Bisakah melakukan transfer file dari iPhone ke memori eksternal seperti USB, micro SD atau SDH card?

Kali ini kita akan membahas secara detil. Mengingat hal ini adalah sesuatu yang sangat menarik. Kenapa? karena pengguna Android dapat melakukan hal itu dengan mudah hanya tinggal tancapkan sebuah flashdisk yang memiliki koneksi OTG seketika transfer file dari smartphone Android ke memori eksternal tinggal cut dan paste.

Dengan fungsi OTG ini, iPhone kamu dapat dimaksimalkan memorinya. Semisal memori iPhone kamu penuh dengan foto dan video maka dengan adanya fitur OTG ini kamu bisa memindahkan semua media ke dalam flashdisk atau memory external.

Fitur ini juga sangat bermanfaat bagi pengguna iPhone dengan memori yang kecil semisal memori 16 gigabyte. Kita tahu bahwa memori 16 gigabyte hanya mampu menampung beberapa foto dan video karena ruang tersebut sudah diisi oleh sistem dan aplikasi aplikasi yang terinstal.

iPhone dan iPad bisa OTG

Meskipun bekerja dengan cara yang berbeda dengan Android nyatanya iPhone dan iPad dapat menerima fungsi OTG tersebut. Jadi jika kamu pengguna iPhone atau iPad kamu bisa memanfaatkan fitur ini namun pin-nya harus menyesuaikan kalau misalkan di Android kamu menggunakan pin yang yuniversal namun jika dia iPhone kamu harus menggunakan flashdisk yang memiliki koneksi lighting. Atau jika kamu pegguna iPhone versi 4 maka sesuaikan pinnya.

Beberapa memori eksternal yang support OTG untuk iPhone atau iPad biasanya dia menyediakan tiga buah koneksi satu koneksi untuk iPhone atau iPad kemudian satu koneksi untuk USB komputer dan satu lagi untuk Android. Jadi Three in One. Lihat Contohnya seperti dibawah ini:

card reader untuk iphone

Harga USB OTG untuk iPhone

Bukan rahasia lagi bahwa setiap aksesoris yang berhubungan dengan iPhone pasti akan memiliki harga yang mahal termasuk juga dengan USB OTG ini. Rata-rata dibandrol dengan harga diatas Rp100.000. Meskipun ini hanya sebuah cardrider.

Cardrider untuk iPhone itu artinya dalam perangkat ini belum memiliki memori dan jika kamu ingin menambahkan memory harus merogoh kocek lagi untuk membeli SD card atau memori internal lainnya yang didukung oleh perangkat tersebut.

Dalam pencarian yang saya lakukan harga paling murah yang dapat saya temui adalah sekitar Rp80.000 namun saya lebih menyarankan untuk membeli yang saya sarankan dibawah ini karena dia tidak memerlukan update frimware dan semacamnya sehingga lebih simple dan tidak bikin pusing.

Beberapa produk dengan harganya adalah dibawah ini kamu bisa langsung melihat detailnya apa bisa langsung membelinya.

  1. iReader 3 in 1 untuk iPhone , android dan PC
  2. iReader 3 in 1 with SDHC slot
  3. Sandisk OTG for iPhone 16GB

Jika dirasa harga masih terlalu mahal silakan hubungi kami untuk bisa mendapatkan discount pada toko online tersebut.

Cara penggunaan

Sebenarnya ketika kamu melakukan pembelian terhadap salah satu produk di atas telah disertai dengan buku panduan namun terkadang kita itu malas untuk membaca buku panduan dan lebih menyukai melihat referensi di internet. Untuk itulah saya akan mencoba meresume semua yang ada dan saya mencoba menjelaskan. Kurang lebihnya langkah yang penting dan harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Caranya sangat mudah pertama Silahkan buka kemasan lalu hubungkan perangkat dengan iPhone atau iPad namun jika yang kamu beli adalah sebuah card reader maka pastikan telah diisi dengan memory card atau micro sd card.

Setelah itu akan muncul pop-up di iPhone atau iPad untuk menginstal aplikasi maka Silahkan pilih install dan menuju ke App Store.

Itu aplikasi official dari setiap perangkat yang kamu beli. Setelah aplikasi terinstall maka Setiap perpindahan file dari foto ataupun video adalah melalui aplikasi tersebut. Jadi jika kamu ingin memindahkan foto dari galeri ke memori eksternal harus melalui aplikasi tersebut dan Silahkan pilih pada tab Iphone pilih medianya kemudian dicopy dan Letakkan di dalam memori eksternal.

Tidak banyak kontrol yang bisa kita dapatkan dari aplikasi tersebut sehingga ketika kita akan menghapus beberapa media yang telah kita copy kita harus keluar dari aplikasi dan menuju ke galeri iphone, baru di situ kita bisa menghapus media yang telah kita copy.

Untuk caranya yang lebih lengkap Salah satu perangkat tersebut telah kami gunakan dan kami merekam dalam sebuah video dibawah ini semoga bermanfaat. Demikian posting kami untuk hari ini Terima kasih.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

Ajaib memori external untuk iPhone Up to 64Gb backup seluruh foto video · March 25, 2017 at 9:08 am

[…] Sama seperti yang akan saya bahas kali ini. Sebuah produk USB OTG untuk iPhone. Karena memang iPhone dan iPad support OTG. […]

Leave a Reply

Related Posts

Speaker portable

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan. Sedang mencari speaker yang mudah di bawa-bawa kemudian memiliki batrey yang bisa di isi ulang dan wireless? Artikel kami kali ini akan mengajak kamu memilih Read more…

Speaker portable

5 pilihan speaker bluetooth portable anti air untuk traveller terbaik saat ini

5 pilihan speaker bluetooth portable untuk traveller dan anti air terbaik saat ini. Jika kamu termasuk orang yang menyukai bepergian di setiap hari libur maka kali ini kami memiliki gadget yang pantas di beli dan Read more…

Apple

iPhone X : Kelebihan dan kekurangan dan semua yang harus kamu tahu

iPhone X kini telah beredar setelah awal bulan nobvember 2017 kemaren di pasarkan. Meski telah di kenalkan sejak september namun pengapalan di pasar baru dimulai bulan ini. Apakah kamu termasuk yang sudah mencoba dan memilikinya? Read more…

%d bloggers like this: