Perkembangan teknologi yang tidak terbendung di satu sisi membuat banyak orang tua khawatir dengan perkembangan buah hatinya. Dampak buruk penggunaan teknologi selalu terbayang yang membuat orang tua tidak mengizinkan anak menggunakan gadget. Padahal tidak selamanya gadget berdampak buruk untuk anak. Dengan 6 aplikasi berikut ini, perkembangan otak buah hati Anda justru dapat dirangsang untuk semakin berkembang dan cerdas.

aplikasi untuk anak

  1. Duolingo

Kemampuan berbahasa juga menjadi bagian dari kecerdasan otak yang tidak boleh diremehkan. Sejak kecil kemampuan berbahasa ini harus dilatih sehingga anak memiliki kosakata cukup banyak untuk menyusunnya menjadi kalimat yang digunakan berkomunikasi dengan orang lain. Rangsang kemampuan berbahasa buah hati Anda dengan aplikasi terbaik iOS seperti Duolingo yang memiliki tampilan menarik sehingga menyenangkan dibuat belajar anak.

Aplikasi Duolingo ini akan mengajarkan kemampuan berbahasa terutama bahasa asing seperti bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman dan Portugis. Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah sehingga buah hati Anda akan belajar dengan senang. Belajar bahasa dengan Duolingo dilakukan dengan menerjemahkan kosakata bahasa asing yang selalu muncul. Aplikasi Duolingo ini tersedia gratis untuk menunjang belajar bahasa semakin menyenangkan.

  1. Kindle

Merangsang perkembangan otak anak tidak hanya dapat dilakukan dengan aplikasi permainan strategi hingga tebak gambar atau benda. Namun juga dapat dilakukan dengan mengajari anak sejak dini untuk senang membaca buku. Banyak hal yang bisa diberikan buku saat dibaca buah hati Anda. Buku berisi gambar-gambar menarik penuh warna yang dapat membantu anak melakukan identifikasi warna. Selain itu buku juga menyimpan wawasan yang mudah diingat anak.

Kindle merupakan aplikasi yang tepat untuk merangsang kemampuan anak membaca. Tersedia banyak buku-buku favorit khusus untuk anak. Dengan aplikasi Kindle ini, Anda akan merasa memiliki sebuah perpustakaan yang berisi buku-buku khusus untuk buah hati Anda. Untuk mencari buku-buku favorit anak juga sangat mudah dilakukan tinggal mengetikkan kata kunci pada kotak search. Selanjutnya buku-buku favorit buah hati Anda akan muncul dan siap membuatnya penasaran.

  1. How to Make Origami

Siapa bilang keterampilan origami hanya diperuntukkan untuk orang dewasa? Tahukah Anda jika origami juga sangat disarankan untuk digunakan sebagai permainan anak dalam rangka merangsang perkembangan kecerdasan otaknya. Diindikasi permainan origami ini akan menjaga keseimbangan fungsi otak kiri dan kanan. Dengan kata lain, bermain origami akan membuat kecerdasan otak kanan dan kiri buah hati Anda semakin terlatih.

Aplikasi How to Make Origami ini akan memberikan permainan membuat origami yang orang tua perlukan untuk belajar bersama anak. Dengan How to Make Origami ini, Anda bisa mendampingi buah hati belajar origami. Bermain untuk membuat sebuah obyek dari kertas lipat atau kertas origami. Anak bisa belajar untuk melipat dan membuat banyak obyek berbeda-beda sesuai dengan keinginannya. How to Make Origami ini tidak hanya membuat kecerdasan otak anak berkembang namun juga mengikat kedekatan orang tua dan anak.

  1. ColorDiary

Perkembangan otak buah hati Anda tidak hanya dapat dirangsang dengan aplikasi pembelajaran saja. Namun juga dapat dilatih dengan aplikasi bermain sekaligus mengedukasi seperti ColorDiary. Aplikasi yang satu ini akan melatih kecerdasan otak anak dengan cara melakukan coloring atau mewarnai beberapa sketsa atau gambar yang disediakan. Selain kecerdasannya terlatih, dengan mewarnai daya kreasi anak juga semakin berkembang.

ColorDiary merupakan aplikasi mewarnai untuk anak-anak yang tersedia di ponsel pintar dengan sistem operasi iOS. Aplikasi ini bahkan memiliki hingga 100 sketsa yang dapat diwarnai atau dilukis oleh buah hati Anda. Tidak hanya mewarnai saja, namun buah hati Anda bebas menentukan palet warna yang dia pilih. Selain daya kreasi anak melakukan kombinasi banyak warna, ColorDiary juga akan melatih kesabaran dan ketelatenan anak untuk menyelesaikan gambarnya.

  1. Belajar bentuk dan warna dengan Laugh and Learn

Untuk membuat kecerdasan anak semakin berkembang, melatihnya dari berbagai sisi sangat dianjurkan. Hanya melatih kecerdasan anak dari satu sisi saja semisal kecerdasan angka saja, justru akan membuat anak tidak berkembang. Sehingga Anda sebagai orang tua harus pandai memilih berbagai macam aplikasi yang dapat melatih banyak sisi kecerdasan anak. Laugh and Learn akan melatih kecerdasan anak dengan membantunya mengenali berbagai bentuk juga warna.

Untuk mengidentifikasi bentuk, Anda tidak bisa melatihnya hanya dengan melihat saja atau melalui identifikasi mata. Namun Anda juga harus melatihnya dengan melakukan identifikasi melalui lisan. Sehingga saat anak bermain Laugh and Learn, dirinya tidak hanya sekedar melihat namun juga bisa menyebutkan berbagai macam bentuk yang ada di depannya. Laugh and Learn juga akan membantu anak mengenali warna-warna dari bentuk yang ada di hadapannya.

  1. Hide and Seek

Permainan Hide and Seek ini tidak hanya menjadi permainan yang menyenangkan untuk anak. Namun juga akan menjadi media belajar yang sangat menyenangkan sekaligus mampu merangsang kecerdasan otak anak. Dengan Hide and Seek ini, anak tidak hanya akan merasakan serunya bersembunyi dan mencari. Buah hati Anda juga akan belajar berbagai macam nama benda hingga belajar menghitung pemula.

Untuk memastikan buah hati Anda bisa bermain Hide and Seek ini, sebaiknya orang tua selalu mendapingi saat pertama kali mencoba. Dari cara Anda bermain, anak akan belajar untuk meniru dan berpikir mandiri sehingga bisa bermain Hide and Seek secara mandiri. Anda dapat membantunya mengidentifikasi nama-nama benda yang masih asing bagi anak sampai dia bisa mengenalinya sendiri. Selanjutnya anak juga akan belajar berhitung permulaan lebih mudah dan menyenangkan dengan Hide and Seek ini.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: