Pertama kali menggunakan iPhone adalah tahun 2012 yaitu iPhone 4G. Ini adalah iPhone pertama saya dan ini juga adalah awal saya mengenal iPhone beserta keluarganya iPad dan Mac.

Sebelumnya saya menggunakan Android kala itu saya memiliki Sony Xperia. Lupa seri-nya pokoknya Sony Xperia yang lumayan lah harganya waktu itu dengan RAM 512 MB dan memori yang bisa di tambah. Tahun 2012 ram 512MB masih musim.

Setelah membeli iPhone bukan berarti berhenti menggunakan android tetapi saya tetap menggunakan Android sekitar 1 tahun atau mungkin 1,5 tahun. Jadi selama itu saya menggunakan dua buah smartphone yaitu Android dan iPhone.

Hingga akhirnya nyaman dengan iPhone membuat saya memilih mengganti Hp android tersebut dengan iPhone yang lain.

5 tahun memakai iPHone

Mengapa memilih iPhone?

Awal saya menggunakan iPhone adalah karena waktu itu iPhone adalah smartphone yang keren kemudian mahal jadi dengan alasan pingin gaya saya membeli iPhone.

Singkat cerita saya membeli iPhone 4 meskipun bukan yang terbaru tetapi bisa dibilang harganya masih lumayan tinggi waktu itu. Kala itu masih tersedia baru namun hanya yang memiliki memori 16Gb.

Jadi awalnya menggunakan iPhone karena pingin terlihat keren. Rasanya tuh gimana gitu, kalau pegang hanphone dengan logo apple kroak.

Hingga akhirnya,

Setelah hampir satu tahun menggunakan iPhone saya merasa nyaman. Alasan lain yaitu kenapa iPhone yang saya beli sudah berumur satu tahun tapi tampilan masih bagus aja.

Hingga akhirnya saya memutuskan untuk mengganti hp android dengan iPhone yang lebih baru. Niatnya pingin punya iPhone dua biji.

Selain itu hal yang membuat saya ingin membeli iPhone dengan spesifikasi yang lebih baru adalah karena SIRI. iPhone 4G belum support SIRI.

Kamu bisa membaca artikel saya mengenai SIRI, siapa dia dan bagaimana menggunakannya.

Namun finally saya menjual iPhone 4 saya dan membeli iPhone 4S sekitar tahun 2013. Sebab harga iPhone itu loh.. mahal. Jadi tuker tambah biar tetap bisa makan 🙂

Padahal itu iPhone rilis tahun 2009, alias sudah 3 tahun silam. Namun tidak membuat iPhone turun harga.

Bertahan dua tahun menggunakan iPhone 4 akhirnya menambah koleksi lagi iPhone 5S. Bukan karena iPhone 4S sudah rusak atau mati, namun karena saya ingin merasakan tauch ID. Dan sampai saat ini saya masih menggunakan iPhone 4s dan iPhone 5S serta belum berniat upgrade ke iPhone yang lebih tinggi.

Karena setelah saya review iPhone punya teman dengan keluaran terbaru seperti iPhone 6, 6S masih sama sensasinya, hanya beda di 3D touch untuk iPhone 6S.

Untuk produk lain dari apple yang saya pilih adalah iPad air 1 dan mac mini. iPad air mewakili semua jajaran iPad hanya saja belum touch ID, dan Mac mini merupakan komputer apple yang paling murah dan simpel.

Kesimpulan kesan setelah 5 tahun memakai iPhone

Setelah 5 tahun menggunakan iPhone pasti ada hal yang berkesan. Nah di bawah ini adalah kesan saya menggunakan iPhone. Tentu ini adalah pendapat pribadi, jadi jika kamu kurang setuju maka sikapi dengan bijak. Karena setiap sesuatu pasti punya kelebihan dan kekurangan, tinggal dari sudut pandang mana kita melihatnya.

Berikut kesan positive 5 tahun menggunakan iPhone.

1. iPhone itu Awet

Bagaimana gak awet, bayangkan iPhone 4S pertama keluar tahun 2009 dan sampai sekarang masih bisa digunakan tanpa halangan suatu apa. Bisa jalankan semua aplikasi yang memang di butuhkan setiap hari. Seperti BBM, Whatsapp, dan lainnya. Bisa juga install game namun karena memori yang kecil game saya kalahin.

Kamu bisa cek kondisi fisik dari iPhone saya, masih mulus hanya kacanya saja yang retak dikit. Maklum iPhone 4 dan 4S memang rentan pecah. 

2. iPhone itu selalu update

Bagaimana gak update, orang iOS terbaru keluar tiap bulan. Bahkan untuk update kecil biasanya 3 minggu sudah muncul. Sangkin seringnya kadang sampai bingung update ini sama itu bedanya apa.

Tapi yang jelas detail update dapat kamu lihat pada setiap dokumentasi yang di bawanya. Kamu bisa melakukan cek terlebih dahulu dokumentasi update jika kamu memang peduli. Kalau bagi saya percaya ada ama apple. Biasanya sih menambal keamanan atau perbaikan bug.

Update-nya pun gak susah. Kamu hanya perlu koneksi wifi dan langsung download update-nya over the air. Tanpa konek komputer dan lain-lain. Kaya download aplikasi.

3. iPhone itu stabil

Kalau dulu saya sering melakukan reset pabrik pada android, bahkan sekarang saya masih dimintai tolong untuk reset pabrik hp teman karena terasa lemot. Di iPhone , jika kamu pengguna regular tidak akan menemui hal itu.

Meskipun disrankan oleh apple untuk selalu restart iPhone secara daily dan reset setting setelah update iOS, namun jika kamu tidak melakukannya efeknya tidak terlalu berasa.

Berapa kali kamu mengalami aplikasi nutup sendiri di android? dan aplikasi not responding?

Di iPhone tidak ada yang seperti itu, kalaupun ada itu sangat jarang terjadi atau mungkin itu iPhone bukan resmi.

4. Di iPhone aplikasi nya baik semua

Saya sering mendengar kalau aplikasi di android sering memunculkan iklan pop up yang tiba-tiba muncul. Mau di ilangin tapi gak tahu itu aplikasi apa yang nyebabin.

Di iPhone tidak ada yang kaya gitu. Apple tidak menjalankan java. Selain itu aplikasi yang ada di appstore sudah terverifikasi dengan baik. Jadi tidak ada aplikasi yang memiliki nama kembar, sehingga jika kamu butuh suatu aplikasi tinggal cari dan kamu hanya menemukan satu.

Aplikasi di appstore berbayar?

ini adalah pertanyaan yang sering di lontarkan oleh mereka yang belum menggunakan iPhone.

Penjelasannya sudah pernah saya bahas di apakah aplikasi iPhone berbayar?

Sebenarnya aplikasi di appstore sama saja statusnya dengan yang ada di android. Gratis, gratis download berbayar jika nambah fitur, dan berbayar.

Dan memang ada beberapa aplikasi yang gratis di android tapi berbayar di iPhone, namun dengan berbayar itu kamu dapatkan yang lebih. Lagian harganya kan juga murah, cuma Rp3rb kalau lagi discount.

Pingin beli tapi bingung gimana caranya?

Caranya sudah kami jelaskan di artikel cara membeli aplikasi iPhone tanpa kartu kredit.

5. iPhone gak banyak sampah

Jika kamu pengguna android ngaku ya. Pasti kamu punya aplikasi untuk membersihkan ram dan sampah kaya cookies dan cache.

Pasti ada lah…. karena itu aplikasi dapat membantu android lari lebih kencang dan ringan katanya.

Bagaimana di iPhone?

Selama 5 tahun penggunaan saya belum pernah menginstall aplikasi kaya gitu. Meski ada tapi itu gak ada manfaatnya. iPhone tetap kenceng dan gesit walau tanpa aplikasi bersih-bersih itu.

6. iPhone tetap keren

Akui saya ya… iPhone apapun yang kamu bawa pasti akan bikin kamu keren heeee.

Kesan negative 5 tahun menggunakan iPhone

1.Hilang kreativitas dalam menggunakan gadget

Iyalah…. iPhone kan tinggal makai. Hampir semua settingan sudah di setting dengan perfect. Jadi orang awampun makai bisa.

Kecuali jika kamu kenal cydia.

2. Memori penyimpanan pelit banget

Kalau yang ini tergantung harganya si. Misal punya duwit ya beli yang memiliki memori gede. Karena iPhone tidak bisa di tambah memori external. Kecuali jika kamu menggunakan USB external.

Memori disini bukan RAM, tapi memori penyimpanan. Kalau RAM jangan tanya. Meskipun hanya 1 GB RAM, iPhone bukan tandingan android meskipun RAM android bergiga-giga.

3. Harga nyekek leher

Ini nih yang bikin ngiler. Sekarang udah jamannya iPhone 7. Eh… admin masih pakai iPhone 5S. Bukan apa-apa sih. Selain karena harga yang diluar nalar, tapi karena saya udah pernah nyoba rasanya sama aja heee.

Itu dia kesan-kesan menggunakan iPhone selama 5 tahun. Dan sampai saat ini jika saya akan ganti smartphone maka saya akan ganti iPhone meskipun kini ada samsung galaxy S8.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

3 Comments

Tukang Foto · April 13, 2017 at 11:20 am

Ipin (pake ‘i’) emang nyaman banget dipake. Batre juga awet walaupun digunakan terus. Saya punya samsul note 5 dan ipin 7 plus. Dengan durasi pemakaian sama dan aplikasi sama, batre ipin terbukti lebih awet.

Satu hal lagi, nggak ada istilah nge-lag di dunia ipin.

Avira · April 15, 2017 at 1:17 am

Hehehe, stuju bnget. Pngalaman lumayan jga pke android. Tpi stelah pake iphone, bda nya lumayan bgt loh. Gesit bgt pake iphone.
Pas kmrn coba lagi pke android krn tergour sama ram nya dan kamera nya, trnyata gak bisa saingin iphone saya . Pake android kadang” bisa kesel krna lemotnya. Iphone addicted deh skrng

SenoARi · June 11, 2017 at 6:51 am

oooohhhh gitu yaks kelebihan ipon ipin…
ane jd pingin pake lg ipon ipin 4s 32gb ane yg nggletak bgitibaje… terus jd dipake anak….
kirain ipon ipin cm ngandelin security nya aja yg ktnya mmng TOP bingiits..cuma agak berat aja..
brantem brantem daahhh sm anak…hahah
abis ane br bc pencerahannya seehh..

Leave a Reply

Related Posts

Terbaru

4 Cara cek kesehatan battrey iPhone, apakah sudah rusak atau belum

Sebelum memutuskan untuk membeli batrey baru pastikan kamu mengetahui kondisi batrei kamu. karena belum tentu batrei yang terlihat boros itu karena batrei rusak. Bisa jadi hal lain yang mempengaruhi konsumsi daya batrei. Misal update iOS Read more…

Terbaru

10 tips cara membuat batrey iPhone X awet dan bertahan lebih lama

Pernah mendengar batreygate? jika pernah berarti sekarang kamu sedang berfikir bagaimana cara agar umur batrei iPhone kamu bisa bertahan lebih lama. Seperti batrei iPhone yang selalu saya pakai. Sekarang usianya sudah hampir 4 tahun. Jadi Read more…

aplikasi appstore

Aplikasi Kamera untuk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 plus

Berbohong menggunakan aplikasi kini menjadi wabah di masyarakat. Karena memang kini banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan sudah  dan dapat menghasilkan hasil yang mengagumkan dalam melakukan edit foto yang diambil. Khusus untuk iPhone X , Read more…

%d bloggers like this: