Menyimpan halaman web dengan Chrome Android untuk dibaca offline

3123 views

Menyimpan halaman web dengan Chrome Android.

Sedang suka browsing artikel atau materi pelajaran yang bermanfaat dan ingin menyimpannya?

Kadang dimana semua informasi sangat mudah didapatkan, satu info belum selesai dibaca yang lainnya sudah memikat pandangan. Solusinya adalah menyimpan halaman-halaman tersebut untuk dibaca lain waktu.

Dan coba saya tebak.,,

Bahwa kamu menginginkan semua halaman tersebut tersimpan dan dapat dimuat kembali walaupun Hp dalam keadaan offline. Pasalnya banyak juga yang memanfaatkan koneksi wifi di area hotspot hanya untuk menyimpan artikel atau materi. Baru kemudian di rumah dimana koneksi internet terbatas dibukalah satu-persatu itu halaman ,,, anak kuliahan banget ūüôā

Menyimpan halaman web dengan Google Chrome Android untuk dibaca offline, adalah tip yang akan saya bagikan kali ini. Kenapa android, kenapa google chrome? Pokoknya karena banyak keuntungan dan kemudahannya. Baiklah kita mulai saja langkah - langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka browser kesayangan kamu yaitu Google chrome android
  2. Silakan cari halaman website yang hendak kamu simpan
  3. Jika sudah silakan sentuh pojok kanan atas ( Bisa berbeda lokasinya tergantung device yang digunakan) Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. Menyimpan halaman web dengan Chrome Android untuk dibaca offline
  4. Pilih Print...
  5. Ganti save to google drive dengan save as PDF, dan atur sesuai kebutuhan misal landcape atau yang lainnya
  6. Pilih save Menyimpan halaman web dengan Chrome Android untuk dibaca offline
  7. Pilih downloads Menyimpan halaman web dengan Chrome Android untuk dibaca offline
  8. selesai

Untuk membuka hasil simpan tadi kamu bisa menuju ke folder downloads pada explorer HP atau dari chrome siakan menuju tab downloads. Karena file hasil simpan tadi berbentuk PDF maka untuk dapat membukanya, ponsel kamu harus memiliki aplikasi pembuka dokumen PDF seperti open office , adobe reader atau yang lainnya. Menyimpan halaman web dengan Chrome Android untuk dibaca offline

Nah itu dia cara Menyimpan halaman web dengan Chrome Android untuk dibaca offline. Cara ini memang agak sedikit panjang, dan biasanya cara yang sering saya gunakan adalah hanya save page. Namun cara save page membutuhkan internet untuk membukanya kembali. Beda halnya jika save ke PDF, tidak dibutuhkan akses internet untuk membukanya.

Namun cara yang lebih cepat adalah jika kamu menggunakan browser operamini dan saya sudah membahasnya pada posting Tips Android: Menyimpan halaman web untuk dibaca offline .

Tags: #chrome android #hp #offline #ponsel

  1. Avatar

    erha5 years ago

    Makasih ya infonya, saya baru tau bisa menyimpan halaman web tanpa menggunakan aplikasi tambahan (sebelumnya saya menggunakan paperspan).

    Reply
  2. Avatar

    affin4 years ago

    Lebih baik pake uc browser, karena dapat menyimpan halaman dengan format mht,

    Format pdf sangat lah buruk, penuh keterbatasan, tidak memuaskan.

    chrome masih terikat hukum/etika IT.

    Reply
  3. Avatar

    arman4 years ago

    Gan perintah print di google crome android ane ko ga ada ya…?? Dulu ada tapi pas ada pembaruan jadi ga ada Kenapa ya gan…???

    Reply
  4. Avatar

    Marfa2 years ago

    Kenapa ya saya udh ngunduh banyakk banget situs terus pas udh beberapa hari semua unduhannya ilang kecuali foto??

    Reply
  5. Avatar

    Agus eka2 years ago

    Trimakasih,informasi ini sangat membatu sekali

    Reply

Leave a reply "Menyimpan halaman web dengan Chrome Android untuk dibaca offline"

Author: 
    author