iOS 11 telah rilis dan sayapun telah menigstallnya pada iPhone dan iPad yang saya miliki. Jadi kurang lebih saya telah mengalami sendiri bagaimana impresi dari iOS 11 ini.

Overall iOS 11 memang sesuai expetasi, memudahkan berbagai macam aktivitas sehari-hari. untuk lebih detailnya berikut kami sajikan 20 tips fitur terbaru iOS 11 pada iPhone dan iPad yang  meningkatkan produktivitas kamu secara drastis.

memori penuh di ios 11

1. Atur sendiri Control center sepuasnya

Kali ini iOS 11 akan mengijinkan kamu untuk membuat jalan pintas yang lebih banyak. Sebut saja beberapa short cut yang dulu belum ada namun sangat kita butuhkan adalah matikan data, voice record.

HIngga fitur yang sangat menguntungkan bagi pada Vloger yang ingin share aktivitas iPhone mereka, yaitu screen recorder. Ini berfungsi merekan layar iPhone. Selain itu hasilnya pun bisa di edit dan sebagainya.

Untuk melakukan cutomize control centre ini dapat kamu lakukan dengan menuju setting>Control setting> customize control center.

2. Record Screen iPhone dan iPad tanpa bantuan Mac

Jika sebelumnya untuk merekam layar iPhone dan iPad kita membutuhkan komputer Mac atau player apple, kini untuk melakukan hal itu bisa melalui iPhone.

Caranya silakan customize control setting dan munculkan menu record screen.

3. Komunikasi dengan siri menggunakan text

Jika sebelumnya kamu hanya bisa berkomunikasi dengan siri menggunakan suara, hal ini akan mengganggu ketentraman publik jika kamu berkomunikasi dengan siri menggunakn suara. Misal kamu sedang meeting, namun membutuhkan bantuan siri untuk menyelesaikan suatu tugas tentu jika menggunakan perintah suara maka akan mengganggu dan memecah konsentrasi. Untuk itu dengan hadirnya text to siri maka kesulitan tadi tidak akan terjadi lagi.

Kamu dapat berkomunikasi dengan siri menggunakan text di iOS 11.

4. Automatic offload untuk iPhone dengan memori terbatas

Ini adalah fitur terbaru yang akan membantu kamu menyelamatkan iPhone ketika memori terbatas. Fitur ini akan menghapus aplikasi namun tetap menjaga file setting dan lainnya dalam iPhone. Sehingga memori akan berkurang namun tetap menjaga data aplikasi kamu tidak hilang.

Aplikasi yang akan dihapus adalah aplikasi yang tidak digunakan selama satu minggu terakhir. Silakan aktifkan fitur ini di setting>storage>offload unused app. Hidupkan fitur tersebut.

5. Scan QR codes langsung dari camera

Jika sebelumnya kamu membutuhkan bantuan aplikasi ketiga untuk melakukan scan AR codes, kini iOS 11 menyediakan fitur tersebut saat kamu sedang membuka kamera.

6. Scan dokumen di aplikasi notes

Jika sebelumnya kamu menggunakan office lens untuk scan dokumen, kali ini fitur scan dokumen ada di aplikasi bawaan iPhone. Notes dapat melakukan scan dokumen tanpa bantuan aplikasi ke-3.

7. Edit live photo sekarang menjadi mungkin

Jika sebelumnya kamu harus share apa adanya live photo yang kamu ambil, kini kamu bisa meng-edit live photo pada menunya.

8. Zoom maps app dengan satu tangan

Klik dan drag ke bawah untuk zoom out dan klik dan drag keatas untuk zoom out. Kini kamu hanya membutuhkan satu tangan untuk mengoperasikan maps app.

9. Aktifkan fitur papan ketik satu tangan

Fitur papan ketik satu tangan tentu akan sangat membantu. Terutama untuk layar yang lebar.

10. Edit screen shoot langsung

Setelah melakukan screenshoot hasil gambarnya tidak langsung masuk ke media melainkan iOS 11 menawarkan apakah hasilnya akan di edit dahulu atau tidak.

11. Memindahkan aplikasi banyak sekaligus

Jika sebelumnya kamu harus melakukan drag aplikasi satu-satu ketika akan mengatur layout home screen. Kini kamu dapat melakukannya sekaligus banyak.

Caranya seperti biasa klik dan tahan hingga aplikasi melayang, setelah itu kumpulkan aplikasi yang akan kamu pindahkan.

12. Kini iPad layaknya komputer

Jika sebelumnya untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain harus klik home dua kali, kini iOS 11 pada iPad layaknya komputer, kamu bisa melihat aplikasi yang terbuka dan beberapa aplikasi yang sengaja kamu setting berada di task bar sama seperti windows.

13. Multi tasking pada iPad mirip komputer

Kini iPad sama seperti komputer dalam hal membuak banyak aplikasi. Kamu bisa melakukan drag geser sana dan sini untuk aplikasi yang sedang terbuka.

14. Drag and drop antar aplikasi

Memindahkan file antar aplikasi kini bisa dilakukan dengan drag and drop.

15.Sembunyikan notifikasi saat layar di kunci

Ini adalah dilema sebenarnya. Ketika layar dikunci namun notofokasi masih bisa terlihat seperti pesan dan lainnya. Bahkan bisa dibalas langsung.

iOS 11 memberikan kita settingan tambahan yaitu sembunyikan notifikasi ketika layar di kunci. Kamu dapat menemukan setting tersebut di Setting >notification>show preview. Nah silakan centang when unlocked.

16. Block spam dengan standar otomatis

Kini hadir fitur blok sms yang memiliki ciri-ciri spam. Silakan menuju setting >message>unknown and spam.

17. Gunakan dark mode

Fitur dark mode dapat kamu akses di setting>general>accessibility>display accomodation>invert color>smart invert

18. Gunakan apple pencil walau iPad dalam keadaan lock

Dengan adanya fitur ini kamu dapat dengan cepat menambahakan catatan menggunakan apple pencil. Cukup ketukkan apple pencil pada iPad walau sedang terkunci maka aplikasi notes akan terbuka.

19. Lihat notifokai yang lalu saat iPhone terkunci

Kini kamu dapat mengetahui notifikasi yang telah lalu walaupun iPhone masih dalam keadaan terkunci.

20. Disable background app refresh ketika menggunakan data selular

Untuk menghemat data selular kamu maka aktifkan fitur ini akan sangat membantu. Jadi aplikasi hanya akan menggunakan data ketika di buka saja. Namun tenang aplikasi pesan akan tetap menerima pesan walau tidak di buka.

Itu dia 20 tips trik iOS 11 yang akan menambah produktivitas kamu secara drastis. Lalu apa fitur favorit kamu untuk iOS 11 kali ini?


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Related Posts

Internet

Cara mengatasi IDM tidak muncul otomatis di google chrome

Kamu terbiasa memainkan video youtube kemudian saat video main pop up IDM muncul untuk jalan pintas download videonya? Jika iya maka IDM kamu masih berfungsi dengan baik. Namun jika tiba-tiba ketika kamu memainkan video sudah Read more…

Apple

Produk terbaru apple september 2017, ini listnya

Kali ini saya akan share mengenai produk apple yang baru saja di rilis 12 september kemaren. Kurang lebih butuh waktu 2 jam untuk apple memperkenalkan produk-produk barunya. Saya mungkin 5 menit dengan 600 kata. Haaa Read more…

Tips iPhone

Paket Internet Terbaik untuk iPhone, Telkomsel, Indosat, hingga XL

Mencari paket internet yang tepat untuk iPhone bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebagian besar provider kartu GSM yang ada di Indonesia tampak berlomba-lomba mengeluarkan paket untuk iPhone dengan harga menggiurkan. Hal ini membuat banyak orang menganggap kalau sistem Read more…

%d bloggers like this: