iPhone tergolong ponsel yang diperuntukkan bagi konsumen kelas menengah ke atas, sehingga tidak heran apabila harganya mahal. Tapi, saat ini iPhone tidak hanya digunakan oleh kalangan yang berdompet tebal, melainkan dari kelas menengah ke bawah. Hal itu dikarenakan iPhone telah dijual bebas, baik dalam kondisi bekas, refurbished maupun replika. Biasanya, toko online yang tidak resmi menjual iPhone refurbished dan replika dengan harga yang lumayan murah, jadi mudah dijangkau oleh mereka yang ingin mengikuti trend tapi mengalami kendala dana.

iPhone yang masih dijual di indonesia

Ciri-ciri IPhone Replika

Harga iPhone memang terbilang sangat mahal, tapi sebanding dengan kelebihan yang ditawarkan. Karena hal itulah, ponsel ini banyak diincar. Situasi yang seperti ini kadang dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk membuat iPhone replika atau palsu, lalu dijual di pasaran dengan harga yang terpaut jauh dari iPhone asli. Ini tentu akan merugikan konsumen, apalagi bila penjual mengatakan bahwa iPhone tersebut asli, padahal merupakan replika atau tiruan.

Supaya tidak terjebak, Anda harus mengetahui ciri-ciri iPhone replika berikut:

  1. Harga iPhone Replika Lebih Murah

Ciri-ciri iPhone replika yang paling utama ialah dari segi harga. Biasanya, iPhone replika dijual dengan harga yang sangat murah, bahkan tidak ada setengahnya dari harga iPhone original. Bila umumnya harga iPhone original sekitar Rp7.000.000, maka Anda bisa mendapatkannya hanya dengan Rp2.000.000.

Perlu diketahui, bahwa iPhone original tidak pernah dijual dengan harga 5 juta ke bawah. Jadi, Anda perlu curiga bila ada seller yang menawarkan ponsel tersebut dengan harga di bawah itu. Wajar bila seller menjualnya dengan harga lebih murah, sebab spesifikasi dan kualitas iPhone replika memang jauh berbeda dari iPhone original.

  1. Bahan iPhone Replika

iPhone original mempunyai body yang terbuat dari logam berkualitas premium, lain dengan iPhone replika yang didesain dari bahan logam biasa atau plastik. Perbedaannya bisa dilihat saat kedua iPhone tersebut diletakkan di atas meja dan dipegang. Karena berbahan premium, tentu iPhone asli lebih terasa kuat dan kokoh saat digenggam.

  1. Tampilan Layar

Tampilan layar iPhone original lebih jernih karena memakai teknologi Retina Display yang membuat kepadatan pixel pada layar lebih tinggi dengan ukuran pixel lebih kecil. Sementara pada iPhone replika, jarak antar pixel lebih lebar dan membawa ukuran pixel yang lebih besar. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menggunakan kaca pembesar. Jika layar terlihat buram, maka kemungkinan itu merupakan iPhone replika.

  1. Fitur Dual SIM

iPhone original tidak memiliki fitur dual SIM. Hanya IPhone replika atau palsu saja yang mempunyai fitur demikian.

  1. Slot Micro SD

Jika ada yang menawarkan iPhone dengan fitur slot micro SD dipastikan bahwa itu merupakan replika. Sebab, iPhone original hanya dibekali memori internal yang kapasitasnya bervariasi, mulai dari 16 GB, 64 GB hingga 128 GB.

  1. Sistem Operasi

Perbedaan iPhone original dan iPhone replika berikutnya bisa dilihat dari sistem operasi yang tertanam di dalamnya. Mungkin bila hanya dilihat desain bodynya, Anda tidak mengetahui apakah itu merupakan iPhone original atau replika. Tapi, jika Anda mengakses sistem operasi dan mengecek IMEI-nya, keaslian iPhone dapat dibuktikan. iPhone original hanya menanam sistem operasi bawaan Apple, yakni iOS, sedangkan pada iPhone replika biasanya menggunakan sistem operasi Android. Sehingga, toko aplikasi yang tersedia pada iPhone original ialah App Store dan untuk iPhone replika adalah Google Play Store.

  1. Kualitas Kamera

Mengingat harganya yang murah, tentu kualitas kamera pada iPhone replika tidak sebagus iPhone original. Jadi, bagi Anda yang hobby selfie atau fotografi, tidak akan memperoleh hasil gambar yang memuaskan apabila hanya mengandalkan resolusi dari kamera iPhone replika.

  1. Tidak Terdeteksi di iTunes

Anda bisa memastikan keaslian iPhone dengan menghubungkannya melalui iTunes. Apabila terdeteksi, berarti iPhone tersebut asli, sebaliknya bila kabel data dalam kondisi baik, namun iTunes tidak dapat mendeteksinya dipastikan bahwa itu adalah iPhone replika.

  1. Garansi iPhone

Apple memberi satu tahun garansi untuk mereka yang membeli iPhone original. Berbeda jika Anda membeli iPhone replika, garansi yang didapatkan mungkin hanya satu bulan atau bahkan tidak ada. Padahal dengan garansi tersebut, Anda bisa mengklaim bila terjadi kerusakan pada iPhone. Apple Reseller Premium akan menggantinya dengan unit baru apabila terdapat cacat fisik ketika produk diterima konsumen.

Sepintas, iPhone replika memang mirip dengan iPhone original apabila dilihat dari bentuk fisiknya. Untuk membuktikan keaslian iPhone, Anda bisa menyentuh body dan memeriksa sistem operasi yang digunakan. Sebab, dari situ perbedaannya akan sangat kentara.

Agar kamu tidak tertipu membeli iphone palsu kami sangat menyarankan membeli iphone di tempat yang terpercaya.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

telah beradar Rumor iPhone SE 2 terbaru di tahun 2018, seperti apa? · September 16, 2017 at 2:51 am

[…] SE 1, SE 2 akan mempunyai kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 1.700 mAh. Selanjutnya untuk memori penyimpanan, gawai ini memiliki dua varian, antara lain 32 GB dan 128 GB. Dengan perkiraan spesifikasi dan […]

Leave a Reply

Related Posts

Apple

Produk terbaru apple september 2017, ini listnya

Kali ini saya akan share mengenai produk apple yang baru saja di rilis 12 september kemaren. Kurang lebih butuh waktu 2 jam untuk apple memperkenalkan produk-produk barunya. Saya mungkin 5 menit dengan 600 kata. Haaa Read more…

iPhone

4 Handphone Android yang Setara Dengan IPhone 7 dan 7 Plus dan layak dipilih

Di setiap smartphonenya, Apple memang selalu menghadirkan fitur yang berkualitas. Bahkan, pada versi terakhirnya, yakni iPhone 7 telah dilengkapi chipset Apple A10 Fusion yang membuatnya sebagai ponsel tercepat di kelasnya. Namun, ternyata iPhone memiliki banyak Read more…

accessories iPhone

3 Aksesoris IPhone 7 dan 7 Plus yang meningkatkan produktivitas kamu

7 dan iPhone 7 plus telah dirilis oleh Apple pada awal September 2016 lalu. Tidak berbeda dengan generasi sebelumnya, iPhone ini hadir dalam versi yang berbeda, terutama dari segi layar. Jika iPhone 7 membawa layar Read more…

%d bloggers like this: