Satu hal penting saat memutuskan membeli kamera DSLR

756 views

Kamera DSLR adalah salah satu jenis kamera dengan  harga tergolong mahal. Jika kamu memutuskan membeli kamera jenis ini untuk keperluan tertentu (hobi atau bisnis) atau hanya untuk digunakan sebagai teman saat ada momen liburan di akhir pekan, maka jangan asal pilih atau kamu akan terpaksa membeli dengan harga lebih mahal dari apa yang kamu butuhkan. Membeli Canon Eos 600D

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder (wikipedia). Kamera jenis ini mulai naik digemari para profesional ataupun pemula dan hendak mengabadikan momen-momen penting. Meskipun kamera pada smartphone mulai bisa menyamai fitur - fitur yang dimiliki kamera DSLR , namun kamera jenis ini selalu mendapat tempat. Kamu yang hendak membelinya dan sedang melakukan pencarian kamera mana yang tepat untuk kamu boyong. Perhatikan satu hal penting yang banyak menjadi pedoman para fotografer saat mencari kamera untuk pertama kalinya.

Hal yang harus kamu perhatikan saat hendak membeli kamera DSLR adalah tanya" untuk apa kamu membeli kamera itu?" Pasti jawabannya sangat beragam. Mulai dari untuk bisnis, hobi, atau hanya mengabadikan momen dalam perjalanan atau acara keluarga. Harga, fitur, lensa dan compatibelitas adalah faktor yang akan membantu kamu dalam menentukan kamera mana yang akan dibeli.

Jika kebutuhan kamu adalah untuk bisnis maka pertimbangannya adalah harga sesuai budget, fitur seadanya (jangan mementingkan kemudahan tapi kekuatan hasil gambar yang didapat), jangan membeli plus lensa alias belilah body only karena lensa bawaan biasanya kurang pas untuk dunia bisnis dan kamu bisa membeli lensa secara terpisah dengan kekuatan maksimal dan pilihan harga yang lebih variasi, dan terakhir adalah cari merek dengan kompatibelitas lensa yang banyak yaitu merek mana yang bisa dipasangi lensa dari merek mana saja( merek lensa). Jika kamu membeli kamera untuk hobi maka pertimbangannya adalah sama seperti jawaban bisnis karena memang hobi pasti membutuhkan hasil yang baik dan tidak ada habisnya (hobi bersifat kontinue). Terakhir jika kamu membeli untuk kebutuhan pengabadian momen penting, maka disarankan belilah kamera seutuhnya (plus lensa bukan body only), cari kamera dengan fitur lengkap seperti Automatic intelegent, WIFI, integrasi social media, aplikasi edit yang beragam didalamnya dll. Perhatikan juga ukuran serta kenyamanan dalam membawa pada tempat yang kecil seperti tas slempang biasa atau tas gendong biasa.

Jadi silahkan tentukan jawaban kamu dan sesuaikan faktor yang akan membuat kamu sukses dalam memilih kamera DSLR sesuai kebutuhan. Baca juga Membeli Canon Eos 600D, bekal ampuh memulai hobi foto.

Tags: #bisnis #hobi #kamera DSLR #moment

  1. Avatar

    vivo5 years ago

    Fotografi itu menurutku hobi yang bisa menghasilkan banget.

    Reply
    • Avatar
      Author

      khedi5 years ago

      Benar sekali gan, BTW bisa bagi-bagi tipsnya? hehee

      Reply
  2. 10 Tips maksimalakan macro dengan kamera iPhone tanpa perlu keahlian khusus4 years ago

    […] aperture f/8 keatas akan menghasilkan foto macro yang baik. namun itu jika kamu menggunakan kamera DSLR. Dan jika menggunakan iPhone maka cukup biarkan […]

    Reply
  3. Hanya hitungan menit membersihkan jamur pada lensa kamera DSLR4 years ago

    […] kamera DSLR tapi jarang digunakan, pas saatnya digunakan lensanya tiba-tiba buram. itu namanya lensa kameramu […]

    Reply

Leave a reply "Satu hal penting saat memutuskan membeli kamera DSLR"

Author: 
    author