Akhirnya minggu kemarin saya berhasil membawa Hero 5 Black dalam koleksi kece. Seperti diketahui bahwa Hero 5 adalah termasuk jajaran Kamera aksi atau action Camera yang baru saja dirilis oleh GoPro.

Selain ada Hero 5 Black ada juga Hero 5 session yang turut mengiringi dan memasuki persaingan pasar. Memang untuk saat ini Gopro Masih belum memiliki saingan yang sepadan dalam Lini action camera, sehingga Gopro masih menjadi pilihan bagi mereka yang menghendaki kamera action mumpuni.

Gopro 5 Black ini adalah Action Cam pertama yang saya miliki karena saya belum pernah membeli Action Cam merek lain ataupun GoPro seri sebelumnya. Hal itu di sebabkan karena saya berfikir  belum begitu membutuhkan kamera aksi seperti ini. Namun karena saya memiliki rencana untuk jalan-jalan ke Labuan Bajo di bulan April nanti, Sepertinya saya harus Mulai mengumpulkan senjata untuk bekal perjalanan ke sana.

Sekarang saya memulai dari camera action GoPro mungkin untuk yang berikutnya saya merencanakan untuk membeli Drone kalau memang memiliki cukup tabungan. heee


Kenapa pilihan jatuh ke GoPro Hero 5 Black ?

…ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan Ketika saya memilih untuk membeli kamera aksi. Awalnya saya ingin membeli kamera aksi yang biasa-biasa saja semisal harga satu jutaan namun ketika saya meneliti lebih jauh, ternyata banyak sekali kemungkinan menyesal ketika membelinya. Seperti tidak water resistant kemudian kualitas gambar serta kemungkinan awet atau tidaknya dari kamera aksi tersebut.

Dari situ Akhirnya saya menentukan pilihan akan membeli Action Cam yang berkualitas dengan harga diatas Rp2.000.000. Pilihan itu jatuh ke beberapa merek dan beberapa tipe diantaranya adalah Gopro 4, GoPro 4 session, YI 4K , Gopro 5 sesson dan terakhir Gopro Hero 5 Black.

Saya memulai terlebih dahulu dari  Gopro seri lawas yaitu GoPro session dan GoPro 4. Finally keduanya tidak saya pilih.

Kenapa keduanya tidak saya pilih, meskipun harga  GoPro session sendiri itu sudah menyentuh angka 3 juta rupiah yang artinya jauh lebih murah dari ketika pertama muncul dan tidak terlalu jauh dari budget?

Adapun GoPro 4 masih tetap pada harga yang tinggi itu Rp5.400.000.

Beberapa hal yang membuat saya tidak memilih keduanya adalah image stabilizer yang masih belum sempurna serta pilihan kualitas gambar yang dihasilkan. Dari situ saya berpikir bahwa perbedaan harga yang tidak begitu jauh namun kemampuan yang dihasilkan sangat berbeda.

Saya juga melihat beberapa review di YouTube dan di website mengenai perbedaan antara keduanya yaitu antara GoPro session dan GoPro 4, di mana GoPro Hero 5 Black mampu berada di Tahta paling atas antara seri-seri sebelumnya walau dengan harga yang tidak terpaut jauh.

Selain hal diatas GoPro Hero 5 Black dapat mengambil gambar 4K meskipun saya yakin itu jarang saya gunakan. Tapi fitur tersebut hanya sebagai sebuah investasi jangka panjang. Dan saya tetap memilih ini sebagai sebuah kelebihan tersendiri.

Sekarang saya telah mengeliminasi GoPro session dan GoPro 4. Kini tibalah saya untuk lihat yang lain yaitu  Gopro 5 sesson.

Pertama dari GoPro 5 session Saya tidak menyukainya karena tidak memiliki layar serta harganya yang terlampau mahal jika di banding gopro 5 Black. Alhasil Gopro 5 sesson tidak saya pilih.

Sekarang sampai pada pertengahan yang sangat sengit yaitu antara GoPro 5 Black dengan Yi 4K . Keduanya mampu mengambil gambar 4K serta memiliki kemampuan paling baru dalam dunia teknologi kamera aksi. Namun memiliki harga yang berbeda dimana Yi 4K dipatok dengan harga  Rp2.500.000 sedangkan Gopro Hero 5 Black dipatok dengan harga Rp5.700.000.

Setelah saya mencari berbagai review dan perbandingan antara Yi 4K dan GoPro Hero 5 Black maka didapat kesimpulan sebagai berikut:

Pertama : keduanya mampu menangkap gambar dengan kualitas 4K dengan sangat baik. Keduanya juga memiliki settingan yang lengkap namun ada perbedaan yang membuat salah satu  menjadi Tertinggal dibanding GoPro 5 Black. Pertama adalah YI 4K tidak water resistant sehingga ketika akan digunakan untuk menyelam di dalam air harus menggunakan casing anti air sedangkan Gopro 5 Black sudah water resistant

Kemudian yang kedua dimana YI 4K memiliki kualitas menangkap suara yang lebih rendah dibandingkan GoPro hal itu disebabkan karena Gopro 5 Black memiliki 3 buah mic untuk menangkap suara.  Sedangkan YI 4K harus menggunakan casing anti air ketika berada di dalam air sehingga kemampuan untuk menangkap suara berkurang karenanya.

finally : Saya memutuskan untuk membeli GoPro 5 Black.

Membeli Gopro 5 Black secara online

Kemudian saya lanjut untuk mencari di manakah toko-toko yang terpercaya dan menjualnya. Terus terang saja saya membelinya secara online karena saya tidak memiliki cukup waktu untuk pergi berkeliling dan mencarinya.

Singkat cerita saya membelinya dengan cara online tanpa menyebutkan dimana tokonya Karena saya takut dikira promosi heee.

Akhirnya seketika itu melakukan transaksi dan melakukan pembayaran untuk GoPro 5 Black sebesar Rp5.799.000.

Selang 1 hari paket pun sampai kemudian saya buka dan secara packaging tidak ada masalah serta kualitas dari Gopro itu sendiri sampai saat ini belum menemukan adanya masalah.

Cek harga Gopro Hero 5 Black saat ini.

First use (kesan pertama)

Ketika pertama kali saya membuka packaging dan lihat secara langsung fisik dari GoPro 5 Black ini, saya terkesan dengan kualitas dari materialnya yang bisa dibilang lumayan bagus. Kemudian bentuknya kecil serta responsif dari layar sentuhnya.

Selang beberapa hari saya menggunakannya maka ada beberapa kesimpulan yang dapat saya ambil dari pengalaman membeli GoPro 5 Black ini :

yang pertama : adalah baterai lumayan cepat terkuras jadi memiliki baterai cadangan ada sesuatu yang harus.

kemudian memori : yang berkualitas baik minimal adalah kelas 10 atau untuk kualitas merekam gambar 4K dibutuhkan minimal adalah kecepatan 90 MB per sekon. jadi sangat di sarankan untuk menggunakan memory card atau micro SD yang berkualitas baik bukan asal memory card karena saya jamin tidak akan menghasilkan gambar yang baik jika menggunakan memory card yang standar.

Jika ingin berbicara minimal kecepatan memori maka 40Mb per second bisa di bilang standar dengan ketentuan kualitas video maksimal 1080p.

Kedua: Setelah mencoba untuk merekam video menggunakan fitur yang paling baru dari Gopro yaitu kualitas 4K. Secara pribadi saya kurang begitu merasa bermanfaat untuk saat ini karena selain menguras memori dan menguras baterai dimana memori kita tahu kita membutuhkan spesifikasi memori yang sangat kencang namun juga komputer pengolah video yang harus disediakan juga sangat sangar.

Untuk space memory di mana untuk merekam kamera  kualitas 4K memori 32 gigabyte hanya mampu menampung video dalam durasi 1 jam.

Ketiga: Permasalahan belum sampai disitu, masih ada masalah lain yaitu mengenai besarannya video yang dihasilkan atau ukuran file yang dihasilkan dari GoPro tersebut. Ketika saya mencoba untuk memindahkan ke dalam komputer itu sangat besar , belum selesai sampai disitu Ketika saya mencoba untuk melakukan editing. Luar biasa menguras resource komputer.

Untuk di ketahui saja laptop pribadi saya dengan prosesor Core i7 dan ram 8 GB  itu belum bisa dibilang mulus sama sekali.  Lalu kemudian saya mencoba untuk melakukan editing di software edit video yaitu Adobe Premiere Pro. Saya frustasi untuk menunggu setiap step karena loadingnya sangat lama. Jadi secara pribadi saya kurang merasa bermanfaat untuk saat ini dengan kualitas gambar 4K.

Best setting untuk Gopro 5 Black

Lalu kualitas gambar yang seperti apa yang sangat disarankan ketika menggunakan GoPro 5 Black ini?

Banyak para penggiat Vlog di YouTube yang menyeramkan ketika menggunakan GoPro 5 Black ini melakukan setting kualitas gambarnya adalah 2,7 K kemudian frame per second nya adalah 60 frame per second atau 50 frame per second serta viewnya adalah wide.

Namun menurut saya itu juga masih terlalu berat. Jika kamu tidak memiliki PC yang sangar maka setting a tersebut hanya akan membunuhmu.

Sedang setingan yang saat ini saya gunakan untuk aplikasikan pada GoPro 5 Black adalah kualitas gambar 1080p kemudian FPS-nya adalah 50 Fps karena saya menggunakan video PAL. Kemudian viewnya adalah WIde.

Sejauh ini kualitas gambar tersebut masih nyaman untuk dilihat dan nyaman juga untuk dilakukan editing.

Accessories Gopro

Memiliki Kamera action pun harus memiliki beberapa aksesoris untuk mendukung kelancaran dalam mengambil gambar. Menggunakan kamera action ini ada beberapa aksesoris yang wajib kamu miliki ketika Telah membeli GoPro 5 Black.

Diantaranya telah saya jabarkan pada artikel accessories wajib pemilik Gopro agar hasilkan footage tak terlupakan.

Sekian pengalaman beli online Gopro 5 Black indonesia. semoga bermanfaat.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

8 Kamera terbaik untuk memulai jadi youtuber yang sukses & tetap hemat · April 2, 2017 at 9:37 am

[…] Salah satu jenis pengambil video ini juga bisa kamu gunakan untuk memproduksi video untuk youtube. Kemampuannya yang baik dalam menghasilkan video aksi patut di perhitungkan. Beberapa diantaranya adalah Gopro 5.  […]

Leave a Reply

Related Posts

Repair iPhone

Cara hard reset iPhone atau force restart iPhone

Jika kamu mengalami error pada iPhone yang paling sering adalah iPhone hang dan lag. Ada juga iPhone mati pada logo apple. Maka salah satu solusi yang bisa kamu ambil adalah dengan cara hard reset atau Read more…

iPHone X

Tips dalam menggunakan iPhone X terbaru bikin kamu jadi master

iPhone X adalah iPhone terbaru yang di luncurkan Apple september 2017 lalu. Apakah kamu telah memilikinya? Meskipun di indonesia belum resmi di jual namun kabarnya iPhone X dan iPhone 8 sudah masuk ke uji lab Read more…

accessories Gopro

Ini dia Stabilizer/Gimbal GoPro 4,5,6 anti air paling murah survey toko online

Ingin mengambil video di tepian pantai ala filem hollywood, bahkan bukan hanya di tepian kamu bisa sambil berenang dan hasilkan gambar yang halus dan stabil. Ini berkat stabilizer atau gimbal dari feiyu. Feiyu WG2 ini Read more…

%d bloggers like this: