5 Cara pintar agar lebih produktif dalam menggunakan laptop.

Jika saat ini kamu memiliki sebuah laptop untuk melakukan aktivitas, Apakah itu sudah produktif digunakan atau palah hanya sebagai barang milik yang tidak memiliki nilai guna?

…nah artikel ini akan memberikan gambaran dan petunjuk bagaimana menggunakan sebuah laptop agar lebih produktif. Produktif sebagaimana fungsi dari sebuah laptop itu sendiri.

Pertama, laptop memiliki fungsi sebagai alat operasional di sebuah kantor, kemudian operasional utama bagi kamu seorang penulis, sebagai alat mengolah gambar bagi kamu seorang video editor atau fotografer, dan sebuah alat monitor bagi kamu seorang yang bergelut di dunia saham.

Beberapa cara di bawah ini adalah pengalaman pribadi dan beberapa  pengamatan di lapangan.  Berbagai macam profesi akan sangat terbantu dengan adanya tips-tips dibawah ini. Berikut adalah 5 cara pintar agar lebih produktif dalam menggunakan laptop:

Tips lebih produktif menggunakan laptop

1.Gunakan Dua Layar

Jika kamu belum mengetahui bahwa sebuah laptop dapat digunakan atau disambungkan lebih dari satu layar, maka cara kerja ini sama seperti jika kamu menggunakan proyektor di tempat kerja untuk melakukan presentasi.

Yes… itu adalah gambarannya.

Berangkat dari situ, kita juga bisa mengganti proyektor dengan monitor komputer atau bisa juga menggunakan TV yang memiliki koneksi HDMI ataupun memiliki koneksi VGA.

Jika ternyata koneksi tersebut tidak tersedia bisa juga kamu menggunakan converter untuk melakukan konversi dari koneksi laptop ke koneksi TV di rumah.

Bahkan bukan hanya dua monitor, kamu bisa menggunakan menjadi 3 monitor atau lebih dengan beberapa bantuan hardware yang bisa Kamu beli di toko komputer.

Namun tanpa melakukan modifikasi yang lebih membeli hardware tambahan kamu tetap bisa menyulap laptop kamu menjadi tiga atau dua monitor.

Disini saya akan mencoba merekomendasikan untuk tetap menggunakan dua monitor yang satu adalah monitor laptop itu sendiri dan yang satunya adalah monitor tambahan.

Mengapa hanya dua? karena ini adalah yang paling memungkinkan di lakukan semua orang.

Bagaimana jika kamu ingin menggunakan 3 monitor? Bisaaa

Yang pertama adalah satu monitor laptop, kemudian satu monitor tambahan itu dihubungkan dengan koneksi VGA, kemudian monitor yang lainnya kamu bisa menggunakan HDMI. Namun saya tidak menjamin setiap laptop akan mensupport hal ini akan tetapi jika menggunakan 2 monitor saya bisa menjaminnya bahwa setiap laptop kompatibel dengan hal tersebut.

Sampai disini bisa dipahami mengenai penggunaan 2 layar untuk meningkatkan produktivitas kan ?

…dimana satu monitor adalah monitor laptop itu sendiri dan satu monitor adalah monitor tambahan yang dikoneksikan dengan koneksi HDMI atau menggunakan VGA konektor.

Bagaimana cara menggunakan 2 monitor ini akan lebih produktif?

…yang pertama adalah monitor laptop biasanya saya gunakan untuk browsing File atau yang berhubungan dengan stored file penyimpanan dan lain-lain, lalu kemudian untuk yang monitor kedua saya gunakan untuk main application misalkan saya mengetik naskah maka di monitor kedua ini saya Buka Microsoft Word atau misalkan Saya sedang mengedit video maka di monitor kedua ini saya buka Adobe Premiere Pro.

Syaratnya hanya satu, setting harus kamu lakukan adalah memilih extend monitor pada settingan Windows nya. Silahkan tekan tombol Windows dan huruf P maka akan muncul pilihan yang harus kamu lakukan.

Atau kamu juga bisa melakukan Klik Kanan pada desktop lalu pilih display properties dan situ kamu akan menemukan setting dan pilih display setting untuk setting  apakah akan extend ataukah duplicate.

Nah untuk hal ini Saya menyarankan untuk di extend sehingga monitor Yang kedua ini adalah terusan dari monitor pertama.

satu laptop dua monitor

2. Dua layar monitor ultra wide

Jika dua layar masih terasa kurang kamu bisa menggunakan alternatif layar kedua ganti menggunakan monitor dengan tipe ultra Wide yang memiliki aspect ratio 21 :9. Itu akan membuat layar kedua bisa digunakan untuk 2 display.

…maksudnya adalah di layar kedua ini kamu bisa membaginya menjadi dua layar lagi istilahnya kamu bisa memiliki 3 buah full tampilan Windows hanya menggunakan 2 monitor.

Yang Pertama monitor laptop kamu bisa gunakan untuk browsing file dengan full tampilan kemudian di monitor yang Kedua kamu bagi menjadi dua dan masing-masing bisa memiliki tampilan yang full juga karena ini adalah monitor Ultra Wide.

Dimana normalnya Ultra wide ini biasanya digunakan untuk memutar video-video yang sinematik sehingga terlihat lebih panjang dan jika digunakan untuk melakukan aktivitas harian untuk membuka Microsoft Office, Microsoft Word maka monitor panjang ini akan terlihat berlebihan untuk itulah kamu harus membaginya menjadi dua bagian. Pertama untuk Microsoft Word dan sebelahnya bisa digunakan untuk Microsoft Excel.

Namun untuk monitor Ultra wide ini akan sangat membantu jika kamu melakukan editing video atau melakukan aktivitas grafis yang lain seperti 3D modeling. Karena dengan monitor yang panjang akan membuat seluruh tool yang disediakan oleh software terlihat dengan jelas tanpa tersembunyikan.

ultra wide.jpg

3. Gunakan SSD

Saya sudah menulis beberapa artikel yang menjelaskan bahwa peforma dari sebuah SSD adalah berlipat-lipat dari hardisk konvensional. Untuk itu menggunakan SSD adalah sesuatu yang sangat disarankan untuk meningkatkan produktivitas dari sebuah laptop.

Kecepatan dari proses yang dilakukan oleh laptop akan meningkat sampai puncak 500% dan tentu kecepatan seperti itu akan membuat kamu lebih efisien dalam menggunakan laptop.

Beberapa artikel mengenai SSD adalah sebagai berikut:

  1. Beda SSD dengan HDD
  2. Cara mengatasi laptop lemot dengan SSD

Beberapa hal yang menyebabkan SSD sangat memiliki perbedaan yang besar dibanding hardisk konvensional adalah karena SSD tidak memiliki perangkat yang bergerak tapi murni sebuah papan elektronik yang mampu menampung dan menyimpan file yang harus segera digunakan untuk proses perhitungan komputer.

SSD ini biasanya digunakan untuk menyimpan file system atau drive C: namun tidak menutup kemungkinan jika memang ruang yang tersedia dari SSD  tersebut lumayan besar maka SSD pun bisa digunakan sebagai media penyimpan pengganti harddisk konvensional.

4. Gunakan Windows 10

Sejujurnya Selama saya menggunakan Windows baik desktop ataupun laptop Windows 10 adalah Windows yang paling produktif dalam berbagai hal.  Selain itu Windows 10 juga memiliki tampilan yang jauh lebih baik dari Windows sebelumnya meskipun masih memiliki beberapa isu yang harus dibenahi oleh Microsoft seperti masalah privasi yang lebih mirip seperti sistem operasi Apple.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang membuat Windows 10 sangat produktif:

  • Snap View : Kamu dapat membagi layar windows menjadi beberapa bagian dengan setiap bagian. Hal ini akan sangat bermanfaat karena kita tidak perlu melakukan minimize dan sebagainya.
  • Virtual Desktop: Jika kamu mengetahui Ubuntu dan sistem operasi linux lainnya tentu sudah akrab dengan yang satu ini. Dengan virtual desktop kamu seolah memiliki jumlah komputer yang tak terbatas. Semisal kamu menambah satu virtual komputer lagi yang menjalankan aplikais yang bermacam-macam dan berbeda dengan komputer utamanya.
  • Record layar windows tanpa aplikasi pihak ke tiga : simak lebih lengkap caranya disini.
  • Cortana: dengan cortana kamu bisa melakukan bermacam kegiatan dengan komputer kamu hanya menggunakan perintah suara.
  • Dan masih banyak lainnya

5. Gunakan wireless conection

Kabel yang berseliweran akan sangat mengganggu sekali untuk kita bisa melakukan pergerakan secara bebas. Solusi yang paling tepat yaitu menggunakan koneksi wireless.

…ini bermacam-macam semisal keyboard wireless, mouse wireless, modem wireless, router wireless, speaker wireless , headset wireless dan semua itu sudah tersedia di pasaran dengan harga yang bermacam-macam. Hal ini saya lakukan karena sangat membuat ruangan dan meja kerja menjadi simpel dan terlihat bersih.

Demikian tips agar laptop kamu menjadi lebih produktiv.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

Laptop vs Desktop: Mana yang Anda Butuhkan? · April 23, 2017 at 1:44 am

[…] Untuk mengetahui petunjuk membeli laptop silakan baca cara membeli laptop sesuai kebutuhan. […]

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: