PC desktop dan laptop menjadi perangkat yang banyak digunakan dalam kehidupan untuk membantu memenuhi kebutuhan komputasi sehari – hari. Walaupun kedua perangkat ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama namun keduanya tidaklah sama. Dulu, desktop memang menjadi perangkat elektronik yang canggih dan langka.

Perangkat ini juga memiliki manfaat yang sangat banyak mulai dari pengetikan, desain, dan masih banyak lagi. Tetapi seiring berjalannya waktu, desktop saat ini mulai jarang digunakan sejak kehadiran laptop. Fungsi yang ditawarkan oleh laptop pun sama persis dengan komputer.

Sebelum menentukan perangkat mana yang lebih sesuai untuk kebutuhan Anda, sangat penting untuk mengetahui lebih dulu pengertian desktop dan laptop. Desktop adalah sekumpulan alat elektronik yang disatukan menjadi satu bagian. Alat – alat tersebut bekerja secara bersamaan di bawah kontrol program. Perangkat ini dapat menerima data, memproses, dan menghasilkan informasi berupa gambar, suara, atau yang lainnya.

Sementara itu laptop dulu dikenal dengan sebutan komputer jinjing. Ini adalah perangkat bergerak dengan ukuran yang cukup compact dan mudah dibawa kemana pun. Sumber daya laptop mengandalkan baterai yang dapat diisi ulang. Biasanya baterai laptop dapat bertahan 1 – 6 jam, tergantung dari kapasitas baterai, cara pemakaian, dan spesifikasi laptop

Ketika harus memilih antara desktop dan laptop, Anda tentu harus memilih berdasarkan kebutuhan. Walaupun menawarkan fungsi yang sama, namun performa perangkat tersebut tidaklah sama sehingga Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan penggunaan perangkat tersebut. Untuk memudahkan Anda menentukan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Laptop vs Desktop: Mana yang Anda Butuhkan

laptop desain gradis

Kemampuan Kerja

Desktop biasanya menawarkan performa yang lebih efisien ketika digunakan untuk bekerja seperti pengetikan, desain grafis, dan gaming. Hal ini berkaitan dengan besarnya ruang data yang terdapat pada desktop. Di sisi lain laptop masih kurang mumpuni jika digunakan untuk bekerja. Coba Anda lihat, walaupun desktop dan laptop menggunakan prosesor yang sama misalnya Intel Core i5, namun desktop memiliki ukuran fisik yang lebih besar dibandingkan laptop sehingga performa desktop lebih mumpuni dan tahan panas. Terbukti, rental komputer, warnet, dan perusahaan desain grafis lebih banyak menggunakan desktop daripada laptop.

Laptop menawarkan ukuran yang serba kecil, hal ini berpengaruh terhadap peforma yang didapatkan, Jika kita bandingkan apple to apple maka laptop yang memiliki peforma yang sama dengan deskotop akan memiliki harga yang sangat mahal.

Kemampuan Untuk Game

Jika Anda mencari perangkat untuk game, desktop lebih cocok untuk melakukan hal ini. Hal ini karena desktop dapat menggunakan VGA yang tinggi. Pengguna bahkan dapat menggunakan dua VGA sekaligus. Oleh sebab itu tidak heran jika warnet game online selalu menggunakan desktop daripada laptop.

Kamu bisa menggunakan dua buah VGA dengan koneksi cross fire atau SLI. Dan itu dapat dilakukan dengan sangat mudah. Game apapun dan seberat apapun dapat di taklukkasn dengan mudah. Selain itu kamu juga bisa menikmati game dengan berbagai adisional perangkat misal menggunakan banyak layar atau dengan menambahkan pendingin cair untuk menurunkan suhu dengan drastis.

Laptop ketika digunakan untuk bermain game cenderung akan cepat panas. Hal tersebut dapat berbahaya bagi komponen – komponen penting di dalam laptop. Selain itu, laptop juga akan lebih boros baterai ketika digunakan untuk bermain game, khususnya game menengah hingga berat. Alhasil jika Anda ingin bermain game, laptop tersebut harus ditancapkan dengan charger sambil mengisi baterai. Tetapi hal ini juga tidak baik karena akan membuat laptop cepat rusak.

Meskipun di pasaran laptop juga tersedia dengan spec dewa dan dapat menaklukkan segala macam game namun harga yang harus di tebus sangat tidak masuk akal.

Sistem Perakitan

Desktop yang beredar di pasaran pada umumnya merupakan rakitan atau buatan dalam negeri. Hal itu memudahkan para konsumen untuk membeli sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Desktop memudahkan Anda ketika ingin mengubah spesifikasi atau melakukan upgrade.

Oprek adalah istilah yang nyaman untuk digunakan. Upgrade perangkat tak pernah semudah pada desktop. Mau ganti PSU, VGS, Processor dan lainnya itu bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Sementara itu laptop hadir di pasaran dalam kondisi jadi siap pakai. Anda akan sedikit kerepotan jika ingin mengganti spesifikasinya dan membawanya ke service center. Apalagi pada laptop jika komponennya ada yang diganti, secara otomatis akan membuka segel sehingga garansinya akan hilang.

Hla yang paling munin untuk upgrade dari laptop adalah hardisk/ SSD dan juga memori RAM.

Konsumsi Daya

Desktop karena terdiri dari beberapa perangkat memerlukan daya yang lebih besar. Arus listrik juga harus kuat ketika digunakan. Hal ini berbeda dengan laptop yang memerlukan daya relatif lebih rendah karena hanya suplai dayanya mengandalkan daya dari baterai. Selain itu desktop memerlukan suplai listrik terus menerus. Pasalnya tanpa listrik, desktop tidak dapat dijalankan.

Bahkan untuk standar desktop game yang dapat menaklukan segala macam permainan membutuhkan minimal 1300Watt daya. Jadi ini adalah pertimbangan yang harus kamu sesuaikan dengan ketersediaan listrik di rumah.

Hal ini berbeda dengan laptop yang lebih fleksibel di mana energi listrik disimpan dalam baterai sehingga daya cadangan tersebut dapat digunakan ketika laptop tidak terhubung ke sumber arus listrik.

Keyboard

Komputer memiliki tombol keyboard yang lebih lengkap. Karena desktop memiliki keyboard terpisah, maka keyboard tersebut lebih mudah diganti. Hal ini berbeda dengan laptop di mana keyboardnya telah tertanam dalam perangkat sehingga diperlukan biaya yang mahal jika hendak melakukan penggantian keyboard.

Terutama jika kamu adalah gamer atau desain grafis, tentu Desktop akan sangat flexible menentukan jenis keyboard yang dibutuhkan. Karena biasanya gamer dan desain grafis membutuhkan jenis keyboard yang berbeda.

Harga

Walaupun menawarkan spek yang sama, harga desktop dan laptop dapat terpaut sangat jauh. Meskipun memiliki ukuran yang lebih besar, satu set desktop dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan laptop. Jika Anda memiliki budget terbatas, Anda sudah dapat memiliki desktop dengan spesifikasi sedang dan laptop dengan spesifikasi di bawah desktop tersebut.

Pernah dengar laptop harga 100jt? itu benar-benar ada. Ada banyak review di youtube mengenai hal itu. Dan saya tidak bisa membayangkan jika uang sebanyak itu digunakan untuk membangun sebuah komputer desktop.

Fleksibilitas Perangkat

Pertimbangkan apakah Anda hanya akan menggunakan perangkat tersebut di rumah/kos atau akan dibawa bepergian. Jika Anda termasuk tipe orang yang senang mengerjakan tugas di luar atau senang bepergian sambil membawa pekerjaan, maka desktop tentu tidak cocok untuk Anda karena perangkat tersebut berukuran besar dan harus terhubung dengan sumber daya listrik rumah.

Di sisi lain, laptop lebih sesuai untuk memenuhi kebutuhan ini karena bentuknya yang ringkas dan ringan. Bobot laptop yang ada di pasaran saat ini hanya berkisar antara 1 kg – 3 kg. Selain itu baterai pada laptop juga dapat bertahan selama beberapa jam sehingga Anda dapat menggunakannya di mana pun

Fitur Pendukung

Jika Anda ingin mencari perangkat dengan fitur – fitur pendukung yang lengkap dalam satu perangkat, laptop menjadi pilihan yang tepat. Saat ini laptop biasanya sudah dilengkapi dengan fitur WiFi, webcam, DVD, dan berbagai fitur lainnya. Sementara itu untuk desktop, Anda harus membeli perangkat tambahan agar dapat mendukung fitur tersebut

Perbaikan

Jika terjadi kerusakan, PC desktop cenderung lebih mudah untuk diperbaiki. Hal ini karena desktop memiliki komponen – komponen yang saling terpisah sehingga kerusakan dapat lebih mudah terdeteksi dan mudah diperbaiki. Sementara itu laptop lebih sulit karena komponennya memiliki ukuran yang lebih kecil dan juga kompleks. Oleh sebab itu biaya perbaikan laptop biasanya lebih mahal

Layar

Desktop biasanya menggunakan layar 14 inchi atau lebih besar dengan jenis layar terpisah dengan CPU. Sementara itu laptop saat ini hadir dengan ukuran layar yang lebih beragam yakni mulai dari 10 inch hingga 15 inch.

Nah itulah hal – hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih PC. Dengan mengetahui kebutuhan Anda, maka akan lebih mudah untuk menentukan apakah hendak membeli desktop atau laptop. Jika Anda mencari perangkat yang handal untuk bermain game online sehari – hari dan bekerja dengan desain sepanjang hari, desktop menjadi pilihan yang tepat. Namun jika Anda mencari laptop hanya untuk mengerjakan tugas kuliah, sesekali untuk bermain game, browsing internet, dan mencari perangkat yang dapat dibawa kemanapun, maka laptop dapat menjadi pilihan yang tepat. Jadi, intinya adalah mengetahui kebutuhan Anda.

Untuk mengetahui petunjuk membeli laptop silakan baca cara membeli laptop sesuai kebutuhan.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Related Posts

Speaker portable

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan

5 Speaker bluetooth portable terbaik harga murah tapi tidak murahan. Sedang mencari speaker yang mudah di bawa-bawa kemudian memiliki batrey yang bisa di isi ulang dan wireless? Artikel kami kali ini akan mengajak kamu memilih Read more…

Speaker portable

5 pilihan speaker bluetooth portable anti air untuk traveller terbaik saat ini

5 pilihan speaker bluetooth portable untuk traveller dan anti air terbaik saat ini. Jika kamu termasuk orang yang menyukai bepergian di setiap hari libur maka kali ini kami memiliki gadget yang pantas di beli dan Read more…

Terbaru

Cara membuat file PDF menggunakan microsoft office, versi apapun

Jika kemaren kamu telah mengentahui bagaimana cara edit PDF, maka sekarang saya akan menjelaskan cara membuat file pdf menggunakan microsoft office. File PDF File pdf adalah file yang paling aman saat ini untuk melindungi keutuhan Read more…

%d bloggers like this: