Mau jadi terkenal di YouTube? Pasti banyak cara menggunakan akun media sosial yang kini sedang naik-naiknya. Tren Vlog dewasa ini kian memperkencang perputaran tayangan dari berbagai akun YouTube. Namun untuk menjadi seorang pemilik akun/saluran yang populer, ada banyak faktor yang berpengaruh. Memiliki dan mengelola akun/saluran YouTube pun sebenarnya sangat mudah asalkan dari awal sudah memiliki konsep yang jelas.

Seringkali orang yang hendak membuat akun YouTube ini terbentur pada soal gagasan. Apa yang hendak ia masukkan sebagai konten di akun/saluran tersebut?

…Lalu harus bagaimanakah cara mengelolanya?

youtuber sukses

Peluang mendulang profit dari YouTube adalah alasan yang sering memotivasi para penggunanya. Tapi ada satu tantangan awal yang sangat berat, yaitu bagaimana mengisi konten yang pas dan bisa disukai oleh banyak orang. Artinya, Anda akan membutuhkan sejumlah pertimbangan mengenai tema yang dijamin akan membuat YouTube Anda menjadi terkenal hanya dalam hitungan hari. Berikut ini 6 Thema Youtube bagi pemula berpotensi tarik 1K viewer dalam sehari.

  1. Tutorial Memasak

Jenis yang paling populer adalah video tutorial. Sekarang ini, kecenderungan dari para pengguna internet untuk belajar ialah memanfaatkan media tersebut. Salah satunya adalah cara memasak berbagai resep yang diinginkan oleh para pengguna internet.

Kini, cara belajar memasak sudah tak lagi menggunakan metode konvensional dengan membaca dan melihat gambar. Orang butuh media langsung yang menampilkan contoh. Dan solusi paling tepat adalah video. Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan dulu untuk mencari tahu jenis masakan apa yang paling sering dicari dalam Google dan terbilang jarang diangkat di YouTube.

  1. Tutorial Fashion

Nah, yang satu ini pun sangat populer. Lebih khusus lagi adalah tutorial fashion bagi cewek. Ada banyak akun atau saluran YouTube yang menayangkan tutorial ini. Tetapi Anda masih bisa mengambil kesempatan dari gaya-gaya yang lebih unik.

Misalnya dari gaya berpakaian dengan cara simpel atau hemat anggaran. Atau bahkan dalam bentuk-bentuk yang nyentrik tapi tetap oke dilihat. Harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang cukup untuk menghadirkan konsep tutorial fashion yang ideal.

  1. Video Berita Unik

Bukan tayangan berita yang bisa diakses orang di media-media mainstren di internet. Tetapi bagaimana Anda bisa menemukan beragam informasi unik yang kiranya penting atau menarik untuk disampaikan kepada para pelanggan atau penonton di akun/saluran YouTube Anda.

Kendalanya adalah masalah hak cipta. Sebabnya, Anda tak bisa mengambil gambar atau video dari sumber lain secara sembarangan kecuali tidak ada hukum hak cipta yang menaunginya. Alternatif lainnya ialah dengan membuat sendiri rekaman-rekaman video yang mana Anda sekaligus menjadi reporternya. Bisa dilakukan dalam bentuk tim yang secara konsisten memproduksi tayangan-tayangan dengan konten tersebut.

  1. Game

Yang ini pun kerap dicari oleh para pengguna internet. Mereka biasanya membutuhkan tips, ulasan, hingga trik-trik bermain game. Apalagi jika itu adalah game yang baru saja dirilis atau kerap dibicarakan banyak orang. Jika Anda sendiri adalah seorang gamer berat, pastinya tak sulit untuk membuat ulasan, tips, dan sebagainya.

Tapi Anda akan butuh kemampuan atau teknik memproduksi video dalam durasi singkat yang memberikan konten-konten tersebut. Tambahan lagi adalah teknik khusus untuk memindahkan video dari game ke dalam format yang bisa ditayangkan di YouTUbe. Bisa menggunakan perangkat lunak tertentu yang tersedia secara gratis, atau kalau mau lebih profesional menggunakan teknik yang lebih canggih. Tergantung dari sumber daya, modal, dan kreativitas.

  1. Film

Film juga tema yang sangat menarik untuk diulas dalam saluran YouTube. Seperti halnya game, Anda bisa membuat ulasan singkat mengenai film terbaru. Tapi ingat, jangan sampai terjebak pada spoiler. Tapi ada cara yang lebih unik lagi dengan konsekuensi pikiran, tenaga, dan waktu.

Yaitu menerapkan konsep produksi yang profesional. Misalnya membuat film pendek yang rutin ditayangkan dalam saluran YouTube Anda. Mungkin bagi sebagian orang dianggap sulit dan memberatkan. Tapi banyak pula orang yang terpancing gagasannya untuk memproduksi film pendek secara rutin dan ditayangkan secara gratis di YouTube. Kalau memang menarik, mengapa tidak mencobanya?

  1. Komedi

Jenis yang ini pun sangat populer. Bahkan sebagian besar pengakses internet dan khususnya lagi YouTube lebih sering meluangkan waktunya menonton tayangan komedi. Anda bisa membuat parodi, atau sejenisnya yang sesuai tren terkini.

Bahkan bisa lebih serius lagi dengan memproduksinya sebagai film yang ditayangkan secara rutin. Konsepnya sama dengan pilihan sebelumnya, namun lebih spesifik. Tetapi bisa juga membuat tayangan-tayangan komedi berbiaya murah. Misalnya membuat prank atau cara-cara menjahili orang.

Nah, itulah beberapa tema populer yang kiranya bisa mendongkrak angka viewer di saluran/akun YouTube Anda. Memang masih banyak contoh lain yang bisa Anda temukan selain dari tema-tema di atas. Justru akan lebih bagus lagi kalau Anda punya gagasan pribadi yang cemerlang.

Efek yang terjadi memang tidak langsung terasa, apalagi semakin kesini saingan semakin banyak. Namun thema diatas sangat berpotensi ketika sudah nongol di rekomendasi youtube maka mendapatkan 1K viewer sehari adalah perkara yang mudah.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

3 Comments

8 Kamera terbaik untuk memulai jadi youtuber yang sukses & tetap hemat · October 5, 2016 at 10:26 pm

[…] Semakin lengkap akan lebih bagus untuk meningkatkan daya tarik konten tersebut. Tapi yang lebih penting ialah kreativitas dan konsistensi. […]

6 Youtuber Indonesia Yang Sukses Hasilkan Jutaan Rupiah Tiap Bulannya - khedisfile.com Tech · October 6, 2016 at 9:08 pm

[…] adalah salah satu negara penyumbang konten terbesar untuk Youtube di mana platform Youtube ini jadi sarana bagi anak muda untuk mencari tontonan yang lebih menarik […]

Kehabisan Topik Untuk Youtube? 6 Kegiatan Ini Akan Bantu Temukan Topik Anti Mainstream · October 10, 2016 at 9:36 pm

[…] yang unik adalah segalanya bagi para Youtuber karena orang pasti akan menilai dari konten video yang Anda unggah apakah menarik, lucu, bermanfaat, informatif, atau menghebohkan sehingga menjadi […]

Leave a Reply

Related Posts

accessories iPhone

Aksesoris, iPhone, Macbook dan HomeKit terbaik 2018

2018 akan menjadi tahun yang menarik karena CES yang saat ini sedang berlangsung di LA menampilkan dan memperkenalkan bermacam produk keren dan futuristic. Khususnya aksesoris iPhone dan rekan-rekannya seperti mac dan home kit. Mari kita Read more…

Android

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi MIX 2 indonesia

Sedang mencari handphone murah namun memiliki desain keren? kali ini kami menghadirkan MI Mix 2 indonesia. Ketika Mi Mix pertama rilis memang menawan dengan desain yang cantik, namun banyak yang bilang kalau ponsel tersebut terlampau Read more…

accessories iPhone

Beli aksesoris iPhone di Lazada apakah terpercaya?

Seperti yang saya posting kemarin bahwa apple telah bekerjasama dengan lazada dengan menjadikan lazada sebagai reseller resmi. Sehingga jika kamu membeli produk apple misal iPhone atau iPad akan dapatkan yang  asli. Meski demikian jangan sampai Read more…

%d bloggers like this: