Apa itu fitur HDR camera iPhone dan kapan penggunaanya

454 views

Apa itu HDR?

HDR, (High-dynamic-range) dalam bahasa Indonesia  berarti jangkauan dinamis tinggi adalah serangkaian teknik yang digunakan dalam pencitraan dan fotografi untuk menghasilkan sebuah jangkauan pencahayaan dinamis yang lebih besar dari teknik fotografis atau pencitraan standar. Hasil gambar HDR bisa tampil lebih akurat dari jangkauan level intensitas yang tampak pada pencitraan yang sebenarnya, dari cahaya matahari langsung sampai cahaya bintang yang lemah, dan diambil dari banyak gambar dari obyek yang sama dengan pengambilan berbeda. Lihat sumber wiki.

High-dynamic-range

Bagaimana HDR bekerja?

Pada saat fitur HDR digunakan maka ponsel akan secara otomatis mengambil tiga buah foto yang berbeda dan kemudian oleh sistem foto tersebut akan digabungkan menjadi satu buah foto dengan pencahayaan  terbaik. Yang sebenarnya hasil dari foto tersebut tidak bisa dilakukan oleh kamera ponsel itu sendiri.

Untuk lebih memahami nya mari kita ambil contoh, kamu sedang mengambil foto sebuah mobil yang diparkir dibawah pohon yang rindang  di siang hari  yang terik. Secara normal kamera akan memilih salah satu ataukah menaikan exposure sehingga yang teduh akan terlihat jelas ataukah menurunkan exposure sehingga bagian yang cerah akan terlihat jelas. Nah pada HDR kombinasi keduanya lah yang akan diambil sehingga hasil gambar akan menjadi kombianasi yang paling baik.

Penggunaan HDR yang tidak tepat

Meskipun terlihat canggih akan tetapi fitu HDR tidak akan bekerja dengan maksimal dalam kondisi ;

  • Objek yang bergerak

Hindari penggunaan HDR pada objek bergerak karena hasil yang ditampilkan akan blur. Matikan fitu HDR pada ponsel kamu jika pada kondisi ini.

  • Objek dengan kontras tinggi

Jika kamu mencoba menggunakan HDR untuk mengambil gambar bayangan gedung, dapat dipastikan itu akan percumah karena sistem akan berusaha menghapusnya.

  • Objek warna-warni

Scene vivid adalah gambar yang sudah bagus dengan kombinasi warna yang apik maka jangan gunakan fitur HDR atau kamu akan menghancurkan komposisi warnanya.

Penggunaan HDR yang tepat

  • Gunakan HDR untuk memotret pemandangan dimana komposisi langit dan dataran seimbang.
  • Memotret orang dibawah sinar matahari  yang mana sinar datang dari arah berlawanan sehingga wajah orang tersebut yang normalnya akan gelap menjadi terlihat terang.
  • Gunakan HDR pada area minim cahaya dan backlight.

Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan kamu dalam menggunakan fitur canggih yang tersemat di ponsel kamu. Sekian dari saya terimakasih.

 

 

Tags: #camera #HDR #iphone #ponsel #vivid

  1. Pengalaman membeli gopro 5 black indonesia dua hari sampai4 years ago

    […] membawa Hero 5 black dalam koleksi kece. Seperti diketahui bahwa Hero 5 adalah termasuk jajaran Camera aksi atau action kamera yang baru saja dirilis oleh […]

    Reply

Leave a reply "Apa itu fitur HDR camera iPhone dan kapan penggunaanya"

Author: 
    author