Cara Menyamakan Volume file MP3

1875 views

Yang suka memainkan mp3 menggunakan USB dan dicolokin ke speaker aktif atau pemutar mp3 yang lainnya, pasti pernah mengalamin beberapa lagu terdengar enak di telinga tapi beberapa lainnya tiba-tiba terdengar sangat keras. Kesel pasti. Misalkan kamu lagi asik mendengarkan lagu melo yang rata-rata memiliki volume lembut dan lirih, pada play back berikutnya adalah lagu rock. Kebetulan volume-nya terseting dalam file Mp3 tersebut pada ukuran yang tinggi. Langsung deh , kaget sangkin kerasnya.

Fenomena itu umum terjadi karena setiap file Mp3 terbentuk dengan prosesnya sendiri dengan settingang masing-masing pembuatnya. Bisa juga terpengaruh dari kualitas dari file Mp3. File Mp3 yang dihasilkan sari dapur rekaman langsung dan memiliki kualitas teratas akan memiliki suara yang jernih dan menyenangkan. Sedangkan ada juga file Mp3 yang berasal dari rekaman radio atau lainnya yang tentunya suara yang dihasilkan buruk atau terlalu lirih.

Nah kali ini saya akan berbagi bagaimana cara menyamakan volume file mp3 kamu. Jadi ketika file dimainkan,bunyi yang dihasilkan secara default akan sama. Monggo disimak;

  1. Download aplikasi mp3gain disini (SKIP AD) dan instal di lapto/pc kamu,
  2. Setelah diinstall, jalankan mp3gain. Biasanya shortcut nya  akan muncul di desktop ,
  3. Masukan file mp3 yang akan kamu up volumenya, disitu ada pilihan add file dan add folder. Add file untuk menambahkan file mp3 satu per satu, sedangkan Add folder untuk menambahkan file mp3 sekaligus satu folder.
  4. Setelah file dimasukan, mulailah memproses up volume mp3.Untuk mengetahui status db file mp3 saat ini, klik track analyz. Nanti akan muncul berapa db volume mp3 saat ini, dan naikan sesuai selera dengan mengisikan angka pada kotak yang disediakan. Secara default akan menunjukan angka 89db , saya sendiri biasanya ubah menjadi 89-95, karena jika terlalu tinggi akan kurang nyaman didengar.
  5. Setelah diisi parameternya ,sekarang klik track gain, dan tunggu proses selesai,
  6. Setelah selesai maka kamu memiliki file mp3 dengan volume ang merata,

mp3gainmp3gainBeberapa file Mp3 tidak bisa di upgrade volumenya dekarenakan beberapa faktor, jadi saran saya agar kamu mencari fil eMp3 yang berkualitas sama. Misalkan sama-sama hasil konvert dari video klip atau sama-sama hasil kopy dari DVD musik. Maka hasil dari upgrade ataupun downgrade akan baik. Baca juga Alternatif Karokean Di Komputer murah dan mudah.

Tags: #mp3 #mp3gain #trik mp3

Leave a reply "Cara Menyamakan Volume file MP3"

Author: 
    author