Penggunaan drone  di Indonesia  bisa dibilang berkembang cukup pesat. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan drone yang semula digunakan untuk kebutuhan militer kini tidak lagi hanya digunakan untuk misi pengintaian, tetapi juga untuk pemotretan udara, pemantauan kabel listrik tegangan tinggi, penelitian karakteristik atmosfer untuk meteorologi,  pengawasan daerah perbatasan hingga kepentingan komersial seperti film/iklan.

menyelamatkan drone rusak

Lalu dengan penggunaan drone yang semakin popular ternyata membuat banyak pemiliknya menghadapi berbagai permasalahan terutama pilot pemula yang baru memiliki drone. Meski masalah pada drone bisa terjadi pada pilot pemula bahkan berpengalaman, tapi kesalahan bisa juga terjadi dari dalam drone itu sendiri. Masalahnya karena drone bukanlah barang murah, tentu Anda juga ingin drone kesayangan Anda  tidak berakhir di tempat sampah begitu saja. Untuk membantu mengatasi kerusakan pada drone. Berikut ini adalah tiga cara menyelamatkan drone rusak.

Berkonsultasi dengan Internet

Jika drone milik Anda baru saja jatuh, dan Anda cenderung memiliki antusiasme yang tinggi terhadap teknologi, mengapa tidak mencoba memperbaikinya sendiri?  Karena Anda cukup paham dengan perkembangan teknologi, maka coba gunakan channel YouTube untuk membantu Anda memperbaiki drone yang saja rusak.

Ingat bahwa Anda bukan orang pertama yang baru mengalami masalah pada drone bahkan sebagian orang diluar sana justru membagi pengalamannya untuk memperbaiki drone dengan cara membuat video yang menjelaskan bagaimana cara memecahkan masalah pada drone hanya dengan mengandalkan beberapa alat-alat rumah tangga.

Beberapa channel YouTube yang membahas tentang perbaikan drone memang berasal dari luar negeri, seperti iRepairMD,  Jack drone dan Drone Camps RC bahkan ada juga channel YouTube yang membahasnya dalam bahasa Indonesia, tapi mungkin jumlahnya tidak sebanyak  yang menggunakan bahasa asing.

Jika Anda tidak menemukan video yang bisa membantu Anda memperbaiki drone yang rusak, maka ada cara lainnya yang masih bisa dicoba yaitu dengan menggunakan media tulisan. Cobalah bergabung dengan forum pada website produsen drone serta komunitas online seperti DJI Phantom yang mungkin bisa membantu.

Kirim ke profesional

Jika Anda sudah berkutat dengan YouTube, Forum web, dan lainnya tetapi berakhir dengan hasil nihil, maka ini saatnya untuk memperbaiki drone Anda dengan bantuan  profesional. Namun, sebelum Anda berurusan dengan produsennya langsung, ada sebuah cara yang patut di coba, yaitu mencari toko perbaiki drone di kota Anda. Sebab dengan meningkatnya jumlah pengguna drone dalam beberapa tahun terakhir pada akhirnya membuat sebagian orang yang berpengalaman dari komunitas drone membuka toko perbaikan kecil.

Hal yang menarik dari hal ini tentulah fakta bahwa Anda tidak perlu mengirim atau membawa drone Anda jauh dari tempat tinggal Anda. Orang-orang yang menjalankan toko-toko perbaiki drone  umumnya adalah orang yang senang membantu orang lain dengan biaya yang tidak terlalu mahal dan mereka dengan senang hati mengajari Anda agar tidak mengalami masalah yang sama lagi. Bahkan melebihi semua itu, mereka adalah seorang pilot drone juga yang tentunya tidak ingin Anda melakukan sesuatu yang bodoh dan membawa perhatian negatif untuk hobi mereka.

Di Indonesia sendiri ada banyak toko penjualan drone yang juga menyediakan layanan perbaikan, dan Anda bisa juga mencari toko semacam ini dengan bantuan search engine karena beberapa toko offline juga melakukan penjualan secara online. Selain itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba meminta bantuan pada mahasiswa teknik yang memahami tentang robotika terutama drone.

Meski mereka belum digolongkan profesional, tapi setidaknya mereka memahami seluk beluk robotika jauh lebih baik dibandingkan Anda. Keuntungan lain memanfaatkan kemampuan mahasiswa ini adalah biaya yang jauh lebih murah, dan tentunya Anda membantu mereka untuk mempraktikan langsung pengetahuan mereka.

Produsen drone

Jika Anda sudah mencoba mencarinya dengan bantuan internet kemudian mendatangi toko perbaikan drone lokal dan tetap tidak bisa membantu juga, maka mungkin sudah saatnya untuk menghubungi produsen drone Anda. Hal ini dijadikan sebagai jalan terakhir karena  industri drone yang khusus menangani konsumen alias departemen layanan pelanggan memang dikenal kurang baik dari segi pelayanannya.

Seperti 3D Robotika yang membuat Solo dan IRIS drone yang harus memperbaiki  departemen layanan pelanggannya dan pihaknya juga sudah mengakui harus memperbaiki  layanan pelanggan drone ini.

Kemudian DJI yang membangun reputasi layanan pelanggan dengan disebut “fast, effective, professional, and quality after-sales service” namun faktanya konsumen harus menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan balasan dari pihak produsen. Meski produsen drone menjamin drone rusak akan kembali normal.

Tapi pilihan ini ada baiknya dijadikan jalan terakhir sebab dengan mencari cara lain setidaknya Anda menjadi tahu apa kesalahan yang Anda perbuat hingga terjadi kerusakan bahkan Anda tidak perlu merasa  kecewa di depan karena tidak mendapatkan balasan dari pihak produsen.

Categories: DroneTerbaru

khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: