Cara edit file PDF tanpa install aplikasi hanya modal browser

85 views

Halo teman-teman, Kembali lagi bersama saya dan kali ini saya akan membahas mengenai cara yang sangat populer di dunia perkantoran yaitu melakukan edit terhadap file PDF.

Jika dalam beberapa posting saya telah menjelaskan berbagai macam cara mengedit file PDF salah satunya menggunakan Microsoft Office ada juga menggunakan Adobe Acrobat dan berbagai cara yang lainnya.

Maka kali ini saya akan mencoba hal yang berbeda yaitu melakukan edit PDF tanpa menginstal aplikasi apapun di dalam komputer bahkan bisa dilakukan juga pada Smartphone atau handphone. Karena Hanya Bermodal sebuah Browser yang tentu saja browser ini telah dimiliki secara default baik oleh komputer Kamu atau oleh Smartphone-Smartphone yang beredar saat ini.

Jelas terdapat perbedaan dengan beberapa cara yang telah saya bagikan diantaranya adalah jika menggunakan Microsoft Office kita harus menginstal Microsoft Office kemudian Terkadang juga kita terkendala dengan masalah lisensi yang tentu saja kita tahu bahwa Microsoft Office memiliki lisensi yang cukup mahal. Rata-rata adalah 1.5jt sampai 2 juta untuk versi-versi yang berbeda. Namun beberapa orang juga telah biasa menggunakan Microsoft Office tanpa memiliki lisensi yaitu dengan cara-cara yang tidak ilegal. Kemudian ada lagi cara menggunakan Adobe Acrobat Pro. Yang satu ini juga tidak gratis memiliki lisensi yang harus ditebus dan tidak murah.

Cara yang akan kita bahas kali ini sedikit berbeda dari cara yang sebelumnya. Kita melakukannya dengan cara offline, namun kali ini kita menggunakan secara online jadi memang ada sedikit pengorbanan yaitu jaringan internet. Ini tidak mahal kok hanya proses kita mengupload dokumen yang kita inginkan kemudian kita edit sesuai kebutuhan kemudian setelah jadi kita download. Proses ini seluruhnya gratis hanya kita membutuhkan koneksi internet saja.

Tapi tidak semua gratis ada juga yang berbayar dengan berbagai kelebihan. Saya pikir edit pdf tidak dilakukan setiap hari untuk versi berbayar adalah hal yang dipikirkan nanti jadi kita gunakan versi gratis pertama dulu. Biasanya kita diberi masa percobaan.

Teknis nya seperti apa?

Secara teknis kita menuju ke website website yang memberikan layanan gratis ataupun berbayar untuk edit file PDF kemudian setelah kita mengunjungi website tersebut kita melakukan upload file PDF. Lalu setelah itu kita bisa mengedit secara online free PDF sesuai kebutuhan yang kita inginkan setelah jadi kita download kembali hasil yang telah berubah tersebut.

Satu hal yang menjadi perhatian cara yang kita lakukan ini adalah mengenai keamanan dan kerahasiaan file PDF yang kita upload. Terkadang file PDF yang kita edit adalah email yang memiliki sensitifitas data yang tinggi sehingga masalah keamanan perlu diperhatikan dalam hal ini. Untuk itulah beberapa referensi yang kami berikan website-website yang kami berikan memang memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga kerahasiaan dari dokumen yang kita upload.

Untuk itu selama file PDF yang kita edit itu bukan hal yang memiliki nilai yang tinggi. saya pikir cara ini patut untuk dicoba. Namun untuk file PDF yang memiliki nilai yang tinggi Misalkan seperti sertifikat dan lain-lain sebaiknya berkorban sedikit untuk membeli aplikasi offline seperti Microsoft Office atau Adobe Acrobat Pro atau bisa juga menggunakan jasa jasa edit PDF yang biasanya ada di beberapa outlet komputer di pinggir jalan. Kami pun bersedia untuk melakukan edit pdf yang kamu miliki dengan menghubungi kami melalui halaman kontak.

Kelebihan lainnya

Kelebihan yang lain dari cara ini adalah kamu bisa melakukan upload file PDF bukan hanya dari komputer namun bisa juga dari layanan Penyimpanan file online lain seperti Dropbox dan dari Google Drive.

Kemudian selain bisa melakukan editor PDF cara ini juga bisa digunakan untuk melakukan konversi atau merubah file PDF menjadi bentuk yang lain semisal PDF menjadi Microsoft, Word Microsoft Excel, Powerpoint atau juga PDF menjadi gambar. Hal yang Sebaliknya juga bisa dilakukan yaitu merubah dari format lain menjadi file PDF.

Kemudian cara ini juga memiliki kemampuan lain seperti memperkecil file PDF, memisahkan file PDF, menggabungkan file PDF, kemudian memberikan tanda tangan pada file PDF, mengunci file PDF dan juga memberikan perlindungan yang kuat terhadap sel PDF yang kamu miliki.

Mari langsung saja kita menuju ke website website yang menyindir menyediakan layanan seperti di atas.

Cara edit file PDF tanpa install aplikasi hanya modal browser.

1. SmallPDF >

smallpdf ini adalah aplikasi yang berasal dari mancanegara namun dia sudah memiliki versi bahasa Indonesianya. Sehingga sangat memudahkan kita untuk menggunakan.

Sama seperti yang saya Sebutkan diatas bahwa kelebihan dari website ini mampu mengubah dan mengedit file PDF yang kamu miliki. Selain itu memiliki fitur lain seperti kompres menggabungkan mengedit dan memberikan tanda tangan dan perlu diketahui juga bahwa memiliki versi offlinenya jadi ternyata ini aplikasi PDF converter yang juga memiliki versi offline.

cara edit pdf

Mari kita coba terlebih dahulu versi websitenya Seperti apa. Pertama kita akan melakukan upload file PDF dari komputer saja karena ini lebih praktis. ya kalau menggunakan fitur upload dari Dropbox dan juga dari Google Slash Saya rasa ini terlalu ribet karena pasti membutuhkan login.

Setelah kita melakukan upload file PDF dan prosesnya pun sangat cepat kita disuguhi tool mulai dari menambahkan teks, menambahkan gambar, menambahkan sheet dan juga menggambar. Menggambar sesuai dengan yang kita inginkan misalkan kita ingin menambahkan tanda tangan maka kita bisa menggunakan fitur gambar di sini. Kemudian tombol berikutnya adalah tombol Apply. Apply di sini ketika semua proses telah dirasa cukup maka klik Apply untuk melakukan proses yang telah kita lakukan tadi.

Setelah selesai maka pada halaman utama akan muncul pilihan. Pertama ada pilihan mendownload file yang telah kita edit, Kemudian yang kedua adalah memindahkan file ke Dropbox, yang ketiga memindahkan file ke Google Drive yang ke-4 mengubah file PDF menjadi Excel dan yang kelima adalah mengubah file PDF ke Microsoft Word. Tentu Inilah Pilihan yang sangat menarik dan sangat bermanfaat untuk kita sehingga sangat fleksibel.

cara edit pdf 2

Saya telah membuktikan dan mencobanya sendiri walaupun hanya satu kali aplikasi ini gratis. Ketika saya melakukan klik download output yang telah kita ubah itu benar-benar download ke dalam komputer kita tanpa ada harus login atau yang lainnya dan ketika filenya saya buka di situ pun tidak ada yang namanya Watermark yang menandai bahwa file PDF adalah kita edit menggunakan aplikasi tertentu. Menurut saya ini sangat recommended sekali untuk digunakan.

Versi offline

Sekarang kita akan mencoba versi desktop atau versi offline dari smallpdf. Pertama kita mendownloadnya terlebih dahulu software yang disediakan ada di bagian bawah halaman klik saja unduh. Ukurannya ada 100 mb lumayan besar namun jika dibandingkan dengan manfaatnya ini tidak menjadi masalah mari kita lihat Seperti apa nilai guna yang diberikan oleh aplikasi offline dari smallpdf ini.

Setelah selesai mendownload silakan diinstal dengan dua kali klik. Aplikasi ini sangat kompatibel dengan Windows versi apapun yang tentu saja untuk saat ini kamu telah menggunakan Windows yang terbaru misalkan Windows 8, Windows 7 dan juga Windows 10.

pada saat kita memulai klik dua kali kita akan disuguhi dengan tombol start start Di sini ternyata sudah dipersilahkan untuk memilih file PDF jadi proses instalasinya tidak terlalu sulit dan aplikasi ini seperti portable. Setelah saya periksa di drive C, Aplikasi ini tidak mengopy file ke dalam drive jadi ini adalah seperti aplikasi portable sangat recommended sekali.

lalu sekarang bagaimana dengan performanya Apakah sama seperti versi website? saya akan mencoba memilih file PDF yang di samakan dengan file yang tadi kita buka dan disini disuguhi menu yang sama namun lebih lengkap ada kompres convert ke Microsoft, Word convert ke Excel , ke PowerPoint dan juga convert ke sel gambar. Ditambah lagi ada fitur print dan berbagai menu yang lainnya.

Oh ya perlu diketahui bahwa versi desktop ini ternyata diberikan tenggang trial selama 7 hari jadi untuk versi gratis bisa digunakan selama 7 hari kedepan. Namun untuk versi bayarnya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama jadi. Jika kamu membutuhkan converter yang simpel dan singkat mungkin menggunakan versi website lebih baik. Namun jika ingin digunakan dalam kondisi offline dengan alasan agar tidak melakukan upload file karena file pdf dibilang berharga maka versi offline sangat rekomended.

Versi berbayar

Mari kita lihat Bagaimana dengan versi berbayarnya. saya akan mencoba untuk mengaktivasi versi berbayar. Di sini terdapat pilihan yaitu unlimited Processing, compress and convert PDF offline cancel subscribe any time dan ada garansi 14 Hari uang kembali.

edit pdf offline

Untuk harganya, sendiri disini ada dua pilihan yaitu 6 Dolar dalam satu bulan atau 48 Dolar dalam jangka waktu setahun cukup murah.

untuk melakukan pembayaran kamu bisa menggunakan kartu kredit ataupun Paypal yang kamu miliki. Dengan harga $6 per bulan saya pikir ini bukan sesuatu yang mahal jika memang intensitasnya sering, namun jika intensitasnya jarang maka bisa menggunakan versi trial atau menggunakan versi website yang tersedia.

Itu dia cara melakukan convert dan mengedit PDF tanpa menginstal aplikasi apapun itu hanya menggunakan browser.

Untuk memulainya silakan menuju halaman smallpdf.

Sebenarnya masih banyak sekali website yang menyediakan fitur tersebut kita akan membahas pada kesempatan yang lain Demikian dari saya terima kasih

Tags: #edit pdf #ofline #online #smallpdf

Leave a reply "Cara edit file PDF tanpa install aplikasi hanya modal browser"

Author: 
khedi
Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.