Satu hal yang mesti diketahui oleh para pembaca dan para penikmat artikel di dunia maya. Bahwa artikel bisa tersaji dengan sangat mudah itu berkat para penggiat dunia online, para websiteter, para blogger dan para developer yang selalu berusaha menghadirkan sesuatu yang baru atau modifikasi sesuatu yang lama dengan berbagai macam tujuan. Kebanyakan demi uang termasuk juga saya sebagai pengelola dari Khedisfile.com

Sebagai seorang admin seorang diri Bahkan bukan hanya sebagai admin kadang sebagai penulis, sebagai editor dan juga sebagai teknisi yang siap menjaga portal ini agar tetap online dan bisa sedikit bermanfaat untuk beberapa orang yang kadang mampir ke website ini.

Bukan suatu hal yang mudah untuk saya ketika memulainya dari awal. Memulai dari awal adalah sesuatu yang membutuhkan pengorbanan waktu dan juga biaya. Waktu karena semua dimulai dari nol dari mulai tidak tahu hingga berada sedikit demi sedikit atau bisa dibilang otodidak. Kemudian biaya juga. Yang namanya website itu membutuhkan biaya berbagai macam komponen yang harus disiapkan.

Para pembisnis di dunia online pasti menghitung dengan teliti dan rinci mengenai modal dan juga pengeluaran serta penghasilan akan didapatkan dari apa yang mereka lakukan. Berbeda dengan apa yang saya lakukan bahwa saya memulainya dengan hobi kemudian saya menuliskan pengalaman pengalaman yang memang saya lakukan atau pengalaman-pengalaman para kontributor Khedisfile.com yang kemudian disetorkan ke admin untuk ditampilkan. Tidak ada training mengenai profit atau sebagainya namun semuanya sebagai sebuah hobi yang kemudian kami Salurkan.

Kalau bukan sebagai sebuah kegiatan yang primer atau dalam kata lain kontributor dan juga admin sendiri  memiliki kegiatan lain di dunia luar yaitu kami juga bekerja di sebuah perusahaan dan lain-lain. Maka pengolahan website penuh dengan liku-liku yang terkadang mungkin mengecewakan bagi beberapa pengunjung yang ketika mengunjunginya ternyata tampilan ataupun performa yang kurang baik.

Seperti beberapa hari kemarin, website ini sempat beberapa kali mati dan offline. Tentu saja kami tidak bisa dengan cepat untuk menanggulangi. Dibutuhkan waktu dengan keterbatasan kesempatan yang kami miliki sehingga terlihat seperti lambat dalam respon.

lika-liku dunia website

Itulah jadi memang lika-liku nya bagi pengelola website yang tidak full time mengolahnya dan mengakibatkan beberapa hal yang tidak menyenangkan bagi para pengunjung.

Bagi kamu yang ingin terjun juga ke dalam dunia website baik itu hanya sebagai sebuah hobi ataupun menjadi penghasilan, ada beberapa hal yang kamibagikan mengenai lika-liku dalam mengelola website diantaranya adalah dibawah ini:

1. Pengetahuan basic mengenai website dan kawan-kawannya.

Pengetahuan basic memang sangat dibutuhkan sebagai seorang pengelola. Walaupun untuk saat ini banyak sekali cara-cara yang bisa dilakukan untuk bisa membuat website tanpa memiliki keahlian pemrograman dan beberapa hal kemampuan jaringan namun.

Seiring dengan berjalannya waktu mau tidak mau kita harus mengetahui istilah-istilah dan pengetahuan pengetahuan yang berkaitan dengan website. Jika kita menutup diri untuk hal tersebut Maka akan banyak sekali kendala yang akan kita hadapi. Masalah yang harus ditanggulangi maka kita harus mengeluarkan beberapa biaya untuk meminta bantuan kepada tim support yang tentu saja lumayan mahal harganya.

2. Pengunjung yang membludak

Bahwa pengguna internet untuk saat ini mengalami peningkatan yang sangat luar biasa sehingga tidak dipungkiri bahwa hampir satu buah website ada yang dikunjungi mencapai jutaan pengunjung per hari. Dan untuk Website sekelas Khedisfile.com mungkin masih di angka sekitar puluhan ribu atau lebih kecil. Dan itu bukan suatu hadiah yang sangat menyenangkan tapi selain menjadi sebuah kebanggaan tapi menjadi beban.

Beban???

…kita harus benar-benar sikap menjaga server dalam keadaan Prima. Selain menjaga juga kita harus mempertimbangkan untuk melakukan upgrade ke server yang lebih baik karena sudah barang pasti ketika pengunjung kita mencapai angka 1000, 2000 ,3000 sampai 5000 , atau puluhan ribu orang per hari kita tidak bisa menggunakan server yang abal. Otomatis kita harus meningkatkan ke server yang lebih tinggi. Peningkatan tersebut akan diiringi dengan kebutuhan skill dalam hal jaringan dan biaya secara otomatis.

3. Kritik dan komen yang pedas

Terkadang kita harus menerima beberapa kritik dan saran yang lumayan mengganggu di pikiran karena sudah barang pasti karena kesalahan kita. Terkadang kita menulis sesuatu yang tidak tepat atau kadang kita terlalu lebay dalam menyampaikan sesuatu sehingga banyak sekali komen-komen yang masuk dan cukup mengganggu.

Namun jika kita Berpikir positif maka itu adalah sebuah pemacu untuk kita menjadi yang lebih baik. Namun tetap saja bahwa komen-komen yang negatif merupakan sesuatu yang menjadi hambatan tersendiri untuk kita meningkatkan dan memupuk kembali ke kepercayaan diri kita.

4. Biaya yang selalu meningkat

Ketika pengunjung kita sudah banyak otomatis kita membutuhkan server yang lebih baik dan mumpuni dan untuk menyewa server yang prima otomatis biaya yang harus dikeluarkan pun juga terbilang mahal.

Selain itu kita juga harus melakukan hal-hal teknis yang terkadang di luar pikiran kita sebagai seorang awam sehingga kita harus menyewa beberapa teknisi untuk melakukan hal tersebut dan itu juga membutuhkan biaya. Kemudian kita juga harus memenuhi beberapa kebutuhan diantaranya adalah kita harus memberikan imbalan kepada kontributor kemudian melakukan pengiklanan jika kita menjalankan sebuah bisnis.

5. Waktu yang terbatas

Sebagai seorang yang tidak full time di dunia website maka kita menghabiskan 8 jam atau kadang lebih di kantor atau di tempat kerja. Sehingga baru setelah malam mungkin satu atau dua juta baru melirik website untuk melakukan perbaikan update dan lain-lain.

Tentu hantu akan sangat menguras tenaga sehingga terkadang para pengelola website paruh waktu memilih untuk melakukan update di hari Sabtu atau Minggu saja atau mungkin hari Minggu saja sehingga website seolah terbengkalai namun dia tetap hidup. Waktu ini adalah suatu hal yang harus bisa kita memanage dengan baik.

6. Income tidak sebanding dengan pengeluaran

Memang kita bisa mendengar berbagai orang sukses dalam dunia online namun Saya yakin mereka adalah orang yang full time di dalam dunia online. Sedangkan jika kita orang yang hanya paruh waktu maka kebanyakan pengeluaran akan lebih banyak daripada pemasukan. Pemasukan tersendiri bisa berasal dari iklan kemudian dari paid review dan lain-lain.

Kalian bisa mencarinya di Google untuk Bagaimana cara menghasilkan uang dari sebuah website. Kebanyakan mereka yang berhasil dalam dunia oleh melakukan jual beli daripada jasa pengiklanan meskipun ada juga yang berhasil dengan jasa pengiklanan.

itu dia beberapa lika-liku yang bisa kami bagikan dalam mengelola website dan semoga bermanfaat untuk para Pembaca sekalian.

Sehingga paling tidak ketika kamu ingin terjun kedunia website ada beberapa hal yang harus disiapkan hal yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

1. Tujuan

Apa tujuan kamu membuat website ini bisnis atau hanya sebuah hobi. Jika bisnis maka saya sarankan untuk melatih diri dalam dunia bisnis terlebih dahulu. Jika Ini adalah sebuah hobi maka Saya menyarankan untuk belajar masalah teknis dalam dunia website.

2. Persiapkanlah uang yang tidak menguras tabungan

Jadi kamu menyiapkan sejumlah uang di luar kebutuhan pribadi dan juga di luar tabungan. Karena pastinya akan dibutuhkan untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan di kemudian hari.

Ketika website Ini adalah sebuah bisnis maka kamu benar-benar harus menyiapkan bukan hanya untuk keperluan bisnis dan teknis tetapi juga kebutuhan kehidupan untuk beberapa bulan ke depan. Karena sebuah bisnis pasti tidak akan langsung menghasilkan keuntungan akan tetapi kita akan mengeluarkan modal terlebih dahulu baru nanti keuntungan datang.

3. Jangan menyerah.

Demikian untuk hari ini. semoga bermanfaat. Jika kamu punya pendapat lain silakan komen di bawah ini.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Related Posts

Repair iPhone

Cara hard reset iPhone atau force restart iPhone

Jika kamu mengalami error pada iPhone yang paling sering adalah iPhone hang dan lag. Ada juga iPhone mati pada logo apple. Maka salah satu solusi yang bisa kamu ambil adalah dengan cara hard reset atau Read more…

iPHone X

Tips dalam menggunakan iPhone X terbaru bikin kamu jadi master

iPhone X adalah iPhone terbaru yang di luncurkan Apple september 2017 lalu. Apakah kamu telah memilikinya? Meskipun di indonesia belum resmi di jual namun kabarnya iPhone X dan iPhone 8 sudah masuk ke uji lab Read more…

Speaker portable

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan. Sedang mencari speaker yang mudah di bawa-bawa kemudian memiliki batrey yang bisa di isi ulang dan wireless? Artikel kami kali ini akan mengajak kamu memilih Read more…

%d bloggers like this: