Halo,

Android kamu bertingkah aneh?

“Tiba-tiba muncul hp anda terkena virus”

Itu bukan virus melainkan kerjaan developer iseng. Yang sebenarnya virus adalah jika:

  • Nomor kamu mengirimkan pesan sendiri. Hal ini bisa terjadi jika virus masuk kedalam smartphone kamu lalu memegang kontrol pengiriman pesan.
  • Paket data cepat habis. Hal ini bisa terjadi karena virus menggunakan paket data untuk keperluannya misal mengupload informasi penting, melakukan tracking ataupun mendownload aplikasi lain.
  • Batrey cepat habis. Aktivitas diatas akan memaksa HP bekerja terus menerus. Sehingga konsumsi daya pun terus berjalan.
  • Ada aplikasi baru yang tidak pernah kamu install. Ini adalah menyalahi aturan jadi apapun alasannya jika sebuah aplikasi melakukan install aplikasi lain tanpa ijin maka aplikasi itu adalah virus.

antivirus terbaik android

Cara mengatasinya:

Ada beberapa cara untuk mengatasi virus pada hp android diantaranya adalah menggunakan antivirus. Namun jangan asal menginstall antivirus. Akibatnya peforma dari smartphone kamu akan menurun karena banyak resource yang akan digunakan antivirus tersebut.

10 urutan antivirus untuk android yang terbukti hasilnya

1. AhnLab v3 Mobile Secutity

Pengujian yang dilakukan menghasilkan keputusan yang merekomendasikan antivirus ini untuk kamu gunakan. Namun demikian keputusan ada di tangan kamu. Jika setelah mencobanya dirasa kurang pas, silakan un-install dan ganti yang lain.

Antivirus ini dapat  mendeteksi 99.9% virus yang si ujikan, tidak begitu berpengaruh terhadap kecepatan device, namun beberapa fitur e penting seperti mendeteksi pesan masuk yang berbahaya dan email belum di sematkan.

2. Antiy AVL 2.4

Ketika di coba antivirue ini dapat mendeteksi 100% virus serta tidak membuat device lemot namun banyak feature yang di sunat seperti anti thef (pencurian).

3. Avira Antivirus secutity

Antivirus yang terkenal dari kalangan windows ini dapat mendeteksi 100% virus dan dan tidak membuat device lemot serta memiliki fiture anti thef yang bermanfaat.

4. Baidu Mobile Security 8.1

Anti virus ini termasuk yang memiliki kelengkapan yang banyak. Dan nampaknya iklan untuk antivirus ini juga lumayan banyak. Kemampuan 100% dan kelengkapan juga hanya di bagian filter pesan saja yang belum bisa.

5. Bitdefender Mobile security

6. BullGuard Mobile Security

7. cheetah Mobile clean master

8. Cheetah Mobile CM Security

9. ESET Mobile Security

10. G Data Internet Security

itu dia ke-10 antivirus untuk android yang diurutkan berdasarkan kemampuan dalam melakukan proteksi terhadap device android kamu.

Jangan berpikir yang di urutan ke- 10 itu burukya…

Hampir semua antivirus memiliki kemampuan yang sama hanya saja terkadang memiliki perbedaan dari cara mereka mengenali virus dan bagaimana mereka mendapatkan profit.

Jika di keluarkan nilai perbandingan antara ke- 10 antivirus diatas, maka akan di dapati selisih nilainya sangat sedikit. Jadi secara awam perbedaan antara nomor satu dan nomor sepuluh tidak akan terasa.

Tips Menggunakan antivirus untuk smartphone kamu:

Apapun anti virusnya ada beberapa tips yang pastinya harus kamu lakukan sehingga kamu tetap nyaman walaupun menjalankan antivirus.

Beberapa antivirus memang akan memberatkan system namun kamu harus bisa mensiasatinya. Diantaranya adalah

  • selalu update antivirus.
  • Jika smartphone kamu kelas menengah jangan install fitur lain kecuali antivirus saja. karena biasanya antivirus bukan hanya melakukan proteksi terhadap virus tapi akan datang dengan berbagai tawaran lain.
  • Pakai yang berbayar jika kamu memiliki budget dan merasa gadget kamu itu penting.

Tips agar terhindar dari virus:

Yang paling baik dari semua mengenai virus adalah menghindari terinfeksi virus. Dengan melakukan pencegahan terhadap kemungkinan terinfeksi virus maka kamu akan terhindar pula dari menggunakan antivirus yang lebih banyak memberatkan smartphone menengah ke bawah.

Berikut adalah Tips agar terhindar dari virus:

  1. Lihat sebelum menyentuh yes. Pernah dapet pesan menutupi layar atau sebagian layar yang meminta kita menekan yes atau cancel? Baca dulu pesannya dan jangan pernah tekan yes. Itu saran saya.
  2. Jika kamu tidak paham android, maka jangan pernah meng aktifkan enable unknown sources. Cek di setting>security>
  3. Jangan install aplikasi di luar google playstore. Menurut saya playstore saja masih berbahaya apa lagi aplikasi yang bukan dari sana.
  4. Baca read app apliakasi. Sebelum meng install aplikasi terutama yang gratisan, biasanya ada agreement yang harus kita setujui. Biasakan baca dahulu agreement tersebut.
  5. Hanya install aplikasi antivirus yang terbukti reputasinya.

Demikian untuk hari ini semoga bermanfaat. Terimakasih.

Bedakan virus dan bukan virus pada android dengan artikel ini

Categories: AndroidcomputerGadget

khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

Beda android kamu kena virus atau kena malware, ini cirinya · September 4, 2016 at 3:56 pm

[…] artikel kemaren saya membahas mengenai 10 anti  virus terbaik dan terbukti bekerja untuk android, maka sekarang saya akan berbagi mengenai membedakan antara virus dan […]

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: