Kesalahan memang merupakan guru yang paling baik untuk membantu kita menjadi sesuatu yang lebih baik di kemudian hari. Hal ini mungkin bisa berlaku untuk banyak hal tapi anda perlu hati-hati ketika kesalahan dilakukan ketika menggunakan drone. Seperti yang kita tahu, drone merupakan banda yang mahal harganya sehingga kesalahan dalam mengoperasikannya bisa menyebabkan anda menyesal di kemudian hari.

Oleh karena itu ketika anda akan mengoperasikan drone, lebih baik anda belajar dari kesalahan orang lain saja sebagai peringatan. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan pengguna drone yang sering terjadi dan dapat menyebabkan kerusakan pada drone anda.

merawat drone

Belajar dengan menggunakan drone yang mahal

Jika kita masuk ke dunia pengoperasian robot tanpa awak ini kita bisa mengetahui bahwa drone ada banyak jenisnya mulai drone yang digunakan untuk hobi dan juga drone yang digunakan untuk membuat film, keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda.

Harga drone yang digunakan untuk membuat film tentunya lebih mahal dari drone yang digunakan untuk menjalankan hobi anda. Jika anda baru akan masuk ke dunia hobi pengoperasian drone, maka ada baiknya anda melakuan suevey terlebih dahulu.

Survey ini digunakan untuk mencari drone yang cocok untuk belajar. Mengoperasikan drone bisa menjadi hal yang tricky sehingga ketika anda belajar mengoperasikannya ada baiknya anda tidak menggunakan drone yang memiliki harga yang mahal seperti drone dari DJI dari seri Phantom 4.

Hal ini digunakan untuk mencegah kerugian ketika anda lepas kendali pada drone anda. Jika anda lepas kendali lalu drone anda jatuh, anda tidak akan merasa terlalu kecewa karena harganya yang memang tidak terlalu mahal.

Memilih lokasi dan waktu tebang yang salah

Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan oleh pemula adalah memilih waktu dan juga lokasi terbang yang salah. Ketika anda akan belajar menggunakan drone ada baiknya anda memilih lokasi yang bebas hambatan. Lokasi yang cocok digunakan untuk bermain drone adalah lapangan atau halaman belakang rumah.

Menerbangkan drone di lokasi yang padat dengan objek akan membuatnya lebih mudah menabrak penghalang tersebeut. Selain itu pilihlah hari dan cuaca yang tepat ketika akan menerbangkan drone anda. Drone merupakan benda yang kecil dan ringan, menerbangkannya di cuaca yang buruk dan berangin kencang akan menyebabkan anda kesulitan untuk mengendalikan drone anda. Pada angin yang kencang, drone akan mudah terbawa angin dan lebih sulit dikendalikan.

Menggunakan trik terlalu cepat

Bagi anda yang ingin menjadi seorang penerbang drone yang mahir, jumlah latihan yang banyak akan membantu anda mendapatkan keahlian tersebut. Jika anda sudah pandai mengoperasikan drone dengan baik dan profesional, anda bisa menggunakan trik-trik unik untuk mengemudikan drone anda.

Tapi jika anda belum terlalu mahir sebaiknya hindari pikiran untuk menggunakan trik-trik tersebut ketika akan mengendarai drone anda. Menggunakan trik pada saat kemampuan mengemudi drone anda yang masih kurang dapat menyebabkan drone anda mengalami kecelakaan. Pelajari dahulu teknik dasar untuk menerbangkan drone, bermanuver, mengendalikan drone dengan baik pada saat terjadi perubahan orientasi dan masih banyak lagi.

Kurang Memahami drone yang anda miliki

Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka sulit untuk dikandalikan. Perkataan ini mungkin sangat cocok untuk anda yang sedang mencoba hal yang baru seperti mengendalikan drone.

Setiap drone memiliki spesifikasi yang berbeda, oleh karena itu sebelum anda mengendalikannya dengan lancar anda perlu mengenal drone anda terlebih dahulu. Baik dari spesifikasinya dan juga kemampuannya. Misalnya mengenai kecepatan dari drone, waktu terbang dan masih banyak lainnya.

Mengetahui waktu terbang sebelum drone kehabisan baterai merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah kecelakaan pada drone yang anda miliki. Misalnya berapa waktu yang anda butuhkan untuk menurunkan drone dari langit ketika baterainya hanya tinggal 5%. Dalam mengendarai drone, 30 detik waktu untuk mendaratkan drone merupakan waktu yang berharga. Jika anda salah mengestimasi waktu, hal ini akan merugikan untuk anda. Jika bisa selalu sediakan waktu sekitar 5 menit sebelum waktu terbang drone habis untuk menghindari kesalahan penghitungan waktu.

Mencoba fitur tambahan dari drone

Mencoba coba fitur baru memang merupakan salah satu hal yang menarik dan menantang untuk dilakukan. Apalagi fitur fitur yang disedikakan oleh penyedia perangkat yang memang digunakan untuk menarik minat dari para pembeli.

Salah satu fitur yang banyak diberikan pada produk drone saat ini adalah pengendalian dari ponsel. Banyak orang yang tertarik membeli drone karena hal ini. Padahal sesungguhnya penggunaan input seperti ini bisa menyebabkan lag gerakan dari drone yang bisa menjadi salah satu sumber masalah dalam penerbangannya. Untuk menghindari hal tersebut anda bisa menggunakan fitur altitude hold yang bisa gunakan secara manual.

Categories: DroneTerbaru

khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

Drone rusak? 3 hal yang harus dilakukan untuk menyelamatkannya · November 8, 2016 at 11:49 pm

[…] Lalu dengan penggunaan drone yang semakin popular ternyata membuat banyak pemiliknya menghadapi berbagai permasalahan terutama pilot pemula yang baru memiliki drone. Meski masalah pada drone bisa terjadi pada pilot pemula bahkan berpengalaman, tapi kesalahan bisa juga terjadi dari dalam drone itu sendiri. Masalahnya karena drone bukanlah barang murah, tentu Anda juga ingin drone kesayangan Anda  tidak berakhir di tempat sampah begitu saja. Untuk membantu mengatasi kerusakan pada drone. Berikut ini adalah tiga cara menyelamatkan drone rusak. […]

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: