Jika kamu hobi berpetualang atau fotografi dan masih saja pakai tongsis, mungkin sudah saatnya Anda beralih ke alat lain yang namanya drone.

Drone itu apa?

Drone ini adalah pesawat nirawak/ tanpa awak yang cara mengendalikannya memakai remot kontrol. Dengan kata lain, drone ini bisa dikendalikan secara jarak jauh. Drone ini punya kamera yang bisa dipakai untuk mengambil gambar atau merekam peristiwa dari ketinggian. Nah, drone ini alatnya canggih. Drone dilengkapi dengan GPS sebagai alat navigasi dan mengunci posisi.

Drone ini jenisnya ada banyak. Drone yang dipakai untuk perang, pengintaian tentu berbeda dengan drone yang dipakai untuk sekadar syuting film. Ada drone yang dibuat oleh luar negeri maupun pihak dalam negeri. Mengenai penggunaannya, kini drone juga ramai digunakan oleh pihak swasta. Oleh karena itu, pemerintah membatasi penggunaan drone. GPS yang ada pada drone memang seperti mata pisau. Jika digunakan oleh pihak yang tidak berwenang, maka ini bisa membahayakan keamanan negara karena menyangkut juga tentang pemetaan wilayah.

drone murah untuk

 

Jika Anda ingin memiliki drone sendiri, saat ini tersedia drone yang harganya tidak terlalu mahal. Berikut ini di antaranya drone murah recomended tapi tetap berkualitas yang bisa Anda pilih.

1. Husban X4

Drone ini harganya lumayan murah yaitu di kisaran satu jutaan. Drone ini memang memiliki ukuran yang kecil. Besarnya kira-kira sebesar kepalan tangan manusia dewasa. Akan tetapi drone ini memiliki kemampuan untuk melakukan akrobatik 360 derajat. Agar stabil saat terbang, drone ini dibekali gyroscope 6 axis. Hanya saja, drone ini hanya memiliki waktu terbang yang sebentar, yaitu 7 menit. Drone ini dipersenjatai dengan kamera 0,3 mp. Dengan harga yang murah, drone ini cocok untuk Anda yang pemula.

2. Syma x5c Explorer

Drone ini hampir mirip dengan x4. Dengan harga yang murah, drone ini menyajikan spesifikasi standar yang cocok untuk pemula. Drone ini dibekali dengan kamera beresolusi 2mp serta waktu terbang 12 menit. Drone ini juga sudah dibekali gyroscope 6 axis dengan ukurannya yang besar. Drone ini unik karena memiliki pelidung baling-baling bambu. Harga drone ini juga hampir sama dengan x4 yaitu dalam kisaran satu jutaan.

3. Parrot AR Drone 2.0 Edition

Drone yang harganya di kisaran 5 jutaan ini, memiliki fitur yang lumayan lengkap. Drone ini mampu merekam video 720p dan bisa disambungkan dengan ponsel pintar Anda dengan koneksi via wifi atau lan. Drone yang disinyalir tahan banting ini bisa dikendalikan untuk kembali ke titik awal dengan otomatis menggunakan fitur return home.

4. Blade Nano QX

Drone ini bentuknya kecil dan dilengkapi dengan pelindung baling-baling. Berbeda dengan drone sebelumnya, Blade Nano Qx ini justru tidak dilengkapi dengan fitur kamera. Hal ini karena drone ini diciptakan untuk Anda yang memiliki keinginan untuk belajar manuver. Bentuk drone ini selain kecil juga cantik karena mirip dengan tarantula.

5. Parrot Bebop

Parrot Bebop ini adalah generasi penerus dari AR Drone 2.0. Meski terlihat lebih ringkih, drone ini tampil dengan desain yang lebih keren dan ringkas. Drone ini tidak terlalu terlindungi layaknya sang pendahulu. Parrot Bebop bisa merekam video 1080 ps 30 pada sudut pandang 180 derajat stabilizer digital 3 axis  dengan kamera 14 mp. Prosesor drone ini disinyalir memiliki kemampuan 8 kali lebih baik. Drone ini tentunya dapat dikontrol menggunakan ponsel pintar lewat koneksi wifi.

6. 3D Robotics IRIS+

Drone ini bisa terbang dalam waktu 22 menit. Kelebihan drone ini adalah bisa terbang sendiri mengikuti pemegang kontroler. Selain itu, jika kehabisan daya maka drone ini akan mendarat dengan sendirinya. Untuk mengambil gambar atau merekam Anda mesti membeli action cam sendiri semacam gopro karena hal ini tidak termasuk dalam fitur bawaan.

8. DJI Phantom 2 + H4-3D

Drone ini bisa mengudara selama 25 menit. Spesifikasi drone ini lumayan canggih. Hanya saja, drone ini belum disertai dengan action cam. Jadi, Anda mesti melengkapinya sendiri jika menginginkannya.

Jika Anda pecinta alam atau suka pada dunia fotografi, drone ini tampaknya sudah menjadi kebutuhan utama. Harganya bisa menyesuaikan dengan kantong Anda sekaligus melihat dari spesifikasi yang Anda butuhkan. Memang untuk drone yang komplit harganya tinggi.

Akan tetapi untuk Anda yang pemula, memiliki drone dengan harga yang murah dan memiliki fasilitas standar sudah lebih dari cukup. Saat masih belajar, mungkin hal utama yang Anda perlukan adalah kemampuan untuk belajar terbang.  Setidaknya, drone yang Anda pilih dilengkapi fitur yang memudahkan Anda untuk mengontrolnya dengan ponsel pintar atau smartphone.

Baca juga 10 Drone terbaik yang layak dibeli para traveller.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: