iPhone memang terkenal dengan harga yang mahal, namun juga terkenal dengan pelit memori. Ini dialami oleh mereka para pemilik iPhone dengan memori 16 GB.

Sayangnya pemilik iPhone dengan memori 16 GB tergolong banyak sehingga isu space almost full sangat terkenal sebagai kelemahan iPhone.  Kekurangan itu di dukung dengan tidak tersedianya slot memori external pada iPhone. Satu.satunya jalan jika ingin lega dalam menggunakan iPhone tanpa merasa dibatasi space memori maka harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk membeli iPhone yang memiliki memori lebih besar. Atau rela repot menggunakan memori external tambahan.

memori penuh di ios 11

Update iOS 11

Dalam update iOS 11 yang kemarin baru di luncurkan apple, ada beberapa usaha apple untuk menanggulangi masalah tersebut. Diantaranya di berlakukannya format gambar HEIF dan format video HEVC. Format tersebut di claim mampu menghemat space sebesar 50% tanpa mengurangi kualitas.

Selain itu tips dibawah ini adalah cara terbaik untuk mengatasi memori iPHone penuh di iOS 11

1. Hidupkan automatic offload app

Ini fitur yang sangat membantu hadir di iOS 11. Dengan adanya fitur ini kamu bisa menghemat memori iPhone hingga 50%.

Bagaimana cara kerjanya?

Ketika fitur ini di hidupkan, maka iOS akan secara otomatis mendeteksi jika iPhone kamu dalam keadaan memori yang kritis sedangkan kamu akan menggunakan iPhone untuk memfoto atau merekam video maka beberapa aplikasi yang jarang digunakan (rentang waktu satu minggu) akan di hapus.

Namun penghapusan otomatis ini hanya sementara ketika memori sudah kembali kosong aplikasi ini akan di download lagi dan tanpa kehilangan data serta setting sebelumnya.

Tentunya ini akan sagnat membantu.

Bagaimana cara mengaktifkannya?

Silakan pergi ke setting>General>iPhone storage / iPad Storage. Kemudian aktifkan Offload Unused Apps

2. Ikuti rekomendasi pengaturan memori

iOS 11 hadir dengan petunjuk untuk menggunakan memori dengan bijak. Seolah semakin pintar dalam memberikan saran bagi penggunanya. Beberapa saran akan di berikan oleh iOS seperti menghapus file-file lama yang takpernah di gunakan.

3. Dissable automatic download media pada wahtsapp, BBM dkk

Aplikasi pesan adalah yang paling sering digunakan, terutama whatsapp. Seiring berkembangnya teknologi kirim pesan bukan hanya text melainkan gambar dan video. Nah dewasa ini aplikasi pesan memberikan pilihan pada kita berkaitan dengan gambar dan video.

Bagi kamu yang memiliki memori terbatas, pastikan settingan kamu adalah matikan automatic download media pada aplikasi tersebut.

Karena jika otomatis download, semua gambar dan video kiriman teman dan group akan masuk ke dalam media foto dan video. Ini akan menguras memori iPhone tanpa kita sadari.

4. Delete local media content

Sama seperti whatsapp yang menyimpan semua media dalm satu album di iPHone. Ini sangat memudahkan kamu jika ingin menghapus semua media yang datang dati aplikasi pesan tersebut.

Coba kamu cek di media disitu akan kamu temui album yang berjudul aplikasi ang dapat mengakses photo dan video. Silakan hapus media dari album tersebut.

5. Delete safari cache

Meski tidak begitu berpengaruh karena biasanya sampah ini hanya kisaran beberapa MB saja. Namun ini dirasa perlu untuk merawat iPhone tetap bersih dan membuat iPhone lebih ringan.

6. Disable HDR photo dan live Photo.

Memang fitur ini akan menambah pengalaman dalam menggunakan iPhone menjadi lebih baik dan menarik. Dengan adanya gambar yang lebih jernih dengan fitur HDR dan lebih hidupnya album photo dengan fitur live photo. Namun bagi kamu yang memiliki masalah dengan memori, menurut saya lebih bijak jika di-nonaktifkan saja.

Dengan menon-aktifkan fitur tersebut kamu hanya akan mendapatkan file foto biasa dari aktivitas pengambilan gambar yang kamu lakukan. Ini tentu akan menghemat ruang yang di perlukan dalam menyimpan gambar.

7. Hapus foto di recycle bin album (recently delete album)

Silakan bukan photo kemudian cari album recently deleted album, maka kamu akan menemui photo yang di hapus berada di album tersebut. Fitur ini memang berguna layaknya recycle bin pada windows. Karena dengannya kita masih bisa melakukan recovery pada file yang kita hapus dalam rentang waktu satu bulan. Dan otomatis di hapus jika dalam waktu 30 hari tidak di restore.

Memang ada kalanya fitur ini sangat berguna namun juga menjadi sia-sia aktivitas bersih-bersih foto yang kita lakukan. Karena bersih-bersih foto tidak akan menambah space tanpa di ikuti penghapusan juga di album recently deleted.

Jadi pastikan untuk file yang tidak penting  setelah di hapus tolong di hapus juga keberadaannya di album recently deleted.

8. Automatically delete old messages

Ini juga fitur yang sangat membantu jika kamu sering menggunakan pesan bawaan iPhone. Fitur automatically delete old messages akan menghapus pesan yang usianya lebih dari satu bulan. Namun mesti berhati-hati jika pesan tersebut merupakan pesan yang penting.

9. Minimalis siri

Siri memang bisa mengerti berbagai bahasa, namun file bahasa tersebut akan memakan ruang hingga 900Mb untuk satu bahasa. Jadi menurut saya jika kmu memiliki masalah dengan memori gunakan satu bahasa saja untuk siri. Bahasa inggris sangat di rekomendasikan.

10. Hindari download music baik itu apple music, spotify, joox dll

Memang dengan melakukan download music menjadi offline akan membuat kita bisa mendengarkan music di manapun bahkan tanpa koneksi internet. Namun itu akan mengurangi space memori yang kamu punya.

11. Refresh aplikasi

Refresh aplikasi maksudnya adalah menghapus aplikasi kemudian mendownloadnya lagi. Hal ini akan menghapus data dan cache dari aplikasi tersebut. Dan yang paling ketara adalah space memori menjadi sangat lega.

12. Gunakan memori external untuk iPhone

Hal ini sudah saya bahas dalam posting memori external iPhone up to 64 GB.

 


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

20 tips fitur terbaru iOS 11 pada iPhone dan iPad yang akan meningkatkan produktivitas kamu secara drastis · September 24, 2017 at 3:43 pm

[…] iOS 11 telah rilis dan sayapun telah menigstallnya pada iPhone dan iPad yang saya miliki. Jadi kurang lebih saya telah mengalami sendiri bagaimana impresi dari iOS 11 ini. […]

Leave a Reply

Related Posts

Tips iPhone

Paket Internet Terbaik untuk iPhone, Telkomsel, Indosat, hingga XL

Mencari paket internet yang tepat untuk iPhone bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebagian besar provider kartu GSM yang ada di Indonesia tampak berlomba-lomba mengeluarkan paket untuk iPhone dengan harga menggiurkan. Hal ini membuat banyak orang menganggap kalau sistem Read more…

Terbaru

20 tips fitur terbaru iOS 11 pada iPhone dan iPad yang akan meningkatkan produktivitas kamu secara drastis

iOS 11 telah rilis dan sayapun telah menigstallnya pada iPhone dan iPad yang saya miliki. Jadi kurang lebih saya telah mengalami sendiri bagaimana impresi dari iOS 11 ini. Overall iOS 11 memang sesuai expetasi, memudahkan Read more…

%d bloggers like this: