Banyak yang bilang untuk menjadi YouTuber profesional harus siap dengan anggaran yang besar. Anggapan itu tak salah, tetapi bukan berarti tak bisa lebih dihemat. Pasalnya, banyak para Vlogger yang hanya dengan menggunakan kamera smartphone bisa menjadi populer di dunia maya. Prosesnya melibatkan berbagai kreativitas dan konsistensi dari pelakunya.

Tapi omong-omong, berapa sih sebenarnya jumlah modal yang bisa digunakan untuk menjadi seorang YouTuber profesional?

Kalau sudah memiliki smartphone dengan spesifikasi mumpuni, rasa-rasanya tak butuh perlengkapan lain kalau kebutuhannya adalah merekam gambar berkualitas bagus. Untuk teknis audio bisa diakali dengan mengatur ruangan.

camera terbaik untuk youtuber

Tapi kalau mau lebih profesional, dalam artian dengan modal yang secukupnya tapi mampu menghasilkan video berkualitas, gunakan saja kamera. Tidak perlu yang mahal-mahal.

Anggaran sebesar 2 juta rupiah pun bisa memenuhi kebutuhan produksi konten YouTube yang berkualitas. Nah, berikut ini adalah sejumlah pilihan alat kamera yang sekiranya bisa dipertimbangkan untuk produksi konten YouTube.

Kamera untuk youtuber

1. Sony HDR-CX405

Ini adalah jenis kamera genggam yang tergolong terjangkau harganya. Anggaran 2,2 juta, Anda bisa menghasilkan gambar berkualitas dari digital zoom 350x dan optical zoom 30x. Cocok untuk merekam gambar meski dalam kondisi pencahayaan yang rendah. Menariknya lagi, kamera ini bisa diputar balik sehingga kita bisa sambil selfie.

2. Panasonic HC-V180GA-K

Kamera ini punya kemampuan rekam dengan 90x Intelligent Zoom dan 50x Optical Zoom. Model ini pun bisa diputar balik untuk selfie. Sangat ideal bagi yang aktif di Vlog. Anggarannya sekitar 2,4 juta rupiah.

3. JVC Everio GZ-E245

Model ini lebih canggih dengan resolusi HD dan sangat cocok untuk tren Vlog sekarang ini. Layarnya pun sudah mendukung fitur touchscreen. Lebih praktis dan membuatnya lebih cepat dalam produksi bahkan untuk editing langsung setelah perekaman video.

Ada juga pilihan alat kamera dengan anggaran sekitar 1 juta. Beberapa contohnya di bawah ini.

4. Brica B-Pro 5 Alpha Edition

Harganya sekitar 1,2 juta. Kualitasnya cukup memuaskan. Resolusi videonya mencapai 1080p/60 fps dan Full HD. Banyak yang membanding-bandingkan spesifikasi kamera ini dengan Xiaomi Yi. Anda bisa membuktikannya sendiri, toh harganya pun lumayan terjangkau.

5. Xiaomi Yi

Nah, inilah yang sering dibandingkan dengan Brica B-Pro 5 Alpha Edition. Dan harganya sendiri pun jauh lebih murah, yaitu sekitar 800 ribu rupiah. Untuk spesifikasinya sendiri tak berbeda jauh dengan Brica B-Pro 5 Alpha Edition.

6. SJCAM SJ5000

Pilihan berikutnya yang dibandrol dengan harga sekitar 1,8 juta. Spesifikasinya juga sangat memuaskan untuk produksi Vlog atau tayangan video dalam format yang lebih serius. Dengan kualitas Full HD dan bentuk yang sangat ringkas sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Dengan anggaran sekitar 1 hingga 2 jutaan rupiah, Anda bisa mempertimbangkan beberapa pilihan di atas. Nah, bagaimana jika ternyata punya anggaran yang lebih besar? Atau katakanlah Anda merelakan biaya besar untuk memiliki sebuah alat yang sangat canggih untuk produksi video. Kisarannya lebih dari 10 juta rupiah. Pilihannya pun jadi lebih beragam dan tak pernah habis untuk dibicarakan. Beberapa alat kamera dengan anggaran hampir atau lebih dari 10 juta rupiah itu sebagai berikut.

7. GoPro Hero4 Black

Kamera ini punya spesikasi yang asyik, mulai dari resolusi maksimal hingga 1080p/60 fps dengan kapasitas 12 MP. ISO mencapai 6400 dan sangat ringan untuk dibawa ke mana-mana. Untuk display-nya dijual terpisah. Kamera ini pun sering jadi andalan para Vlogger karena lebih nyaman dan praktis.

8. Canon EOS 70D

Harganya sekitar 15 juta. Kualitasnya adalah kapasitas 20.2 MP, sensor APS-C Dual Pixel CMOS AF, ISO 12800, resolusi 1080p/30 fps, dan display LCD 3 inchi. Untuk hasil yang maksimal, kamera ini menunjang mikropon yang disambungkan ke dalamnya. Pilihan yang sangat mahal tetapi akan sangat memuaskan karena kualitasnya sudah terjamin.

Selain beberapa alat di atas, sudah pasti seorang Vlogger membutuhkan perangkat lain yang bisa memaksimalkan produksi kontennya. Misalnya untuk softaware editing video. Bisa menggunakan Adobe Premiere terbaru atau software lain yang ringan.

Disarankan menggunakan yang pertama karena fitur-fiturnya lebih lengkap. Apalagi kalau butuh berbagai teknik unik seperti pembuatan video profesional.

Kebutuhan lainnya adalah modal untuk aksesories, perlengkapan rekaman suara, backsound, dan sebagainya. Belum lagi untuk urusan fashion bagi si Vlogger atau host dari tayangan video tersebut.

Semakin lengkap akan lebih bagus untuk meningkatkan daya tarik konten tersebut. Tapi yang lebih penting ialah kreativitas dan konsistensi.

Sebagus apapun konten yang dibuat, kalau tak konsisten akan selalu berisiko seperti ditinggal para penontonnya. Jangan sampai penonton atau pelanggan saluran/akun YouTube itu merasa bosan karena terlalu lama menunggu. Nah, itulah kisaran modal menjadi YouTuber peralatan kamera yang bisa dibeli.

Action cam

Salah satu jenis pengambil video ini juga bisa kamu gunakan untuk memproduksi video untuk youtube. Kemampuannya yang baik dalam menghasilkan video aksi patut di perhitungkan. Beberapa diantaranya adalah Gopro 5. 


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

4 Comments

10 Peralatan yang Akan Memudahkan Kamu Menjadi Youtuber Sukses · October 11, 2016 at 9:31 pm

[…] Kamera […]

6 Youtuber Indonesia Yang Sukses Hasilkan Jutaan Rupiah Tiap Bulannya · October 30, 2016 at 8:23 am

[…] banyak Youtuber yang memberikan kontribusi terhadap tontonan yang menarik, menghibur, dan bisa menginspirasi generasi muda untuk […]

6 Kamera Terbaik untuk Ambil Video Youtube Di Berbagai Suasana Malam Ataupun Siang · April 2, 2017 at 9:55 am

[…] mempersiapkan materi yang menarik sangat penting untuk memilih tipe kamera yang bagus. Kualitas video memegang peranan yang besar dalam menentukan layak tidaknya gambar yang diambil […]

Ingin Jadi Youtuber Sukses? Gunakan Kamera Terbaik Ini - SUKITA ID · January 3, 2018 at 9:55 am

[…] Bisa menggunakan kamera dengan harga standart. Seperti yang dilansir oleh SUKITA ID dari TECHNO, berikut ulasan kamera-kamera terbaik […]

Leave a Reply

Related Posts

accessories iPhone

Aksesoris, iPhone, Macbook dan HomeKit terbaik 2018

2018 akan menjadi tahun yang menarik karena CES yang saat ini sedang berlangsung di LA menampilkan dan memperkenalkan bermacam produk keren dan futuristic. Khususnya aksesoris iPhone dan rekan-rekannya seperti mac dan home kit. Mari kita Read more…

Android

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi MIX 2 indonesia

Sedang mencari handphone murah namun memiliki desain keren? kali ini kami menghadirkan MI Mix 2 indonesia. Ketika Mi Mix pertama rilis memang menawan dengan desain yang cantik, namun banyak yang bilang kalau ponsel tersebut terlampau Read more…

accessories iPhone

Beli aksesoris iPhone di Lazada apakah terpercaya?

Seperti yang saya posting kemarin bahwa apple telah bekerjasama dengan lazada dengan menjadikan lazada sebagai reseller resmi. Sehingga jika kamu membeli produk apple misal iPhone atau iPad akan dapatkan yang  asli. Meski demikian jangan sampai Read more…

%d bloggers like this: