Membuat sebuah film adalah salah satu hal yang sulit dilakukan, perlu pembelajaran dan juga banyak pengalaman untuk membuat film dengan kualitas yang tinggi. Selain memerlukan skill, dalam pembuatan film secara profesional diperlukan juga perlengkapan-perlengkapan untuk menunjang pengambilan gambar yang menarik sehingga dapat melengkapi sebuah film, salah satunya adalah drone.

Drone yang merupakan sebuah robot terbang kecil yang dilengkapi dengan kamera merupakan robot yang bisa digunakan untuk mengambil gambar secara leluasa dari udara. Dengan penggunaan drone, anda bisa melengkapi film anda dengan scene dari atas udara jika diperlukan. Pada dasarnya drone yang digunakan untuk menyalurkan hobi dan drone yang digunakan untuk membantu dalam pembuatan film memiliki perbedaan, perbedaan tersebut antara lain adalah :

  • Drone untuk membuat film, biasanya hanya dapat digunakan untuk aplikasi yang spesifik
  • Memiliki kualitas kamera yang baik dan merupakan fitur utamanya
  • Memiliki waktu terbang yang lebih lama karena fungsinya sebagai alat pembuatan film
  • Memiliki berat yang ringan tapi terbuat dari bahan yang kuat.

Berikut ini adalah beberapa jenis drone yang bisa ada digunakan secara profesional dalam pembuatan sebuah video film.

DJI Inspire 1

drone murah untuk

Salah satu brand dari Drone yang sangat populer dalam dunia profesional adalah DJI. DJI mmeiliki cukup banyak jenis drone yang ditawarkan untuk pengguna drone profesional. Salah satu produk drone dari DJI yang cocok dan banyak digunakan dalam pembuatan film karena kualitas dan teknologi yang dibawanya adalah DJI Inspire 1. DJI Inspire 1 memiliki teknologi drone yang membuatnya mudah digunakan dan juga cocok untuk digunakan berkreatifitas.

Produk DJI Inspire 1 ini memiliki desain yang modern dan juga sangat ringan untuk diterbangkan, meskipun ringan, produk DJI Inspire 1 ini juga menjamin stabilitas dari produk ketika berada di udara. Untuk kameranya, DJI Inspire 1 dilengkapi dengan kamera 4K video dengan kualtias 12 MP. Memiliki gimbal dengan 3 Axis dan dapat berputar dengan range 3600. Spesifikasi yang dimiliki oleh DJI Inspire 1 ini membuatnya menjadi salah satu kamera untuk video film making yang sangat populer.

Parrot Bebob

Salah satu produk drone yang memiliki banyak penggemar karena fungsionalitasnya di dunia pembuatan film adalah Parrot Bebob. Parrot Bebob adalah sebuah produk yang drone yang memiliki desain yang rata antara baling-baling dan juga kameranya sehingga terlihat lebih slim. Perangkat ini memang di desain untuk pembuatan film dan juga video secara profesional.

Hal ini disebabkan karena kamera bawaan yang dimiliki oleh drone ini memiliki kemampuan untuk menangkap gambar dengan kualitas HD. Selain menawarkan kamera yang menghasilkan gambar yang HD, Parrot Bebob juga menawarkan keringanan. Berat dari drone Parrot Bebob ini hanya sekitar 400 gram saja karena dibuat dari bahan fiberglass.

Meskipun ringan, drone Parrot Bebob ini merupakan salah satu produk yang kuat dan juga aman baik untuk profesional atau untuk pemula. Kamera yang dimiliki oleh drone Parrot Bebob ini memiliki resolusi sebesar 14 megapixel dengan lensa yang lebar sehingga dapat menghasilkan gambar idaman untuk film yang akan anda buat. Selain itu, Parrot Bebob juga tahan terhadap gangguan debu dan juga percikan air sehingga anda tidak perlu takut jika tiba-tiba terjadi gerimis.

DJI Phantom 4

drone kamera

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa DJI adalah salah satu brand untuk filming Drone yang populer, salah satu produk drone yang dimiliki oleh DJI yang sangat cocok untuk membuat film adalah DJI Phantom 4. DJI Phantom 4 adalah sebuah drone yang dilengkapi dengan mode terbang yang beragam, hal ini membuat anda lebih mudah dalam memilih mode terbang yang anda inginkan.

Mode terbang ini ditentukan dengan kecepatan terbangnya apakah anda ingin drone terbang dengan cepat atau anda membutuhkan pergerakan film yang lebih lembut. Hal inilah yang menyebabkan DJI Phantom 4 menjadi salah satu drone yang pintar.

Sebuah drone yang digunakan untuk mengambil film tentunya harus memiliki waktu terbang yang lama seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk DJI Phantom 4 ini, anda bisa menerbangkan produk ini selama 28 menit. 25% lebih lama dari pada pendahulunya yaitu DJI Phantom 4 Professional.

Kamera yang dimiliki oleh DJI Phantom 4 ini mampu membuat gambar dengan kualitas yang dibuat dari kamera 12 megapixel sedangkan untuk video anda bisa mendapatkan video dengan kualitas 4 K pada 30 FPS. Semua gambar dan video yang dihasilkan oleh kamera DJI Phantom 4 ini memiliki kualitas Full HD.

Produk DJI Phantom 4 ini juga dilengkapi dengan gimbal dengan 3 axis yang membantunya tetap dapat menghasilkan gambar dengan pergerakan yang halus meski sedang bermanuver dengan gaya yang kompleks.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

2 Comments

5 Kesalahan Fatal dalam Mengoperasikan Drone yang Sering Dilakukan Para Pemula · November 7, 2016 at 8:47 pm

[…] berlaku untuk banyak hal tapi anda perlu hati-hati ketika kesalahan dilakukan ketika menggunakan drone. Seperti yang kita tahu, drone merupakan banda yang mahal harganya sehingga kesalahan dalam […]

Review Duo Drone DJI Terbaru Phantom 4 Dan Mavic · November 14, 2016 at 10:21 pm

[…] menginginkannya, maka bisa juga memiliki drone karena sering kali digunakan sebagai dokumentasi, perfilman, fotografi dan yang lainnya. Dan untuk sekarang ini drone sudah menjadi suatu mainan di kalangan […]

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: