Segala hal yang sukses pasti diawali dengan masalah. Sama halnya dengan menjadi seorang Youtuber yang bisa mendapatkan banyak viewers dan juga subscribers, lebih untung lagi jika bisa mendapatkan bayaran yang besar.

Bahkan bagi Youtuber yang sudah profesional pun pasti merasakan adanya masalah baik dalam hal teknis maupun hal lainnya. Jadi bagi Anda yang baru mulai terjun di dunia digital ini jangan pesimis ketika mendapati apa yang didapatkan ternyata tidak sebesar yang diharapkan.

Justru sebagai pemula, Anda bisa belajar dari pengalaman bagaimana cara mengatasi masalah, terus menggali ide-ide yang kreatif, dan berani untuk menunjukkan hasil karya yang Anda buat melalui channel Youtube yang kini jadi salah satu platform hiburan nomor satu di dunia.

Masalah-masalah ini pasti akan dialami oleh para Youtuber pemula.

6 Hal Yang Pasti Dirasakan Para Youtuber Pemula

Jumlah subscriber yang berubah-ubah

Anda bisa saja senang ketika jumlah subscriber channel sudah menyentuh angka 1.000 namun ketika dicek minggu depan kenapa jumlahnya bisa menurun?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan jumlah subscriber Anda berubah-ubah terutama yang tadinya sudah meningkat kenapa jadi malah turun. Alasan yang pertama tentu saja karena para penggunanya sendiri yang kemudian meng-unsubscribe channel Anda karena beberapa alasan, bisa karena bosan dengan channelnya, bisa karena ada konten yang dirasa menyinggung, atau karena akunnya yang dihapus. Alasan lainnya adalah karena pihak Google/Youtube yang sedang bersih-bersih akun spam yang jadi “subscriber hantu” di channel Anda.

Gugup di depan kamera

Banyak Youtuber yang tadinya bukan seorang artis atau public figure, mungkin termasuk Anda yang membaca ini. Artinya, Anda belum terbiasa dengan kamera yang dihadapkan pada Anda dan merekam segala ekspresi serta gerak gerik Anda tanpa henti.

Wajar jika baru pertama kali membuat konten Anda merasa gugup, self-conscious, dan pada akhirnya setelah dilihat rekamannya Anda terlihat kaku, awkward, dan tanpa sadar membuat gestur-gestur yang aneh. Tenang, rasa gugup ketika berada di depan kamera bisa diatasi dengan membiasakan diri dengan kamera. Rutin dan konsisten dalam mengunggah konten ke Youtube akan melatih mental Anda agar semakin luwes di depan kamera.

Minder dengan channel lain

Ketika Anda membandingkan diri Anda yang masih pemula dengan channel yang sudah memiliki ratusan ribu hingga jutaan subscribers, lebih banyak views, banjir komentar, biasanya akan muncul rasa minder ketika melihat channel Anda yang masih baru, belum ada subscribers, jumlah view yang tidak bertambah dan sepi dari komentar.

Hal ini sangat wajar, bahkan mereka yang menghasilkan puluhan juga dari Youtube juga pernah berada di posisi Anda saat ini. Selalu aka nada channel yang lebih populer, lebih disukai, lebih banyak jumlah subscriber dan viewsnya karena mereka mulai duluan ketimbang channel Anda.

Jangan khawatir, jika Anda memang punya sesuatu yang unik untuk ditawarkan pasti Anda akan memiliki audience sendiri dan popularitas bisa semakin naik. Melihat channel lain yang sudah lebih terkenal tentu tidak masalah untuk tujuan mendapatkan referensi atau inspirasi, tapi jangan sampai rasa iri Anda justru membuat Anda mundur dari persaingan dan konten yang sudah Anda buat dengan susah payah tidak jadi Anda unggah.

Kurang modal untuk shooting

Jadi Youtuber memang bisa dilakukan dengan modal yang kecil, namun Anda tetap membutuhkan kamera dan juga perlengkapan lainnya yang setidaknya bisa menghasilkan gambar dengan kualitas cukup bagus dan juga bisa merekam suara dengan baik dan jelas.

Kamera dengan kualitas yang menengah setidaknya berharga jutaan, Anda mungkin juga membutuhkan peralatan lain untuk membuat video yang bagus misalnya seperti tripod agar gambar yang diambil stabil, mic kamera untuk merekam suara yang lebih jelas, dan juga komputer atau laptop dengan spec yang bisa digunakan untuk editing video dengan lancar.

Dikomentari negatif

Youtube adalah platform online di mana orang bisa bebas mengeluarkan komentar apapun secara anonymous (username dan avatar tidak ada artinya di negeri sosial media).

Ketika Anda mengeluarkan sebuah video ke channel Youtube Anda, artinya sudah siap untuk orang lain melihat sekelumit kehidupan Anda, hasil pemikiran Anda, dan membuka peluang selebarnya bagi orang lain untuk berkomentar apa saja. Anda juga pasti pernah merasakan pedihnya kata-kata yang bisa dihasilkan oleh seseorang di kolom komentar channel Anda.

Yang harus dilakukan adalah tetap fokus pada ide-ide untuk konten yang Anda buat, jadikan komentar-komentar positif adalah sumber dukungan, dan abaikan komentar negatif yang tidak berdasar. Tapi bukan berarti semua komentar negatif harus dibuang karena Anda tetap harus bisa menerima kritik yang membangun demi konten yang lebih berkualitas.

Kendala teknis

Menjadi seorang Youtuber tentu Anda mengandalkan gadget untuk bekerja mulai dari pengambilan gambar, hingga mengunggah hasil konten. Pasti ada saja hal yang terjadi secara teknis dan menghambat produktifitas Anda.

Misalnya listrik yang mendadak padam ketika sedang melakukan editing atau bahkan sedang mengunggah video, koneksi internet yang sedang down, komputer atau laptop yang hang atau lagging, baterai kamera yang habis, dan sebagainya dan sebagainya.

Masalah teknis mungkin adalah hal yang paling menyebalkan Anda alami. Bayangkan jika sedang mengunggah video tiba-tiba internet mati karena listriknya juga mati, hal seperti ini bisa mematikan mood produktif Anda.

Selain itu juga kendala kecepatan internet juga menjadi faktor yang tidak bisa di elakan. Untuk itu kamu bisa menggunakan saran kami untuk menggunakan modem 4G yang bisa kemu gunakan untuk meningkatkan kecepatan internet.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

6 Youtuber Indonesia Yang Sukses Hasilkan Jutaan Rupiah Tiap Bulannya · April 2, 2017 at 9:33 am

[…] youtuber bukan tanpa halangan beberapa halangan adalah ketika kamu masih menjadi pemula. Beberapa hal yang mungkin kamu alami sebagai youtuber pemula harus kemu siap […]

Leave a Reply

Related Posts

FILM 3D

Aplikasi untuk memainkan film 3D di komputer atau laptop Red cyan

Sudah dapatkan film 3D tapi bingung bagaimana memainkannya? Hanya terbayang ketika dapatkan filmm 3D entah itu beli atau hasil copy dari komputer teman colokin kemudian play dan hasilnya gambar terbagi dua. Atau gambar atas merah Read more…

Gadget

6 aplikasi terbaik untuk edit video youtube di iPhone dan hasil menarik

Di jaman yang serba mobile rasanya sudah tidak aneh jika melakukan kegiatan yang biasa dijumpai pada komputer atau laptop kini bisa dilakukan di dalam smartphone. Khususnya untuk iPhone. iPhone memiliki spesifikasi hardware yang terbilang tinggi Read more…

Multimedia

5 Tips Profesional Merekam Video menggunakan Hp untuk Youtube

Menjadi youtuber sukses hanya bermodal smartphone atau HP bukan suatu hal yang tidak mungkin asalkan kamu mengetahui tips-tips dalam memaksimalkan apa yang kamu miliki. Tidak sedikit YouTube yang hanya bermodal smartphone seadanya namun bisa menghasilkan jutaan Read more…

%d bloggers like this: