Simpelnya record screen windows di windows 10 tanpa aplikasi, silakan simak…

Ingin membuat video dimana kita melakukan kegiatan di dalam komputer lalu kita hendak merekamnya untuk kita jadikan sebagai bahan video tutorial yang akan kita share atau yang akan kita jual?

…maka itu kita membutuhkan sebuah software yang akan merekam aktivitas layar komputer Windows. Atau mungkin tanpa aplikasi ?

Ada puluhan software gratis maupun berbayar yang disediakan oleh pihak ketiga dan bisa berjalan serta kamu gunakan di dalam Windows. Namun, Tahukah kamu Jika  pengguna Windows 10 bisa melakukan tanpa bantuan software apapun alias sudah ada di dalam fitur yang disediakan oleh Windows 10?

recam screen wondows tanpa aplikasi

Ya… itu memang benar. Jika kamu pengguna windows 10 merekam aktivitas yang terjadi di screen komputer bisa dilakukan tanpa aplikasi.

Menyenangkan bukan setelah ini kamu tidak perlu lagi menggunakan software tambahan untuk merekam aktivitas yang terjadi di dalam layar komputer. Hal ini tentu saja tidak akan menambah space yang dibutuhkan untuk melakukan install aplikasi. Belum lagi jika aplikasi itu berbayar, biasanya aplikasi tersebut akan melakukan pembaruan purchase setahun sekali atau beberapa waktu yang ditentukan dan sekarang kamu bisa dapatkan itu dengan gratis simak carannya dibawah ini.

Merekam screen windows tanpa aplikasi di windows 10.

Untuk mengakses fitur tersebut memang tidak ada aplikasi khusus yang disediakan namun kamu dapat mengaksesnya melalui kombinasi tombol keyboard yaitu logo Windows ditambah dengan huruf G.

Pencet tombol tersebut secara berbarengan maka akan muncul game box yang menandakan beberapa fuction untuk melakukan perekaman game. … ya ini memang sebuah fitur yang disediakan untuk merekam aktivitas kita dalam bermain game namun hal ini juga bisa kita manfaatkan untuk merekam aktivitas lain selain bermain game.

Siapapun kamu setelah GameBox dengan berbagai fungsi untuk merekam aktivitas layar Windows tersebut muncul, dipastikan bisa mengoperasikan aplikasi tersebut tanpa harus dilakukan panduan. Namun untuk lebih jelasnya beberapa fungsi dapat kamu lakukan dengan cepat dengan kombinasi keyboard misalnya adalah Windows ditambah ALT dan tambah huruf R, shortcut tersebut adalah untuk melakukan recording ataupun menghentikan dicording.

game box

Setelah itu kamu bisa melakukan editing di aplikasi edit yang kamu gunakan. Misalkan Premiere Pro atau video editing yang lain dan untuk filenya sendiri otomatis masuk ke dalam folder capture di bagian /this PC /videos/chapture ada di situ semua secara default.

Bagaimana jika windows tidak support?

Ada beberapa alasan kenapa cara diatas tidak bekerja pada komputer Kamu.

Yang pertama adalah versi dari Windows 10 Kamu adalah versi lama jadi untuk bisa menikmatinya kamu harus melakukan update ke dalam build 10240. Setelah itu kamu bisa menggunakan fitur di atas.

Yang kedua bukan windows 10 atau  misalkan Windows XP, Windows Seven ataupun Windows 8. Jika hal itu yang terjadi maka ada dua pilihan pertama kamu harus melakukan upgrade sistem operasi atau kamu harus menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia baik secara gratis ataupun berbayar.

Untuk pilihan aplikasinya adalah sebagai berikut:

Aplikasi gratis rekam screen windows

  1. icescream Screen Recorder, ini software gratis yang bisa kamu gunakan untuk melakukan capture terhadap webinar, video call, conference, gameplays dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi ini akan melakukan atau menghasilkan output berupa MP4, mkv atau WebM format. Aplikasi ini juga kompatibel dengan audio recording, support juga untuk melakukan corat-coret saat melakukan perekaman, pengaturan terhadap shortcut-shortcut. Dapat juga menyimpan screenshot berupa gambar JPG ataupun png dan kemudian bisa mengakses Project history sehingga bisa dengan mudah untuk kembali ke project sebelumnya.
  2. Ezvid video maker, software ini juga gratis dan memiliki kelebihan auto save video, membuat slide show, merekam audio dan voice synthesis. Dapat corat-coret juga drawing when recording video, ada fitur upload ke Youtube secara langsung dan masih banyak yang lainnya.
  3. Atomy active presenter, ini aplikasi gratis namun dapat melakukan rekam dengan kualitas yang sangat baik. Tidak ada Watermark dan tidak ada limit record panjangnya waktunya meskipun itu adalah free user. Menggambar saat proses perekaman atau istilahnyanya corat-coret, tambahkan juga Effect dan shadow . Menambahkan transisi effect, menambahkan foto dan annotation. Dapat melakukan editing video menambahkan volume level, menambahkan blur dan banyak sedikit efek lainnya. Kemudian output dari aplikasi ini adalah MP4, flv, Avi, wmv, WebM & MKV.
  4. Screenpresso aplikasi dapat merekam dan menghasilkan output dengan kualitas High Definisi. Beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi ini adalah merekam audio, Quick Access, labeling, shotingan, editing capture, manage workspace dan library. Dapat juga melakukan upload secara langsung email, Evernote, Google Drive, onedrive, Facebook, Twitter, Dropbox dan banyak lainnya.

Aplikasi berbayar rekam screen windows

Untuk aplikasi perekam layar Windows yang berbayar kami merekomendasikan camtasia. Ini adalah aplikasi yang dari dahulu banyak dikenal oleh pembuat tutorial. Selain sebagai perekam layar ini juga menjadi editor yang handal. Kamu dapat melakukan import footage kemudian editing dan hasilkan video dengan kualitas terbaik. Video yang dihasilkan pun tergolong kedalam video yang eye catching atau nyaman untuk dilihat dan cara kerjanya hanya drag and drop. Kamu dapat mengatur sound menambahkan animation background dan banyak lainnya.

Itu dia tips untuk hari ini. sepertinya merembet kemana-mana dari yang tadinya hanya ingin membahas mengenai fitur tersembunyi dari Windows 10 yaitu merekam screen Windows tanpa menggunakan aplikasi. Sampai merambah ke aplikasi aplikasi yang bisa digunakan Jika kamu menggunakan Windows selain Windows 10 build 10240.

Saya harap setelah hari ini setelah membaca artikel ini kamu bisa mempraktekannya untuk merekam aktifitas layar komputer kamu selama bermain game , melakukan proses instal aplikasi ataupun merekam kegiatan kamu dalam berselancar di dunia maya. Kemudian setelah itu kamu melakukan editing dan kamu share di YouTube. Semoga bermanfaat terimakasih.

 


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

5 Cara pintar agar lebih produktif dalam menggunakan laptop · March 24, 2017 at 3:15 pm

[…] Record layar windows tanpa aplikasi pihak ke tiga : simak lebih lengkap caranya disini. […]

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: