Laptop besutan Apple yakni Apple MacBook hingga saat ini masih dianggap sebagai produk terbaik dibandingkan besutan vendor lainnya yang menjalankan sistem operasi Windows. Apalagi Aple selalu menghadirkan teknologi – teknologi canggih pada perangkat MacBook termasuk sudah mengandalkan teknologi retina display.

Oleh sebab itu tidak heran jika kebanyakan konsumen rela merogoh kocek lebih dalam demi menebus laptop besutan Apple dibandingkan merek lain. Walaupun produk – produk lain seperti Lenovo, Acer, Asus, dan yang lain masih belum mampu bersaing dari segi merek, tetapi saat ini sudah banyak produk – produk baru dengan OS Windows yang mampu bersaing dengan MacBook

MacBook selama ini banyak dipilih sebagai laptop yang handal untuk desain grafis. Di sisi lain, vendor – vendor laptop lainnya sebenarnya juga telah meluncurkan banyak produk yang handal untuk desain grafis. Hanya saja, para konsumen kadang masih bertanya – tanya manakah yang lebih baik antara laptop MacBook dan laptop Windows untuk desain grafis.

macbook pro vs windows

Dari produk Apple sendiri, produk yang selama ini dikenal sudah sangat mumpuni untuk desain grafis adalah laptop MacBook Pro. Lantas apakah sudah ada laptop Windows yang lebih baik dari MacBook Pro?

MacBook Pro vs Laptop Windows Untuk Desain Grafis

Spesifikasi

Saat ini pesaing MacBook Pro dari jajaran laptop Windows yang cukup handal adalah dari Asus dan Dell yakni Asus Zenbook Pro dan Dell Inspiron XPS 15.

–       Spesifikasi Laptop Apple MacBook Pro

Laptop Apple MacBook Pro yang ada di pasaran saat ini memang hadir dengan spesifikasi yang mumpuni yakni mengusung layar berukuran 15,4 inch dengan resolusi 2880 x 1880 LED Retina Display. Laptop ini mengandalkan performa dari prosesor Intel Core i7 berkecepatan 2,2 GHz dan didukung oleh memori RAM berkapasitas 16 GB. Kapasitas memori yang disematkan oleh Apple pada laptop ini sebesar 256 GB.

Dengan bobot 2,02 kg laptop ini hadir dengan dimensi 35,89 x 24,71 x 1,8 cm. Di sektor baterainya, Apple membekali laptop ini dengan baterai 95W di mana baterai tersebut dapat bertahan hingga 8 jam saat digunaakan secara aktif

–       Spesifikasi Laptop Windows Asus Zenbook Pro dan Dell XPS 15

Zenbook Pro maupun Dell XPS 15 sudah menggunakan prosesor Intel Core i7. ZenBook Pro menggunakan Intel Core i7 4720HQ sedangkan Dell XPS 15 menggunakan Intel Core i7 6700 HQ. Di sektor layarnya, laptop Asus menggunakan layar 15,6 inch dengan teknologi IPS dan memiliki resolusi yang tinggi 3840 x 2160 piksel sedangkaan Dell memiliki resolusi yang lebih rendah. Kapasitas memori RAM milik Asus adalah 16 GB sedangkan Dell 8 GB. Untuk spesifikasi baterainya, Asus dibekali baterai 96 WH dan memiliki bobot 2,27 kg. Sementara itu Dell memiliki baterai dengan kapasitas lebih kecil yakni 56 WH. Secara umum laptop dengan OS Windows hadir dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari ZenBook Pro dan Dell XPS 15 serta beberapa di antaranya memiliki spek yang lebih rendah.

Kualitas Layar

Tidak dipungkiri bahwa keunggulan utama dari laptop besutan Apple ini terletak pada bagian layarnya. Layar Retina milik MacBook memiliki kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Layar Retina ini sanggup menampilkan warna yang lebih hidup dibandingkan layar konvensional. Memang layar pada laptop Windows seperti Zenbook Pro sudah memiliki resolusi 3840 x 2160 piksel atau 4K yang mampu bersaing dengan laptop MacBook.

Pada laptop yang sudah menggunakan layar jenis IPS, layar tersebut mampu mereproduksi warna secara lebih natural dan akurat dibandingkan layar LED pada MacBook. Selain itu, laptop – laptop Windows saat ini juga sudah menggunakan layar sentuh sehingga lebih mudah digunakan. Oleh sebab itu perlu diakui bahwa terkait kualitas layar, setiap pengguna memiliki pilihan masing – masing.

Memang, kelebihan MacBook selain dari segi kualitas layarnya adalah kalibrasi warna pada laptop ini bisa lebih pas dengan hasil pencetakan. Bagi orang – orang yang bekerja di bidang desain, ini menjadi hal yang penting karena desain selalu bermain dengan warna sehingga sangat penting untuk melihat bagaimana pencetakan sebelum diproses maupun sesudah.

Performa

Performa juga menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan dalam memilih laptop khususnya laptop desain grafis. Performa tersebut meliputi prosesor, RAM, kapasitas memori, dan pengolah grafis. MacBook Pro besutan Apple memiliki performa yang sudah cukup mumpuni untuk keperluan desain grafis meliputi kehadiran prosesor Intel Core i7 berkecepatan 2,2 GHz, RAM 16 GB, dan pengolah grafis Intel Iris Pro.

Sementara itu, laptop Windows sekelas ZenBook lagi-lagi sudah mampu bersaing dengan MacBook karena menawarkan spesifikasi yang hampir sama. Dari sektor dapur pacunya, prosesor ZenBook memiliki kecepatan hingga 2,6 GHz. Di sektor memori penyimpanan, laptop Asus ini memiliki kapasitas memori hampir dua kali lipat dari MacBook yakni 512 GB. Selain itu, kebanyakan produk – produk laptop terbaru saat ini bahkan sudah dilengkapi dengan kapasitas memori yang lebih besar yakni hingga 1 TB

Cara Pengoperasian

Selama ini, MacBook memang banyak digunakan oleh kalangan yang sudah professional. Bagi para pengguna yang sudah terbiasa menggunakan laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows mungkin akan beranggapan bahwa MacBook jauh lebih sulit untuk diperasikan. Untuk itu, bagi pengguna yang baru beralih dari laptop Windows perlu banyak belajar jika ingin menggunakan MacBook Pro.

Tetapi jika ingin tetap mencari yang user friendly dan mudah digunakan, laptop Windows masih menjadi pilihan yang cukup bagus. Tetapi menurut para pengguna yang sudah terbiasa menggunakan MacBook, perangkat ini sebenarnya nyaman digunakan dan sangat sederhana dibandingkan Windows.

Aplikasi Desain

Perlu diketahui bahwa aplikasi desain untuk MacBook mewajibkan para penggunanya untuk membeli atau membayar. Saat ini juga sudah ada sistem sewa lisensi seperti pada Adobe CC. Namun Anda juga tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak crack aplikasi Mac.

Memang crack tersebut tidak semudah saat Anda mencarinya untuk laptop dengan OS Windows. Selain itu, para pengguna biasanya juga cukup kesulitan untuk mendapatkan software plugin untuk editing foto karena di Mac tidak 3DS Mac

Jika kebingungan untuk mendapatkan aplikasi tersebut, para pengguna dapat mencari solusi atau bertanya di forum – forum mac misalnya macclubindonesia, makemac, dan lainnya. Atau jika Anda memang sudah terbiasa dengan Windows dan tidak ingin berpaling dari sistem operasi tersebut masih tetap dapat mengoperasikannya di Mac yaitu dengan Bootcamp. Dengan BootCamp, pengguna dapat menjalankan Mac dan Windows sekaligus

Harga

Jika berbicara soal harga, sudah bukan rahasia lagi bahwa harga laptop besutan Apple memang dikenal lebih mahal. Laptop MacBook 15 inch saat ini dibanderol dengan harga di atas Rp 25 juta. Namun harga tersebut tentu sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Jika mencari harga yang lebih terjangkau dengan spesifikasi yang hampir mendekati MacBook, laptop Windows dengan harga dibawah Rp 15 juta sudah mampu memenuhinya misalnya laptop ZenBook.

Kamu penggila produk apple juga bisa mengunjungi toko reseller autorized apple di di Indonesia. Simak rianciannya disini.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Related Posts

Speaker portable

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan. Sedang mencari speaker yang mudah di bawa-bawa kemudian memiliki batrey yang bisa di isi ulang dan wireless? Artikel kami kali ini akan mengajak kamu memilih Read more…

Speaker portable

5 pilihan speaker bluetooth portable anti air untuk traveller terbaik saat ini

5 pilihan speaker bluetooth portable untuk traveller dan anti air terbaik saat ini. Jika kamu termasuk orang yang menyukai bepergian di setiap hari libur maka kali ini kami memiliki gadget yang pantas di beli dan Read more…

Terbaru

Cara membuat file PDF menggunakan microsoft office, versi apapun

Jika kemaren kamu telah mengentahui bagaimana cara edit PDF, maka sekarang saya akan menjelaskan cara membuat file pdf menggunakan microsoft office. File PDF File pdf adalah file yang paling aman saat ini untuk melindungi keutuhan Read more…

%d bloggers like this: