Menjadi youtuber sukses hanya bermodal smartphone atau HP bukan suatu hal yang tidak mungkin asalkan kamu mengetahui tips-tips dalam memaksimalkan apa yang kamu miliki. Tidak sedikit YouTube yang hanya bermodal smartphone seadanya namun bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Kamu bisa melihat dalam posting YouTuber Indonesia yang sukses hasilkan jutaan rupiah setiap bulannya.

Nah dalam posting kali ini saya akan coba membagi membagikan tips yang banyak digunakan dan banyak disampaikan oleh mereka yang telah sukses dalam menjalani sebagai YouTuber. Hanya ada 5 saja meskipun sebenarnya masih banyak tips-tips yang lain namun 5 tips berikut ini adalah yang paling banyak berpengaruh.

tips merekam video menggunakan smartphone

Apa saja ke-lima tips super profesional untuk merekam dan menghasilkan video terbaik YouTube yang bisa kamu lakukan?

Tips merekam video untuk youtube

1. Gunakan stablilizer (gimbal)

Dewasa ini sudah banyak tersedia stabilizer atau gimbal khusus untuk mengambil video menggunakan smartphone. Meskipun harganya masih terbilang mahal namun hasil yang didapatkan sangat profesional.

Kamu bisa mengeluarkan sedikit modal untuk membeli alat ini dan hasilkan video-video yang profesional dan akan menarik semua viewer menjadi subscriber channel yang kamu miliki.

Dengan stabilizer ini maka video yang kamu hasilkan akan sangat tenang karena motor-motor yang ada dalam stabilizer ini akan meredam setiap getaran. Dan jika kamu adalah pecinta film bioskop ketika kamu menggunakan stabilizer ini untuk merekam video, maka hasil yang didapatkan dari rekaman kamu akan menjadi 11:12 dengan film bioskop yang sering kamu tonton. Sangat tenang smooth, Pokoknya film look.

Beberapa stabilizer smartphone yang kami rekomendasikan adalah diantaranya:

  • DJI OSMO MOBILE : ini adalah gimbal yang memiliki harga murah dan dibuat oleh DJI sebagai penerus Dji osmo yang banyak memiliki kekurangan. Dji osmo mobile menjanjikan fleksibilitas untuk para penggunanya dalam melakukan modifikasi dengan hasil video yang akan diperoleh. Modifikasi ini adalah menyesuaikan kualitas video berdasarkan smartphone yang digunakan semakin bagus Smartphone otomatis akan semakin bagus hasil video yang didapatkan.

dji osmo mobile best gimbal

Cek harga DJI OSMO MOBILE

2. Lakukan rekaman sedikit demi sedikit

Lakukanlah perekaman video sedikit demi sedikit. Selain akan memberikan warna yang berbeda saat hasil video nanti, merekam sedikit demi sedikit juga mengurangi scene yang akan memenuhi memori smartphone kamu. Karena saya yakin nantinya akan banyak sekali scene yang akan dihapus saat melakukan editing.

Jadi ambil bagian-bagian yang penting-penting saja sesuai dengan tema yang kamu Tentukan.

3. Diam saat melakukan pengambilan

Mengambil video dengan posisi diam akan lebih menarik hasilnya daripada mengambil video dengan mengikuti objek yang sedang diambil. Kecuali jika kamu sudah memiliki stabilizer yang disebutkan di atas.

Mengikuti objek hanya dilakukan jika kamu mengambil adegan action. Namun jika kamu ingin menghasilkan sebuah video atau footage yang tenang dan menenangkan kamu harus diam dan arah akan kamera HP ke objek. Tetap diam meskipun objek bergerak, namun kamu masih bisa menggerakkan kamera ke kanan atau ke kiri dengan posisi melingkar artinya kamu diam sebagai sumbu sebuah lingkaran sedang kamera kekanan dan kekiri adalah mengelilingi lingkaran dan usahakan pergerakannya jangan terlalu cepat.

4. Posisi kamera lebih rendah dari object

Mengambil video dengan posisi kamera lebih rendah dari objek misalkan kamu mengambil video manusia maka usahakan kamera lebih rendah dari pinggang manusia tersebut. Ini hanya sebuah opsi yang menurut penulis akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

Meskipun lebih rendah dari objek namun usahakan objek tetap terlihat baik. Tentu hal ini tidak berlaku jika kamu ingin merekam objek yang luas semisal pemandangan, pegunungan dan pantai.

5. Selalu akhiri dengan editing dan sentuhan sound yang menarik

Lakukanlah editing dari hasil video yang kamu ambil. Kombinasikan scene by scene dengan baik. Gunakanlah software software yang bisa menghasilkan rendering video dengan maksimal. Misal Premiere Pro, final Cut Pro atau kamu bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di smartphone yang tentu beragam namanya.

Kamu bisa mencarinya dengan melakukan pencarian di Google atau kamu bisa membaca artikel aplikasi terbaik untuk edit video di smartphone.

Itu dia 5 tips super profesional yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan video untuk channel YouTube menggunakan Smartphone semoga bermanfaat.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

3 Comments

6 aplikasi terbaik untuk edit video youtube di iPhone dan hasil menarik · April 2, 2017 at 9:43 am

[…] Untuk pengambilan video sebagai bahan untuk di edit kamu bisa membaca tips mendapatkan footage terbaik menggunakan smartphone. […]

7 accessories drone ini wajib dimiliki agar drone makin produktif · April 8, 2017 at 3:25 pm

[…] ini memungkinkan drone untuk melakukan maneuver dengan cepat. Gimbal adalah aksesori yang sangat efisien dan sangat dicari. Ketika menerbangkan drone tentu Anda ingin […]

Ini Dia 3 Drone untuk Kalangan Profesional dan Film Maker Kelas Dunia · April 8, 2017 at 3:32 pm

[…] Membuat sebuah film adalah salah satu hal yang sulit dilakukan, perlu pembelajaran dan juga banyak pengalaman untuk membuat film dengan kualitas yang tinggi. Selain memerlukan skill, dalam pembuatan film secara profesional diperlukan juga perlengkapan-perlengkapan untuk menunjang pengambilan gambar yang menarik sehingga dapat melengkapi sebuah film, salah satunya adalah drone. […]

Leave a Reply

Related Posts

accessories iPhone

Aksesoris, iPhone, Macbook dan HomeKit terbaik 2018

2018 akan menjadi tahun yang menarik karena CES yang saat ini sedang berlangsung di LA menampilkan dan memperkenalkan bermacam produk keren dan futuristic. Khususnya aksesoris iPhone dan rekan-rekannya seperti mac dan home kit. Mari kita Read more…

Android

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi MIX 2 indonesia

Sedang mencari handphone murah namun memiliki desain keren? kali ini kami menghadirkan MI Mix 2 indonesia. Ketika Mi Mix pertama rilis memang menawan dengan desain yang cantik, namun banyak yang bilang kalau ponsel tersebut terlampau Read more…

accessories iPhone

Beli aksesoris iPhone di Lazada apakah terpercaya?

Seperti yang saya posting kemarin bahwa apple telah bekerjasama dengan lazada dengan menjadikan lazada sebagai reseller resmi. Sehingga jika kamu membeli produk apple misal iPhone atau iPad akan dapatkan yang  asli. Meski demikian jangan sampai Read more…

%d bloggers like this: