Tips Android: Menyimpan halaman web untuk dibaca offline

7569 views

Beberapa waktu yang lalu saya sudah membagikan cara menyimpan halaman web untuk dibaca offline pada komputer yaitu menggunakan browser google chrome dan mozila. Keduanya sangat menguntungkan, selain untuk menyimpan halaman agar suatu saat dapat dibaca kembali tapi juga untuk menghemat kuota internet. Karena kita tidak perlu lagi menghubungkan komputer kita dengan internet saat akan membaca halaman yang sudah tersimpan.

 

Untuk kali ini saya akan membagikan hal yang sama akan tetapi berbeda device yaitu device smartphone ber-OS android. Langsung saja bagaimana cara menyimpan halaman web di hp Android adalah sebagai berikut;

a. Menyimpan halaman untuk di baca offline di Android mengggunakan Operamini.

  1. Download browser operamini. Gunkan link ini untuk download via google play. Akan tetapi jika kamu sudah memilikinya berarti tidak usah menginstal nya lagi. Langsung dibuka saja.
  2. Sekarang silahkan kamu mencari halaman website yang akan kamu simpan.
  3. Setelah menemukan halaman website yang akan kamu simpan, sentuh gambar opera (biasanya ada di bagian atas).
  4. Pilih bookmark (untuk membookmark halaman yang kamu inginkan) dengan catatan ketika kamu hendak membuka bookmark kamu masih membutuhkan koneksi internet.  save page operamini
  5. Lalu bagaimana cara save page (menyimpan halaman ) dan ketika kamu membukanya kembali tidak membutuhkan koneksi internet? kamu pilih saved page, kemudian pilih add tanda Plus warna hijau (+) agar halaman yang kamu mau tersimpan. save page operamini
  6. Akan tetapi jika tanda plus tidak muncul berarti halaman masih dalam keadaan loading. Jadi untuk bisa menyimpan halaman tadi kamu harus menunggu halaman termuat sempurna atau kamu memaksanya berhenti loading dengan menyentuh icon silang (X). Lihat gambar dibawah. save page
  7. Tentukan nama atau biarkan default saja. Dan pilih save. Lihat gambar dibawah!
  8. Selesai. Untuk melihat hasilnya silahkan buka pada tab saved page. Lihat gambar dibawah! save page operamini

b. Menyimpan halaman web untuk di baca offline menggunakan UC browser

Jika kamu yang tidak menyukai  operamini, maka ada alternatif lain yang bisa kamu gunakan. Ya... jika kamu pengguna browser UC browser, kamu juga bisa menyimpan halaman website untuk di baca offline dengan mudah. Simak dibawah ini:

  1. yang pertama dan jelas pasti harus kamu lakukan adalah download UC browser terlebih dahulu. Silakan kunjungi google play strore dan lakukan pencarian untuk UC browser.
  2. Setelah di install silakan dibuka, dan lakukan browsing. Misal kamu kunjungi Khedisfile.com
  3. Tanpa melakukan apapun sebenarnya kamu sudah bisa melakukan save page dengan melakukan bookmark ataupun save page. Namun itu akan membutuhkan internet ketika membukanya lagi so pasti bukan offline namanya.
  4. Lanjut, silakan kamu bukan lagi google play store dan lakukan pencarian dengan kata kunci "uc brpwser plugin".
  5. Akan muncul banyak sekali plugin atau program tambahan untuk uc browser. Silakan pilih Save page dan web to PDF.
  6. Kedua plugin  tersebut adalah favorite para artikel hunter.
  7. Jika kamu hanya ingin download satu aja juga gak apa-apa. Misal save page aja. Karena web to pdf adalah plugin untuk mengubah halaman web menjadi PDF. Jika kamu tidak ada keperluan akan hal itu abaikan saja.
  8. Setelah plugin tersebut terinstall silakan buka uc browser lagi dan temukan fungsinya di tab tool (tab tool ada di menu, lokasinya berbeda tergantung versi dan lebar layar hp kamu). Disana sudah tersedia tool save page dan web to pdf jika kamu menginstall keduanya. 2016-05-07_064139.png 2016-05-07_064336.png 2016-05-07_064443.png
  9. cara menggunakannya pun kamu tinggal klik itu tool.
  10. Setiap kali kamu memilih save page kamu akan di suguhi pesan dimana akan menyimpan halaman tersebut. Sesuaikan sesuka hati agar mudah di ingat lokasinya. 2016-05-07_063848.png
  11. Dan jika akan membuka halaman yang sudah di simpan kamu tinggal buka Uc browser dan pilih tab tool sama seperti saat akan menyimpan dan pilih save page.
  12. Pada pesan save page pilih open list page. Cari halaman yang pernah kamu simpan pada lokasi yang telah kamu tentukan tadi.
  13. Hal yang mirip bisa kamu lakukan jika hendak konvert halaman web ke PDF.

c. Cara simpan halaman website untuk di baca offline menggunakan google chrome

Cara ini telah saya buat artikel tersendiri kamu bisa kunjungi halaman : https://techno.khedisfile.com/2015/05/10/menyimpan-halaman-web-dengan-chrome-android-untuk-dibaca-offline/ 

Singkat bukan? sejauh ini cara diatas adalah yang paling simpel. Karena tidak direpotkan dengan bermacam-macam file yang harus disimpan dan tidak ada tambahan aplikasi lain (untuk operamini dan google chrome). Selain itu, kamu tidak membutuhkan koneksi internet lagi jika suatu saat akan membuka halaman yang sudah disimpan tersebut. Coba bandingkan jika menggunakan browser lain! Baca juga Menyimpan Halaman Web Untuk Dibaca Offline di komputer.

Tags: #android #bookmark #browser #google chrome #internet #mozilla #operamini #web #website

  1. Avatar

    Desideria5 years ago

    kalo browsernya pake default yang chrome for android bisa juga ga ngesave webpage??

    Reply
    • Avatar
      Author

      khedi5 years ago

      Bisa banget gan desideria, gunakan fasilitas print pada chrome android. Kemudian safe as pdf. Untuk lebih jelasnya mungkin waktu yang akan datang akan saya bahas dalam posting.

      Reply
  2. Avatar

    cyberandal5 years ago

    itu posisi ‘halaman yg tersimpan’ hilang gak ketika membuka opmin di ponsel lain? Soalnya keliatannya ‘halaman yg tersimpan’ tersebut tidak tersimpan di folder sdcard tapi tersimpan’ di servernya opmin. gimana tuh?

    Reply
    • Avatar
      Author

      khedi5 years ago

      Kalau cara diatas pasti di folder ponsel/sd card. Karena judulnya offline.
      Jika ingin data-data tersingkronisasi secara online maka itu di sebut online dan untuk membukanya harus menggunakan koneksi internet (download dahulu untuk menjadikannya offline). Itu bisa dilakukan dengan cara agan sybrandal mendaftarkan account ke opera kemudian login account tersebut ke operamini di setiap ponsel yang agan miliki.

      Untuk yang offline agar save page dapat di buka di ponsel lain maka folder operamini dari hp lama silakan di copy ke hp baru.

      Reply
  3. Avatar

    cyberandal5 years ago

    Oke. Maksud asumsi saya di atas adalah jikalau pake ponsel Android. Nah jika pake ponsel Android dan browsernya pake opmin, di mana letak folder halaman2 yg tersimpan? Maaf,mengerti maksud saya kan,Gan?

    Reply
    • Avatar
      Author

      khedi5 years ago

      Bisa di cari di : Device/Data/Data/com.opera.mini.native. Tapi belum tentu berhasil. Lebih mudahnya gunakan aplikasi backup dan restore. Kamu tinggal backup operamini dan restore di hp baru.

      Reply
  4. Avatar

    Walidin4 years ago

    Saya sebelumnya juga seperti itu, mas. Tp menggunakan opera mini untuk dibaca offline di hp
    Namun sekarang saya pakai firefox buat save ke pdf, di baca offline

    Reply
  5. Avatar

    Yanto4 years ago

    Saya pake chrome kok gak bisa ya?
    Muncul tulisan “turn on documents in setting > installed app”

    Reply
  6. Avatar

    Nur Muhammad is Cyber4 years ago

    Untuk yg di UC Browser hari download aplikasi tambahan ya. Serta jelaskah dokumen berupa gambar yang saya simpan?

    Reply
  7. Avatar

    silva4 years ago

    Terima kasih, sangat membantu

    Reply

Leave a reply "Tips Android: Menyimpan halaman web untuk dibaca offline"

Author: 
    author