Produk produk keluaran apple pasti menjadi primadona di kalangan pangsa pasar menengah ke atas. Dari mulai macbook, ipad, ipod, hingga produk smartphonenya yakni iPhone selalu berhasil merajai pasar smartphone dunia. Padahal seperti yang kita tahu, bahwa harga – harga produk keluaran apple ini pasti sangat mahal dan paling atas di antara vendor – vendor lainnya.

Harga produk dari apple ini mahal pun bukan hanya karena material yang digunakan sangat premium dan berkelas namun harga yang mahal tersebut sebenarnya untuk menutup pengeluaran perusahaan selama proses produksi produk apple tersebut.

Misalnya saja produk iPhone. Jika dihitung – hitung maka biaya produksi 1 buah perangkat iPhone jika dikalkulasikan tidak sampai mendekati angka 10 juta rupiah, dimana 10 juta rupiah tersebut merupakan range harga di tempat asal iPhone yakni di Amerika. Menurut badan riset teknologi, satu iphone 7 saja biaya produksinya hanya sekitar 3 juta rupiah.

toko resmi apple tanggerang

Lantas mengapa harganya menjadi sangat jauh? Hal ini dikarenakan perusahaan apple sendiri mengeluarkan budget yang sangat banyak untuk pra produksi produk terbarunya. Misalkan saja iPhone 7 nah untuk studi riset dan pengembangan saja perusahaan apple menggelontorkan dana hingga 25 triliun rupiah. Belum lagi faktor – faktor produksi lainnya seperti biaya pendistribusian yang juga mencapai 26,68 triliun , dan pemberlakuan besar pajak yang berbeda – beda di setiap negara.

Banyangkan saja, iPhone 7 di negara asalnya mencapai harga 10 jutaan apalagi ketika sudah rilis di Indonesia. Tentu harganya akan jauh lebih tinggi. Namun ada beberapa alasan yang membuat kalian harus membeli iPhone 7 dan 7 plus ketika sudah rilis di Indonesia saja tidak perlu jauh – jauh pergi ke luar negeri atau titip beli kepada teman yang ada disana. Sebab ada beberapa pertimbangan yang perlu kalian fikirkan, diantaranya    :

1. TKDN Apple di Indonesia Telah Terpenuhi

TKDN sendiri merupakan kepanjangan dari Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Sebelumnya, jeda waktu antara perilisan iPhone di Amerika dengan adanya iPhone di Indonesia cukup lama. Hal ini dikarenakan pihak Apple sendiri sempat terjegal masalah perijinan karena tidak memenuhi Tata Cara Perhitungan Nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) produk telepon seluler (ponsel), komputer genggam (hand held) dan komputer tablet.

Maka dari itu agar selanjutnya tidak ada lagi kasus terkai TKDN, maka pihak Apple memenuhi kewajiban dengan membuka kantor riset di Indonesia. Investasi tersebut tergolong cepat dilakukan itu semua demi konsumen Indonesia yang sudah menanti hadirnya iPhone 7 dan iPhone 7 plusi di Indonesia. Dana yang dikucurkan Apple untuk mega proyek tersebut juga tak tanggung – tanggung, yakni mencapai 586 miliar rupiah. Sangat banyak bukan?

2. Garansi Resmi dari Apple Indonesia

Seringkali kita melihat banyak teman – teman kita yang keburu nafsu pengen segera membeli produk iPhone terbaru di luar negeri. Namun sempatkah kalian berfikir untuk ke depannya? Membeli iPhone di luar negeri tentu garansi nya juga garansi luar negeri sehingga kalau terjadi apa – apa pun harus dikembalikan ke negara tersebut.

Jika kita membeli di Indonesia tentu layanan servis dan keluhan akan lebih mudah ditanggapi dan dilakukan. Selain itu iPhone yang dibeli diluar negeri juga dianggap BM atau Black Market oleh Indonesia karena IMEI iPhone yang di beli bukan dari Indonesia dan tentu saja agen resmi di indonesia tidak mau mengcover garansinya. Namun, apple masih berbaik hati dengan mau menerima produk black market sekalipun.

Walaupun charge yang dikenakan untuk setiap service dan penggantian suku cadang baik yang sudah lewat masa garansinya maupun yang belum sangatlah berbeda jauh. Tentu bagi kalian yang lebih memilih untuk membeli iPhone di di luar negeri kalian harus menyiapkan budget lebih dalam lagi untuk urusan pemeliharaan dan service jika mengalami masalah pada perangkat iPhone kalian karena charge yang dikenakan untuk iPhone dengan garansi luar negeri akan jauh lebih mahal.

3. Membeli iPhone diluar negeri terlalu beresiko

Resiko yang bisa saja terjadi adalah penyitaan oleh bea cukai terkait produk yang kita bawa. Biasanya terdapat aturan jumlah maksimal barang eletronik yang di bawa. Jika kita membawa iPhone lebih dari ketentuan bisa saja barangnya akan di sita oleh pihak bea cukai. Selain itu, karena produk yang dibawa tidak memiliki ijin, maka barang tersebut rawan sekali disita karena di anggap ilegal atau black market.

4. Membeli iPhone di Luar negeri Terancam di Lock Provider Bawaan

Ada beberapa produk iPhone di beberapa negara tertentu benar – benar tidak bisa digunakan di negara lain karena di lock oleh provider bawaan. Untuk produk iPhone di Indonesia sendiri hampir semua produknya adalah FU atau Factory Unlock dimana produk benar – benar resmi dari apple dan dibebaskan untuk memakai SIM dari provider mana saja dan bisa di update firmwarenya.

Di negara lain seerti Jepang misalnya, ada produk iPhone yang diunlock oleh provider sehingga ada beberapa aturan terkait itu seperti dilarang mengupgrade versi iOs agar tidak merusak atau menimbulkan masalah pada unlock system.

Meskipun beberapa masalah mengenai lock tersebut bisa diatasi dengan R-SIM.

5. Sudah banyaknya Reseller autorized apple di indonesia

Untuk yang satu ini sudah kami ringkas dalam artikel tersendiri. Silakan baca di toko resmi apple di indonesia.

Sebenarnya semua tergantung kalian sih ingin tetap membeli iPhone di luar negeri atau di dalam negeri. Namun ya itu tadi seperti yang sudah dijelaskan di atas jika membeli iPhone diluar negeri akan sangat beresiko terkena masalah – masalah seperti di atas.

Kalau berbicara mengenai harga memang terpaut cukup jauh. Dengan negara singapore saja perbedaan harganya mencapai 3,5 juta rupiah. Namun melihat apple sudah mulai melirik Indonesia dan membangun pusat riset dan pengembangan di Indonesia, nampaknya untuk kedepannya produk – produk terbaru dari apple akan cepat sampai di Indonesia tak berselang lama dari tanggal launching resminya.

Atau mungkin saja pada peluncuran produk selanjutnya Indonesia sebagai tempat launching resminya. Melihat pasar di Indonesia sebenarnya juga sangat bagus. Apalagi penduduk Indonesia sangatlah banyak. Dan melihat antusiasme masyarakat sampai saat ini hingga banyak yang rela hingga membeli iPhone di luar negeri membuktikan bahwa konsumen produk – produk apple di Indonesia sebenarnya cukup menjanjikan.

Kalaupun selama ini masyarakat di Indonesia bisa lebih bersabar untuk membeli iPhone di outlet resmi di Indonesia pasti kasus – kasus seperti yang sudah dikemukakan di atas tidak akan terjadi karena produk yang dijual di outlet resmi tentu saja sudah sangat aman dan terjamin.

So guys, setelah membaca artikel di atas semoga kalian menjadi lebih mengerti dan bisa bermanfaat untuk keperluan kalian membuat keputusan akankah membeli iPhone di luar negeri atau memilih membeli iPhone di outlet resmi di Indonesia saja, tentunya masing – masing dari kalian memiliki persepsi yang berbeda terkait dengan ini.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: