Membicarakan produk besutan Apple memang tidak akan pernah ada habisnya. Salah satu produk yang paling sering jadi buah bibir adalah iPhone, ponsel pintar yang kali pertama dirilis pada 2007. Selama 10 tahun terakhir, iPhone menjadi senjata Apple untuk bersaing dengan para kompetitor. Lantas setelah sukses merilis iPhone 7 Plus, Apple dikabarkan akan mengeluarkan produk teranyar pada kuartal kesatu 2018 mendatang. Seperti apa gawai teranyar dari perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut?

iPhone SE 2, gawai termurah dari Apple

rumor iPHone SE 2

 

Meski tanggal rilis resminya belum keluar, iPhone SE 2 sudah jadi topik perbincangan hangat di tengah pengamat teknologi. Salah satu media asal Prancis menyatakan bahwa Apple tengah menyiapkan ponsel pintar terbaru mereka. Desas-desus tersebut semakin diperkuat dengan sumber terpercaya dari Wistron, yakni pabrik yang bertanggung jawab atas perakitan iPhone SE generasi kesatu. Baru-baru ini, pabrik itu dikabarkan sedang mendirikan sebuah fasilitas anyar yang berlokasi di Bengalore, India.

Fasilitas tersebut tentunya dibangun untuk mengantisipasi peningkatan aktivitas produksi sampai kurun waktu lima tahun ke depan. Termasuk di antaranya adalah produksi iPhone untuk seri SE. Lalu, sumber ini mengatakan bahwa salah satu proyek yang sedang digarap adalah iPhone SE 2. Seperti generasi satu, SE 2 bakal menyasar target pasar kelas menengah ke bawah dan bakal diluncurkan kali pertama di India pada awal 2018. Sementara itu, negara-negara lain bakal menyusul. Menyoal tentang harga, SE 2 dikabarkan bakal dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada SE 1.

Spesifikasi dan fitur dalam iPhone SE 2

Kendati ditujukan untuk target pasar menengah ke bawah, iPhone SE 2 tetap dibekali dengan sejumlah fitur dan spesifikasi profesional. Sebut saja layar berukuran 4-4,2 inci. Kemudian, Apple A10 disematkan sebagai chipset dengan RAM 2GB dan iOS 11 sebagai sistem operasi terbaru. Buat Anda yang senang dengan dunia fotografi, iPhone SE 2 dikabarkan akan mempunyai kamera dengan resolusi 12 MP seperti yang ada dalam iPhone 7. Urusan swafoto pun akan semakin dimudahkan berkat kamera depan 5 MP.

Bagaimana dengan pasokan energinya? Dibandingkan iPhone SE 1, SE 2 akan mempunyai kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 1.700 mAh. Selanjutnya untuk memori penyimpanan, gawai ini memiliki dua varian, antara lain 32 GB dan 128 GB. Dengan perkiraan spesifikasi dan fitur di atas, iPhone SE 2 diperkirakan bakal dibanderol mulai 399 Euro (sekitar Rp6,2 juta).

Perubahan besar-besaran di bagian layar

Selain ponsel termurah, ada transisi besar-besaran yang Apple lakukan terhadap gawai-gawai terbaru yang bakal mereka terapkan, yakni menggunakan layar OLED per 2018. Sekarang, Anda mungkin belum bakal melihat kehadiran layar tersebut, sebab Apple rencananya hanya akan menyematkan layar OLED pada gawai kelas premium untuk menciptakan kualitas visual yang lebih baik dan tajam. Kabar baik ini tentunya akan semakin membuat banyak orang penasaran-terutama bagi Anda yang sudah memakai produk Apple dan memantau perkembangan mereka.

iPhone 8 menjadi salah satu produk yang beruntung mencicipi layar OLED. Dalam ponsel pintarnya ini, Apple pun akan menghilangkan tombol home. Kemudian, untuk dua ponsel pintar lainnya, Apple masih mempertahankan layar LCD. Gawai-gawai berlayar LCD tersebut diperkirakan bakal berada di pasaran sampai 2019 mendatang. Lantas, sebuah kabar yang datang dari Korea Selatan menyatakan iPhone 9 yang direncanakan hadir pada 2018 nanti tersedia dalam dua opsi ukuran layar, antara lain layar OLED 5,28 inci dan 6,46 inci.

Selain itu, masih ada sejumlah sumber lain yang mengungkapkan bahwa Apple sudah mengajukan investasi kepada LG untuk pabrik yang kelak memproduksi OLED. Di sisi lain, sampai tahun ini, Apple masih mengandalkan layar OLED produksi Samsung untuk iPhone 8. Sepertinya, perusahaan teknologi ini telah melakukan persiapan khusus untuk mencegah kurangnya pasokan layar OLED untuk gawai yang akan rilis pada 2018 mendatang. Semakin penasaran buat melihat produk-produk terbaru besutan Apple, bukan? Mari kita tunggu kejutan mereka di tahun depan.

Kesimpulannya kemuncululan iPHone SE 2 yang murah memang belum jelas. Namun yang sudah pasti jelas sekarang tersedia adalah iPhone 8 dan iPhone X. Yuk cek semua mengenai iPhone terbaru apple september 2017.

Categories: iPhoneiPhone SE

khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Related Posts

Apple

Produk terbaru apple september 2017, ini listnya

Kali ini saya akan share mengenai produk apple yang baru saja di rilis 12 september kemaren. Kurang lebih butuh waktu 2 jam untuk apple memperkenalkan produk-produk barunya. Saya mungkin 5 menit dengan 600 kata. Haaa Read more…

iPhone

4 Handphone Android yang Setara Dengan IPhone 7 dan 7 Plus dan layak dipilih

Di setiap smartphonenya, Apple memang selalu menghadirkan fitur yang berkualitas. Bahkan, pada versi terakhirnya, yakni iPhone 7 telah dilengkapi chipset Apple A10 Fusion yang membuatnya sebagai ponsel tercepat di kelasnya. Namun, ternyata iPhone memiliki banyak Read more…

accessories iPhone

3 Aksesoris IPhone 7 dan 7 Plus yang meningkatkan produktivitas kamu

7 dan iPhone 7 plus telah dirilis oleh Apple pada awal September 2016 lalu. Tidak berbeda dengan generasi sebelumnya, iPhone ini hadir dalam versi yang berbeda, terutama dari segi layar. Jika iPhone 7 membawa layar Read more…

%d bloggers like this: