalah:

  1. bentuk kecil
  2. konnect to 2 device
  3. Wireless

Beli…

Kamu dapat mengunjungi toko online langganan kamu disini. Harga yang di tawarkan lebih murah dari perangkat yang pertama.

Demikian juga jika ingin kami mengirimkannya untuk kamu harga yang kami tawarkan adalah Rp 200.700. Jika berminat bisa hubungi kami melalui halaman kontak.

Atau bisa menbaca ulasan kami yang lebih lengkap mengenai 5 bluetooth receiver untuk speaker terbaik saat ini.

2. Buat sendiri alatnya dengan sedikit experiment

Yang hobi elektro pasti akan memilih jalan ini. Namun jika di hitung-hitung akan lebih mahal. Karena selain kita harus membeli modul bluetooth kita juga harus menyiapkan speaker yang lebih baik.

kenapa?

jelas biasanya orang tidak mau tanggung-tanggung dalam membuat perangkat. Apalagi jika membeli spare partnya sendiri, akan banyak godaannya. Biasanya penjual akan menawarkan berbagai macam produk dengan kelebihannya masing-masing. Dan akhirnya akan over budget.

Ada dua cara yang pernah di coba oleh rekan kami yaitu hack modul bluetooth speaker murahan dan di pasangkan ke speaker active. Dan yang berikutnya adalah membuat board bluetooth sendiri dengan perangkat bluetooth.

Modal yang dikeluarkan untuk keduanya rata-rata diatas 500 ribu rupiah.

Jadi sekarang pilihannya ada di kamu. Mau membuat sendiri atau beli yang sudah jadi.

Untuk melihat bagaimana cara membuat speaker bluetooth coba rujuk ke link dibawah ini:

Sekian semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Sulap semua speaker menjadi speaker bluetooth dengan alat ini

  1. Pingback: 5 Cara pintar agar lebih produktif dalam menggunakan laptop

  2. Pingback: 5 bluetooth receiver terbaik sambungkan HP dengan speaker tanpa kabel

Leave a Reply