iPhone memang telah mendobrak pasar Indonesia. Mulai dari iPhone 6 hinggaiPhone 7 plus yang dirilis beberapa tahun belakangan ini tak pernah berhenti membuat konsumen kagum. Sebab, selain desainnya yang apik, fitur-fitur ponsel tersebut terus ditingkatkan. Hal itu membuat konsumen kesulitan dalam membeli iPhone yang sesuai tak hanya dari segi kebutuhan, tapi juga kantong.

Pertimbangan Dalam Membeli iPhone

5 tahun memakai iPHone

Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memilih iPhone 6, 6 plus, 7 dan 7 plus:

1. Desain

iPhone 6 dan 6 plus mempunyai desain yang sama, hanya dibedakan oleh ukurannya saja. iPhone 6 plus lebih panjang, lebar dan tebal dari iPhone 6. Tapi, bila digunakan untuk bepergian, iPhone 6 lebih cocok karena bentuknya ramping dan lebih praktis. Masing-masing hadir dengan layar kaca yang melengkung di bagian sudutnya. Layar tersebut menyatu dengan chasis aluminium yang terlihat stylish dan nyaman digengam.

Sedangkan pada iPhone 7 dan 7 plus memiliki desain yang elegan serta mewah karena bermaterial metal. Tapi, iPhone 7 lebih tipis dan ramping, sehingga bobotnya lebih ringan dan pas digenggaman.

Dalam urusan desain kami tidak begitu memberi perhatian karena keduanya memang mirip.

2. Layar

Seperti yang telah disebutkan, bahwa iPhone 6 plus mempunyai ukuran layar yang lebih luas dibanding iPhone 6, yakni 5,5 inci. Hal itu membuatnya lebih lega ketika digunakan untuk menunjang aktifitas sehari-hari, seperti berselancar di dunia maya atau menonton video dan film. Jika iPhone 6 membawa resolusi 1334 x 750 pixel dengan 326 Ppi, iPhone 6 plus telah dibekali dengan kualitas full-HD dengan 401 Ppi. Sehingga bisa dilihat kalau iPhone 6 plus lebih unggul karena mempunyai tampilan layar yang jernih dan tajam.

Sementara iPhone 7 yang layarnya berukuran 4,7 inchi membawa teknologi LED-backlit IPS LCD Capasitive, sama dengan sang kakak, iPhone 7 plus yang berukuran 5,5 inchi. Namun, resolusi yang dibawa oleh iPhone 7 hanya 750 x 1334 pixel dengan kerapatan 326 Ppi, sedangkan iPhone 7 sudah lebih baik dengan resolusi 1080 x 1920 pixel dan kerapatan 441 Ppi. Keduanya sama-sama dibekali Ion-strengthened glass dan IP67 certified.

Dalam urusan kamera kami menyarankan layar yang lebih besar seperti iPhone 6 plus ataupun iPhone 7 plus. Namun dalam urusan kualitas layar kami pikir tidak begitu bisa dibedakan.

3. Kamera

iPhone 6 dan Iphone 6 plus memiliki kamera depan yang fiturnya berbeda. iPhoe 6 hanya mendukung 3264 x 2448 pixels, phase detection autofocus, dual tone (dual-LED) flash, sementara iPhone 6 plus sudah dibekali optical image stabilization yang berguna untuk menstabilkan atau menyeimbangkan optik pada gambar. Fitur tersebut dapat menghilangkan blur yang muncul akibat getaran tangan ketika mengambil foto.

Dengan pencahayaan yang cukup, perbedaan hasil foto tidak terlalu kentara. Apalagi, kamera tersebut bisa menangkap foto dengan lebih cepat, sehingga bisa meminimalisir getaran. Tapi, bila Anda mengambil foto dengan iPhone 6 plus di kondisi pencahayaan yang kurang, hasilnya akan lebih tajam dan warnanya pun lebih jelas. Dari segi video, iPhone 6 plus mendukung fitur video optical stabilization yang dapat digunakan untuk mengurangi efek, sehingga hasilnya terlihat normal seperti aslinya.

Sedangkan pada iPhone 7 dan 7 plus dilengkapi dengan kamera belakang 12 MP. Tapi pada iPhone 7 plus menggunakan kamera belakang dual 12 MP dengan 2x optical zoom. Keduanya mendukung phase detection autofocus dan quad-LED flash. Dengan kamera tersebut, Anda bisa merekam video dengan kualitas hingga 2160p @30fps. Selain itu, kedua ponsel tersebut dibekali kamera depan 7 MP.

Dalam urusan kamera yang dimiliki masing-masing perangkat,nampaknya kamera iPhone 7 dan 7 plus sangat kami anjurkan. Selain memiliki kemampuan yang lebih baik namun juga fitur yang di tambahkan sangat membantu bagi kamu para pecinta gambar. Kamera ganda menjadi nilai lebih tersendiri.

4. Memori Internal

iPhone 6 dan iPhone 6 plus mendukung kapasitas memori internal yang bervariasi, mulai dari 16, 64 dan 128 GB serta 1 GB RAM. Semakin besar memori internal yang dibawanya, harganya pun semakin mahal. Sedangkan iPhone 7 dan 7 plus dibekali memori internal yang lebih besar, yakni 32, 128 an 256 GB (tanpa micro SD).

Kalau urusan memori, iPhone apapun yang kamu pilih kami tetap menyarankan untuk memboyong iPone minimal memiliki memory internal 32 Gb.

Setelah melihat perbandingan antara iPhone 6, 6 plus, 7 dan 7 plus di atas, kesimpulannya iPhone 7 plus lebih unggul. Sebab, bentang layarnya lebih luas dan beresolusi tinggi serta kemampuan kamera utama yang dibawa sangat baik dan telah dilengkapi dengan fitur 2x optical zoom. Selain itu, desain bodynya pun lebih ringan dan ramping, sehingga sangat nyaman digenggam.

Namun, pilihan tetap berada di tangan Anda. Jika mempunyai dana lebih, disarankan untuk membeli iPhone 7 plus, sedangkan bila dana Anda mepet tapi tetap ingin membeli ponsel dari Apple tersebut, silahkan memilih iPhone 6. iPhone 6 juga sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan iPhone atau sebelumnya pernah memakai ponsel dari vendor yang sama, tapi versi iPhone 5 atau di bawahnya.

Atau jika kamu masih bingung untuk menentukan pilihan, coba cek dulu iPhone terbaru yang baru saja di rilis apple kemaren. Yaitu iPhone 8 dan iPhone X.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Related Posts

Apple

Produk terbaru apple september 2017, ini listnya

Kali ini saya akan share mengenai produk apple yang baru saja di rilis 12 september kemaren. Kurang lebih butuh waktu 2 jam untuk apple memperkenalkan produk-produk barunya. Saya mungkin 5 menit dengan 600 kata. Haaa Read more…

iPhone

4 Handphone Android yang Setara Dengan IPhone 7 dan 7 Plus dan layak dipilih

Di setiap smartphonenya, Apple memang selalu menghadirkan fitur yang berkualitas. Bahkan, pada versi terakhirnya, yakni iPhone 7 telah dilengkapi chipset Apple A10 Fusion yang membuatnya sebagai ponsel tercepat di kelasnya. Namun, ternyata iPhone memiliki banyak Read more…

accessories iPhone

3 Aksesoris IPhone 7 dan 7 Plus yang meningkatkan produktivitas kamu

7 dan iPhone 7 plus telah dirilis oleh Apple pada awal September 2016 lalu. Tidak berbeda dengan generasi sebelumnya, iPhone ini hadir dalam versi yang berbeda, terutama dari segi layar. Jika iPhone 7 membawa layar Read more…

%d bloggers like this: