Drone pada awalnya adalah alat yang dipakai oleh kalangan militer untuk mengintai musuh. Semakin lama, drone juga berkembang menjadi berbagai macam jenis dan berbagai macam fungsi.

Pesawat tanpa awak ini sekarang dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih luas, misalnya untuk dunia jurnalsitik atau fotografi. Drone dipakai untuk mengumpulkan data, pemetaan, memotret, hingga merekam video. Drone bisa juga dipakai untuk sarana distribusi yaitu mengirimkan barang dan makanan.

Kegunaan drone ini dapat berkembang tergantung siapa yang memakai. Untuk mengendalikan drone, diperlukan alat kontrol. Ada drone yang dikendalikan manual memakai remot kontrol. Akan tetapi ada pula drone yang sudah canggih dan dikendalikan semi otomastis memakai sistem algoritma yang ada pada unit kontrol drone.
Jika dulu drone hanya dipakai di kalangan tertentu, saat ini drone telah meluas penggunaannya. Sekarang drone sudah menjadi semacam trend di kalangan anak muda. Di tangan mereka, drone sudah beralih fungsi menjadi sarana menunjang hobi dan kesenangan seperti fotografi atau sinematografi. Apalagi buat yang hobi berpetualang, drone ini sangat bermanfaat.

Drone yang kini banyak dijual memiliki banyak jenis. Harganya pun berbeda-beda tegantung dari spesifikasinya. Dari tang harganya satu jutaan hingga ratusan juta, semuanya ada di pasaran.

merawat drone

Semua ahli berawal dari pemula. Untuk Kamu yang masih dalam tahap belajar mengoperasikan drone, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar drone yang dimiliki memiliki umur yang panjang. Cara merawat dan penggunaan yang benar akan membuat drone terhindar dari kerusakan dan tetap bisa dimainkan dalam waktu yang lama. Jadi, sebelum Kamu bermain-main dengan drone, sebaiknya Kamu mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk merawat drone agar awet.

Membuat drone berumur panjang sebenarnya bukan hal yang sulit jika Kamu mengetahui cara merawatnya. Selain cara perawatan dan pemakaian, drone yang Kamu miliki harus dibersihkan juga secara rutin. Bagian-bagian drone juga harus dicek untuk memastikan kondisinya masih baik-baik saja. Berikut ini  adalah beberapa hal yang bisa Kamu perhatikan.

  1. Baterai

Baterai adalah hal utama yang mesti diperhatikan dalam merawat drone. Jika Kamu tidak memakainya dalam waktu yang lama, katakanlah dua minggu, sebaiknya Kamu menyisakan kapasitas baterai sebanyak 50 persen.

Apabila Kamu sedang memakai drone, sebaiknya sisakanlah kapasitas paling tidak 30 persen. Dengan kata lain Kamu sebaiknya menggunakan kapasitas 70 persen untuk terbang. Apabila kedapatan baterai Kamu sudah terpakai 70 persen saat terbang, maka sebaiknya drone segera didaratkan.

Jika mengisi baterai, sebaiknya kapasitas juga Kamu isi sampai penuh. Hal ini dilakukan agar baterai memiliki daya hidup yang lebih lama. Ketika baterai Kamu cepat habis atau waktu pakainya tidak sesuai dengan spesifikasi, mungkin baterai Kamu mulai drop. Sekamuinya baterai Kamu sudah “hamil” atau dalam kondisi menggelembung, sebiaknya juga jangan digunakan lagi.

  1. Frame drone

Setelah dipakai, sebaiknya Kamu selalu mengecek kondisi fisik drone. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang parah. Jika ada kerusakan pada frame misalnya patah atau bengkok dengan mengeceknya secara berkala akan bisa segera diperbaiki.

  1. Baling-baling

Pada drone, bagian ini adalah bagain yang rentan mengalami kerusakan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Kamu memakai pelindung baling-baling agar ketika bersinggungan dengan benda lain tidak terjadi sentuhan secara langsung.

Perhatikan fisik baling-baling, apakah mengalami keretakan. Jika terkena tangan, baling-baling drone ini bisa membahayakan. Baling-baling ini cukup tajam sehingga bisa mengoyak kulit cukup dalam. Faktor keamanan ini juga perlu diperhatikan.

Pastikan selalu mengecek kondisi baling-baling sebelum Kamu mulai menerbangkan drone. Apabila  menemukan hal yang janggal pada baling-baling seperti keadaan melengkung, retak, tidak seimbang, atau lebih parah lagi-patah, ada baiknya segera mengurungkan niat terlebih dahulu untuk menerbangkannya.

Keadaan baling-baling yang tidak sempurna bisa mengakibatkan hal yang tidak baik pada drone. Resiko kecelakaan akan bertambah besar jika memaksakan menerbangkan drone dengan kondisi baling-baling yang bermasalah atau rusak. Drone bisa saja menjadi susah dikendalikan, mudah jatuh, menabrak pohon, bangunan, atau hal-hal lainnya karena berkurangnya keseimbangan. Jika baling-baling memang tidak bisa diperbaiki, sebaiknya baling-baling diganti dengan yang baru.

  1. Motor penggerak

Bagian motor penggerak pada drone ini sering kotor. Hal ini karena adanya debu yang menempel. Sebaiknya motor penggerak ini dibersihkan secara berkala karena debunya bisa menyebabkan gangguan pada pergerakan baling-baling. Bersihkanlah motor agar kinerja baling-baling bisa maksimal.

  1. Tempat menyimpan drone

Sebaiknya Kamu menyimpan drone di tempat yang jauh serta kering. Keadaan yang lembab atau mengandung air bisa menyebabkan terjadinya korosi di bagian rangkaian panel.

Itu tadi 5 perawatan sederhana yang akan membuat drone awet bertahun-tahun tanpa kamu sadari. Semoga artikel ini bermanfaat.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

5 Kesalahan Fatal dalam Mengoperasikan Drone yang Sering Dilakukan Para Pemula · April 8, 2017 at 3:27 pm

[…] pikiran untuk menggunakan trik-trik tersebut ketika akan mengendarai drone anda. Menggunakan trik pada saat kemampuan mengemudi drone anda yang masih kurang dapat menyebabkan drone anda mengalami kecelakaan. Pelajari dahulu teknik […]

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: