Punya kamera DSLR tapi jarang digunakan, pas saatnya digunakan lensanya tiba-tiba buram. itu namanya lensa kameramu terkena jamur.

Hati-hati !!! jamur ini akan sangat susah dibersihkan kalau sudah mengeras, kalau sudah seperti itu satu-satunya pilihan adalah beli lensa baru atau jual kamera mu.

…ini adalah masalah yang umum terjadi dan dialami oleh banyak fotografer pemula. Awalnya ikut-ikutan beli kamera, kepinginnya sih jadi fotografer profesional. Tahu-tahu makin kesini malas nya lebih gede daripada target. akhirnya nongkrong tuh kamera di lemari gak tau cara merawatnya main Taruh taruh aja akhirnya jamuran.

Bersihkan lensa dari jamur

Parahnya lagi kalau kamu sampai gak tahu bahaya jamur bagi lensa kamera. Jamur kalau sudah mengeras dia akan sangat susah dibersihkan, kalau kamu memiliki cairan khusus nggak masalah tapi apa rela beli sebuah cairan yang lumayan harganya untuk membersihkan jamur yang seumprit? lebih baik dibersihkan saat jamur itu belum meluas.

Bagaimana caranya?

Hanya hitungan menit membersihkan jamur pada lensa kamera DSLR

1. Saksikan vodeo pada akhir artikel ini jika kamu malas membaca.

2. Praktik ini menggunakan contoh lensa kamera cannon.

3. Siapkan tool kit atau obeng plus, penjepit kalau ada, kain karbon khusus kamera atau kalau ada cairan khusus pembersih.

4. Buka lensa dari sebelah ujung. Pertama buka stiker penutup menggunakan penjepit. Agak susah karena di lem.

5. Buka layer pertama lensa. Lepas 3 baut yang menguncinya.

6. Buka layer ke 2. Kendorkan dan buka baut lalu angkat lensa dari dudukannya.

7. Lap bagian lensa yang di tumbuhi jamur. Jika perlu basahi dengan cairan khusus yang sudah di disiapkan. Jika belum punya bisa beli disini.

8. Pastika jamur bersih dan lensa bersih dari goresan sisa debu dan cairan.

9. Pasang kembali setiap bagian lensa dengan benar.

10. Selesai.

Video:

 

Tips menjaga agar lensa tidak berjamur;

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Yes…. itu benar sekali dan itu juga berlaku bagi lensa kamera DSLR kamu yang mahal.

Bayangkan untuk lensa original Canon dihargai kurang lebih 2jt sampai 10 juta rupiah. Tentunya nggak akan rela kalau kamu harus mengeluarkan uang sebesar itu hanya karena jamur. Jadi tips dibawah ini akan memandu agar lensa kamera DSLR terhindar dari jamur.

  1. Jaga kebersihan kamera dari debu dan bahan-bahan yang memiliki aroma yang kuat.
  2. Segera keringkan kamera jika terkena cipratan air.
  3. Gunakan kain pembersih khusus dan cairan khusus untuk kamera jika kamu akan membersihkannya.
  4. Jaga dari perpindahan suhu yang extreme. Misal kamu melancong ka gurun es. Jaga suhu selalu stabil biar gak ngembun.
  5. Jaga kelembaban kamera
  6. Gunakan Dry box.

Apa itu dry box?

Adalah box atau lemari yang didesain khusus untuk menyimpan kamera dan melindungiinya dari jamur dan parasit yang merugikan. Dry box ini juga kedap udara sehingga ini adalah peralatan wajib untuk kamu para photografet pemula.

Contoh dry box:

Dimana-mana memang yang namanya jdry box memiliki harga yang lumayan mahal. Karena fungsinya adalah melindungi aset yang lebih  berlipat-lipat. Itupun kalau kamera Kamu adalah canon EOS 5DS, tentu kamu tidakakan membeli dry box seharga ratusan ribu.

Sebelum melebar kemana-mana lebih baik saya akhiri sampai disini saja untuk pembahasan mengenai cara menghilangkan jamur pada lensa kamera DSLR semoga bermanfaat terima kasih.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

4 Hp Android 4G LTE yang Memiliki RAM Besar dan Kamera yang Bagus - khedisfile.com Tech · March 5, 2017 at 3:44 pm

[…] yang menambahkan pixel pada kameranya. Bahkan sudah ada yang bisa menyaingi kualitas dari kamera DSLR yang memang khusus untuk fotografi. Lantas HP android apa saja yang mempunyai fitur RAM besar dan […]

Leave a Reply

Related Posts

accessories iPhone

Aksesoris, iPhone, Macbook dan HomeKit terbaik 2018

2018 akan menjadi tahun yang menarik karena CES yang saat ini sedang berlangsung di LA menampilkan dan memperkenalkan bermacam produk keren dan futuristic. Khususnya aksesoris iPhone dan rekan-rekannya seperti mac dan home kit. Mari kita Read more…

Android

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi MIX 2 indonesia

Sedang mencari handphone murah namun memiliki desain keren? kali ini kami menghadirkan MI Mix 2 indonesia. Ketika Mi Mix pertama rilis memang menawan dengan desain yang cantik, namun banyak yang bilang kalau ponsel tersebut terlampau Read more…

accessories iPhone

Beli aksesoris iPhone di Lazada apakah terpercaya?

Seperti yang saya posting kemarin bahwa apple telah bekerjasama dengan lazada dengan menjadikan lazada sebagai reseller resmi. Sehingga jika kamu membeli produk apple misal iPhone atau iPad akan dapatkan yang  asli. Meski demikian jangan sampai Read more…

%d bloggers like this: