iPhone mulai lemot, force close, error dan aneh? ini solusinya

9004 views

Sungguh tidak menyenangkan sekali saat kita menggunakan smartphone untuk kegiatan sehari-hari terdapat gangguan, apalagi kegiatan itu merupakan kegiatan yang penting. Misal melakukan kirim pesan atau email, melakukan panggilan ataupun hanya sekedar browsing.

Gangguan itu seperti aplikasi yang force close alias aplikasi nutup sendiri, iPhone terlalu panas, lag yang berlebihan, sampai yang terparah adalah hang. fitur rahasia iPhone

iPhone merupakan sebuah perangkat yang didalamnya terdapat berbagai program yang membangunnya, sehingga tidak tertutup kemungkinan terjadi gangguan seperti yang disebutkan diatas.

Meski saya belum pernah mengalami seperti aplikasi iPhone nutup sendiri dan hang namun jika ada kemungkinan pasti akan terjadi. Beberapa yang menyebabkan dan solusi iPhone mulai lemot , force close, error dan aneh adalah sebagai beriut:

Penyebab dan solusi iPhone mulai lemot , force close, error dan aneh

1. Pengaturan salah

Percaya atau tidak pengaturan yang salah akan menyebabkan aplikasi force close. Hal ini karena setiap aplikasi yang kita miliki memiliki cara tersendiri untuk menyimpan data pribadi kita.

Terkadang terjadi perbedaan apa yang disetting pada aplikasi dengan yang diinginkan iPhone, nah disitu akan terjadi perselisihan.

Solusi:

Lakukan reset setting pada iPhone. Bisa jadi kita melakukan setting yang tidak banyak aplikasi mensupportnya. Silakan langsung reset setting pada iPhone dengan pergi ke setting > general > reset.

Pilihlah beberapa opsi untuk melakukan reset. Saran saya lakukan reset all setting dan bukan erase all content and setting. Atau jika masalah yang kamu hadapi berkenaan dengan sinyal selullar pada iPhone maka pilihlah reset selullar setting.

2. Kesalahan update aplikasi

Untuk yang satu ini terjadi dari pihak pengembang aplikasi, tidak selamanya pengembang memperhatikan secara detail akan update aplikasi yang mereka terbitkan. terkadang ada bug yang terlewat dan menyebabkan iPhone panas atau aplikasi menutup sendiri.

Solusi:

Hubungi developer melalui halaman feedback atau dengan kontak yang tersedia seperti email, social media atau yang lainnya yang desertakan bersama aplikasi. Dan untuk jangka pendeknya kamu dapat mencoba dengan uninstall aplikasi dan download kembali.

3. iOS tidak kompatible

Aplikasi yang tersedia di iPhone akan selalu menyesuaikan dengan perkembangan iOS yang ada. Semisal iOS yang beredar sudah versi 8.3, maka para pembuat aplikasi akan menyesuaikan aplikasi mereka agar berjalan mulus pada iOS yang terbaru dan mengeluarkan update.

Namun bagi mereka (pengguna iPhone) yang belum melakukan update iOS dan telah mengunduh aplikasi versi terbaru akan terjadi ketidak kompatibelitas iOS.

Solusi:

Pastikan kamu membaca kompatibelitas aplikasi terhadap versi iOS sebelum melakukan update atau download. Jika sudah terlanjur melakukan download aplikasi dengan dukungan iOS terbaru sedangkan iOS iPhone kamu versi lama maka solusinya adalah update iOS. Bisa baca  Cara Update iOS 8 tanpa PC (komputer).

4. Jailbreak corrupt

Hal yang satu ini sangat mungkin menyebabkan iPhone berjalan dengan tidak normal. Apalagi jika kamu telah memasukkan berbagai tweak ke dalamnya.

Solusi:

Lakukan restore iOS kamu ke keadaan awal. Tentunya dengan file backup yang sudah kamu buat sebelumnya.

5. Device terbatas kemampuannya

Setiap versi iPhone membawa spesifikasi hardware sendiri-sendiri yang juga akan menyesuaikan dengan aplikasi yang ada. Jika versi iPhone  sudah terlalu tua sedangkan kebutuhan aplikasi saat ini sangat menguras spesifikasi hardware maka sudah pasti iPhone akan mengalami ketidak stabilan dalam bekerja.

Solusi:

Beli iPhone baru yang lebih update. Jika kamu berminat untuk beli iPhone alternative harga miring cek disini.

6. iOS hasil restore dari iPhone sebelumnya

Hal ini yaitu aplikasi dan beberapa feature bertingkah aneh sangat mungkin terjadi jika iOS yang kamu gunakan adalah hasil restore dari backup iOS iPhone sebelumnya.

Feature ini memang sangat menguntungkan, misal kamu hendak menjual iPhone kamu dan agar kamu tidak kehilangan berbagai aplikasi dan data di iPhone, maka kamu melakukan backup seluruh isi iPhone menggunakan PC. Dengan cara ini semua data dan aplikasi dari iPhone yang kamu jual dapat kamu pindahkan ke iPhone baru kamu tanpa ada yang hilang.

Akan tetapi karena perbedaan device misal tadinya iPhone 4s kemudian iPhone baru kamu 5s maka akan terjadi ketidak sesuian yang berakibat aplikasi nutup sendiri atau iPhone ber-operasi tidak semestinya.

Solusi:

Lakukan reset all setting, seperti solusi pertama. Atau jika iphone kamu adalah iPhone yang terbaru bisa lakukan hard reset.

Nah itu dia ciri dan solusi iPhone mulai lemot, force close, error dan aneh. Semoga bermanfaat. Baca juga Ini dia komputer apple paling murah.

Tags: #ios #iPhone 5 #iPhone 5s

  1. Avatar

    Kusaeri4 years ago

    Gmna solusinya mengatasi iphone 5 yg sering program sendiri n gerak2 sendiri?

    Reply
    • Avatar

      reza3 years ago

      ganti LCD

      Reply
  2. Cara backup iOS iPhone di iTunes lengkap step by step3 years ago

    […] (recovery) jika iPhone terjadi kegagalan sistem. Kegagalan sistem ini bisa berupa iPhone hang, atau iPhone mulai berlaga aneh sering force close.  Ada juga backupa iOS berfungsi untuk menyimpan data dan aplikasi dari iPhone yang akan dijual […]

    Reply
  3. Avatar

    Syifa2 years ago

    cara no 1 reset setting menyababkan semua data hilang dan iphone menjadi baru ga?

    Reply
    • khedi

      khedi2 years ago

      Tidak, hanya setting saja

      Reply
    • Avatar

      SuryaM2 years ago

      lepas dan bersihkan kembali socket and connector LCD Touch screen nya..mudah koq pakai sikat gigi bekas aja harusx kembali normal..tp klu lom terselesaikan ya beli LCD iP baru ehehhe…klu ane sih cukup dgn step1 td bersihkan socket and connector saja udah cukup.

      Reply
  4. Avatar

    Iphone6+9 months ago

    Knpa terjadi force close do ip6+?

    Reply
    • khedi

      khedi4 months ago

      Better di update aplikasinya gan

      Reply
  5. Avatar

    Bagus3 months ago

    Klo main game online disconnet mulu tolong saran nya

    Reply
  6. Avatar

    Candra2 months ago

    iphone6 ku udh di reset setting gan, dan udh hapus aplikasi dan install kembali, tetapi masih juga force close, apalagi main Mobile legend gan selalu force close, dan bukan hanya satu aplikasi saja, bahkan aplikasi lainnya juga begitu.. kira” penyebab nya apa ya gan? mohon petunjuk.. Thanks..

    Reply
  7. Avatar

    Davino3 weeks ago

    Bang , saya punya iphone 6s , kapan itu pernah mindah” gambar di file , g tau kehapus atau gimnaa ya , tiba” semua yang berhubungan dengan foto g bisa (wallapaper , pengaturan setting foto , bagikan) jadi kalo saya pencet ya ngefreeze , tpi ttp bisa di gerakin assitive touch sama tombol home nya . Mohon pencerahannya karena sangat penting

    Reply

Leave a reply "iPhone mulai lemot, force close, error dan aneh? ini solusinya"

Author: 
    author