Di jaman yang serba mobile rasanya sudah tidak aneh jika melakukan kegiatan yang biasa dijumpai pada komputer atau laptop kini bisa dilakukan di dalam smartphone. Khususnya untuk iPhone.

iPhone memiliki spesifikasi hardware yang terbilang tinggi jika dibanding dengan merek smartphone yang lain, untuk itu jika kamu memiliki iPhone maka untuk edit video menggunakannya adalah hal yang mudah.

Berikut dibawah ini adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan edit video yang akan kamu upload ke YouTube dengan hasil yang maksimal. Aplikasi aplikasi ini juga telah direkomendasikan oleh para teknokers dunia. Bukan hanya memiliki kualitas kinerja yang baik tapi juga hasil yang memuaskan selain itu juga user friendly yaitu mudah untuk digunakan.

aplikasi edit video di iphone

Aplikasi edit video di smartphoone

1. Imovie

Kamu akan dapatkan aplikasi ini gratis yang normalnya harus ditebus dengan harga Rp75.000 dengan syarat kamu membeli device Apple baik itu iPhone dan iPad baru.

Memang jika kamu membeli iPad atau produk apel yang lainnya kamu akan mendapatkan gratis berbagai macam aplikasi yang premium produk resmi Apple. Sehingga saya beranggapan imovie adalah aplikasi yang pasti akan kamu miliki jika kamu membeli device iPhone ataupun iPad baru.

Aplikasi yang baru mendapat update besar-besaran ketika iOS 9 meluncur memiliki banyak sekali kelebihan dan mempermudah kita untuk melakukan editing video menggunakan smartphone diantaranya adalah:

  • Interface yang sangat mudah digunakan, jadi kamu tidak membutuhkan latihan khusus untuk bisa menggunakan aplikasi ini.
  • Kemudian kemampuan untuk import Project Jika kamu menggunakan Mac. Kamu bisa melakukan inport project-project yang telah kamu kerjakan sebelumnya di komputer ataupun sebaliknya dari iPad ke Mac. Sehingga kamu dapat melanjutkan dan menyelesaikan Project edit video yang telah kamu lakukan.
  • Kemudian ada performa yang mengalami peningkatan. Tentu ini juga dipengaruhi oleh hardware yang digunakan yaitu tipe iPad atau tipe iPhone yang kamu miliki.
  • Timeline yang mengalami peningkatan sehingga mudah digunakan ini lebih mirip seperti Windows Movie Maker namun lebih lengkap dan modern.
  • Menu share ke media sosial yang tersedia untuk memudahkan kita untuk membagi video yang telah selesai kita gunakan khusus untuk versi 10.1 dan seterusnya.
  • Update-update yang sangat bermanfaat adalah multi touch gesture compatible impor dan ekspor iOS Project ke komputer MAC. iCloud stored sehingga kamu dapat menyimpan Project secara awan. Kemudian tool-tool yang sangat familiar.

2. Pinnacle studio pro

Sebelum saya menggunakan Adobe Premiere Pro untuk mengedit video pada komputer saya dahulu menggunakan beberapa software yang sangat simple diantaranya adalah pinnacle studio. Yang paling saya ingat adalah pinnacle 12. aplikasi ini  adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan selain karena menu-menu yang simple tapi juga menu yang disediakan Adalah menu-menu yang akan sering digunakan oleh para editor video.

Pun demikian dengan aplikasi versi tabletnya. Pinnacle Studio Pro ini juga memiliki penampilan yang sangat simple namun hasil yang didapatkan sangat memuaskan. Performa yang dihasilkan juga terbilang baik user interface aplikasi ini juga memiliki eksport dan share. Yaitu kita bisa melakukannya share ke media sosial dari video yang telah kita buat. Kemudian juga mendukung fitur Cloud storage namun bukan icloud. Cloud stored lainnya seperti Google Drive, dropbox dan onedrive.

3. LumaFX

Jika kamu menyukai video yang memiliki efek-efek menarik aplikasi ini adalah yang paling tepat untuk digunakan. Di sini banyak sekali efek yang besar yang bisa kammu sisipkan dan bisa kau gunakan untuk merubah tampilan dari video yang akan kamu edit. Sehingga video yang kamu hasilkan menjadi menarik.

4. Splice

Aplikasi gratis dan tetap gratis tanpa iklan. Hal ini mematahkan bahwa aplikasi iPhone kebanyakan berbayar. Jadi ada banyak aplikasi gratis di iOS dan bisa kamu nikmati tanpa hadirnya iklan yang menggannggu.

Easy sebab untuk kamu yang ingin cepat-cepat melakukan eksperimen edit video, aplikasi ini dapat melakukan tambah teks ke dalam video, menambah transisi antara video dan filter serta efek-efek yang sederhana. Kecepatan juga bisa kamu aja ubah misal kamuingin video berjalan lebih cepat ataupun berjalan lebih lambat. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini selain itu kamu juga bisa melakukannya dan memindahkan scene-scene ke berbagai posisi yang kamu inginkan dan satu lagi aplikasi ini tetap gratis dan tanpa iklan.

5. Adobe premiere clip

Membawa nama besar Adobe aplikasi Adobe Premiere clip hadir utnuk smartphone termasuk juga Android dan iPhone. Fitur yang diunggulkan dari aplikasi ini adalah creative cloud dapat melakukan editing dengan berbagai tools yang disediakan namun harus mengakses secara cloud.

Aplikasi ini tetap gratis untuk saat ini semua fitur yang dimiliki mirip seperti splice yang telah dijelaskan diatas. Namun interface yang berbeda serta Adobe ini memiliki interface yang lebih baik menurut saya meskipun hasil yang didapatkan dibilang sama.

6. Vidlab

Aplikasi ini gratis dan jika kamu ingin melakukan penambahan fitur dapat juga membelinya versi terbaik hanya dengan harga kurang lebih 2 dolar. Aplikasi ini memiliki kelebihan untuk melakukan edit video dan audio, menambahkan visual effect, menambahkan musik dari koleksi iTunes, menambahkan teks serta cotumize How you want it look. Artinya kustomisasi teks dengan mengatur dimana posisinya akan terlihat. Share hasil ke media sosial juga dapat menyimpan video ke media secara offline.

Itu dia aplikasi-aplikasi yang sangat bermanfaat dan bisa menjadi jembatan bagi kamu yang ingin menjadi youtuber sukses hanya bermodalkan smartphone Jangan mau ketinggalan untuk menjadi sukses karena ada banyak jalan untuk bisa sukses walau tanpa modal yang lengkap hanya menggunakan smartphone Kamu pun bisa mengambil bagian dari mudahnya mencari uang menggunakan YouTube.

Untuk pengambilan video sebagai bahan untuk di edit kamu bisa membaca tips mendapatkan footage terbaik menggunakan smartphone.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

Simpelnya cara record screen windows di windows 10 tanpa aplikasi, silakan simak · November 26, 2016 at 9:14 am

[…] itu kamu bisa melakukan editing di aplikasi edit yang kamu gunakan. Misalkan Premiere Pro atau video editing yang lain dan untuk filenya sendiri otomatis masuk ke dalam folder capture di bagian /this PC […]

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: