Konten yang unik adalah segalanya bagi para Youtuber karena orang pasti akan menilai dari konten video yang Anda unggah apakah menarik, lucu, bermanfaat, informatif, atau menghebohkan sehingga menjadi sebuah tontonan yang tidak membosankan.

Masalahnya, pada satu titik pasti semua Youtuber pernah mengalami yang namanya content-block alias bingung mau membuat konten macam apa lagi karena semua ide kreatifnya sudah diperas di konten-konten sebelumnya.

Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan putus asa dan menganggap karir ke-Youtube-an Anda berakhir. Inspirasi bisa datang dari mana saja dan kappan saja, sebagai permulaan, Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk mendapatkan ide topik konten Youtube selanjutnya.

thema untuk youtube

Keluar dari rutinitas

Terkadang otak membutuhkan stimulasi yang diperlukan untuk mengeluarkan ide-ide baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Rutinitas membuat otak terbiasa dengan pola aktivitas yang tetap sehingga untuk mendapatkan sesuatu yang segar maka Anda harus melakukan hal yang diluar pola kebiasaan. Jika sebelumnya Anda mencoba merenungkan topik untuk Youtube di toilet bersama dengan kewajiban di pagi hari, Anda bisa melakukannya di tempat lain.

Misalnya bangun lebih pagi dan jogging di taman sekitar, siapa tahu Anda bisa menemukan sesuatu yang unik untuk dijadikan konten Youtube yang menarik. Yang harus diyakini adalah Anda tidak akan kehabisan ide karena otak manusia adalah organ yang luar biasa sebagai sumber ide yang tanpa habisnya.

Lakukan hal yang mengurangi stress

Youtuber sukses pun pasti pernah merasakan tekanan ekspektasi dari para penontonnya untuk terus menghasilkan karya-karya yang menarik dan unik.

Tekanan ini bisa berubah jadi stress dan menutup jalan ide Anda untuk muncul di benak. Terkadang, hanya diperlukan sedikit refreshing untuk melepaskan diri dari segala tekanan dan membuka kembali keran ide-ide yang kreatif.

Kuncinya adalah jangan jadikan channel Youtube Anda sebagai beban, lakukan dengan fun, tidak perlu terlalu kelihatan mengejar target jumlah subscriber atau rupiah yang bisa Anda hasilkan dari satu video, dan lakukan apa yang jadi passion Anda di awal ketika memutuskan untuk jadi Youtuber.

Beri otak asupan “nutrisi”

Tentu saja Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat agar otak mendapatkan gizi yang baik agar sel-selnya tetap dalam keadaan bagus. Tapi juga jangan lupa memberikan nutrisi yang lain seperti misalnya membaca berbagai macam buku, mendengarkan musik, menonton film-film underrated, ngobrol atau diskusi dengan orang lain, menonton berita terkini, atau sekedar mendengarkan suara alam seperti suara hujan, suara hutan, atau kicauan burung demi memasukkan input apapun ke dalam otak Anda.

Ide kreatif bisa datang dari mana saja termasuk dari hal-hal gila yang menyerempet hukum yang Anda lakukan bersama dengan partner in crime. Intinya adalah, meski sedang terjebak dengan content-block jangan biarkan otak Anda nganggur dan tidak diberikan stimulasi-stimulasi yang berkelanjutan.

Melakukan riset trend

Cari tahu apa yang sedang panas jadi topik di kalangan Youtuber lainnya baik dari Indonesia ataupun mancanegara. Bukan berarti Anda harus mengkopi konten, Anda bisa menyampaikan topik konten yang sama namun dengan isi dan juga cara penyampaian yang berbeda sesuai dengan gaya Anda.

Setidaknya, ini bisa menarik lebih banyak viewers karena Anda ikut dalam arus trend yang sedang jadi topik menarik di kalangan Youtuber. Bahkan tidak ada salahnya Anda mengadakan survey kepada para viewers kira-kira konten seperti apa yang ingin mereka tonton. Sekali-sekali memenuhi permintaan viewers tidak masalah untuk meramaikan channel Anda.

Cari inovasi baru

Ketika semua orang berbondong-bondong mengangkat topik video Youtube yang sama atau setidaknya mirip, Anda bisa mengambil kesempatan untuk membuat inovasi yang berbeda dan membuat channel Anda terlihat lebih menonjol dibandingkan channel lain.

Salah satu caranya adalah cari sesuatu yang sudah jadul namun ikonik dan kemas menjadi sebuah tontonan modern yang masih relevan dan menarik sehingga membuat orang menikmati nostalgia sekaligus tergerak dengan kemasan kekiniannya. Siapa tahu, gaya komedi Charlie Chaplin tanpa suara yang populer di awal abad ke-20 bisa jadi konten video Youtube yang segar tentunya dengan packaging yang dikonsep dengan matang.

Mengumpulkan lebih banyak kepala untuk berpikir

Membangun channel Youtube yang sukses tentu tidak bisa dilakukan sendirian. Ajak orang-orang dekat Anda untuk sama-sama berpikir mencari ide topik baru untuk konten video Anda selanjutnya. Bisa jadi mereka punya ide brilian yang sebelumnya belum pernah Anda pikirkan sebelumnya dan pas dengan image dari channel Youtube Anda.

Terkadang, orang luar bisa melihat hal-hal kecil yang luput dari perhatian Anda ketika membuat sebuah konten yang diharapkan bisa menyedot viewers sebanyak mungkin. Karena itu ketika sedang kehabisan ide untuk konten jangan ragu untuk menelepon orang tua, saudara, teman, bahkan dosen tempat curhat Anda ketika di kampus.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: