12 Fitur iOS 9 terbaru untuk iPhone dan iPad, harus tahu!!!

1407 views

Akhirnya setelah ditunggu-tunggu meskipun tidak terlalu digembar-gemborkan datang juga. iOS 9 yang membawa perubahan dari 4 lini yaitu aplikasi, multi tasking, intelegence, dan foundation hadir juga kemarin dalam ajang WWDC. Ada yang menyimaknya?Fitur iOS 9 terbaru

Meski perubahan yang dibawa tidak sebanyak ketika update iOS 7 ke iOS 8, namun update yang satu ini patut di telisik lebih dalam. Apa sajakah yang ditawarkan oleh apple melalui iOS 9 ini? Mari simak dibawah ini 12 Fitur iOS 9 terbaru untuk iPhone dan iPad yang berhasil saya rangkum dari acara kemarin.

1. Proactive assistant

Fiture ini lebih menekankan bahwa iPhone adalah gadget yang pintar dan bisa belajar. iPhone akan mempelajari kegiatan kamu sehari-hari baik itu pencarian pada internet, pengaturan jadwal, alarm, penggunaan telephone, dan lainya. Kemudian iPhone dengan cerdas akan mengingatkan dan memberi saran jika pada suatu saat kamu melakukan hal berbeda atau melakukan hal yang menyerupai kegiatan kamu biasanya.

Pencarian pada web akan diberikan saran sesuai dengan kebiasaan kamu melakukan pencarian. Bahkan pengingatpun akan mencoba mengingatkan kamu untuk hal-hal yang biasa kamu lakukan namun pada suatu waktu tidak kamu lakukan.  Dalam hal ini iPhone kamu yang sudah diupdate ke iOS 9 akan seperti paranormal, atau sok tahu. Tapi tentunya pada satu sisi akan sangat mempercepat kegiatan pekerjaa.

2. Aplikasi berita

Memperbaiki newstand yang telah ada, aplikasi news pada iOS 9 ini akan hadir dengan tampilan dan gaya baru.

3. Aplikasi Notes hadir baru

Jika waktu kemarin kamu jarang menggunakan notes, dijamin setelah update iOS 9 bakalan terus-terusan dipakai. Sebab notes kini alan lebih kompleks, yaitu penambahan gambar, maps dan lainnya bisa masuk dan dijadikan sebagai catatan. Ada juga fitur freehand pada notes akan menambah kamu lebih bebas dalam membuat catatan. Selain semua itu notes juga dapat diakses ketika kamu sedang membaca sebuah halaman web, tinggal swipe layar kebawah dan pilih tanda panah keatas maka menu notes berjajar dengan beberapa aplikasi lainnya. Lebih mirip save page tapi ofline pada iPhone.

4. Maps (peta) mendapat update

Dengan bertambah pintarnya iOS 9 maka maps pun dibuatnya pintar juga. Seperti akan mendukung jalur angkutan umum pada pilihan navigasi. Bertambah juga koleksi nearby dan saran terhadap tempat disekitar kamu.

5.Semakin banyak kartu bisa digunakan dengan apple pay.

6. Carplay mendapat update.

7.  Multi tasking

Fitur baru bagi iOS 9 yaitu multi tasking, meski bukan hal baru bagi dunia gadget. Adapun fitur ini hanya diperuntukan untuk iPad. Yaitu saat kamu melakukan aktivitas pada aplikasi tertentu misal melihat video aplikasi lain dapat dibuka dengan slide dari samping misal email atau yang lainnya. Sama juga ketika kamu sedang melakukan panggilan video, dengan menekan tombol home maka tampilan kamera akan mengecil ke arah pojok dan saat itulah kamu bisa membuka aplikasi lain bersamaan dengan kamu melakukan panggilan video (facetime).

8. Tambahan shortcut keyboard baru

Selain multi touch gesture ada juga tambahan shortcut yang sangat berguna, diantaranya : cut,copy, paste, bold, italic, dan uderline. Kemudian keyboard ini juga bisa divariasikan dengan keyboard pihak ketiga favorit kamu.

9. Siri ganti baju alias tampilan

Selain ganti tampilan, siri juga akan semakin cerdas. Siri bisa menemukan foto moment-moment tertentu pada library kamu,  serta siri juga dapat membuat pengingat tentang hal yang sedang kamu lakukan dengan iPhone. Misal jika kamu sedang membuka safari atau calender, kemudian kamu akan membuat pengingat tentang hal yang sedang dibuka di safari.

10. Fitur penghemat daya batrey

iOS semakin cerdas dengan mengetahui kapan iPhone kamu membutuhkan konsumsi daya dan tidak.

11. enam (6) digit passcode

Kini iPhone mendukung 6 digit passcode.

12. Move to iOS app membuat mudah migrasi dari android ke iPhone.

Seolah mengajak pengguna android untuk pindah ke iPhone, aplikasi ini akan memudahkan mereka.

Itu dia 12 hal yang ditawarkan pada iOS 9 yang berhasil saya rangkum. Beberapa mungkin tidak sesuai dengan iOS pada saat sudah tersedia di download atau perbedaan itu dipengaruhi device yang kamu gunakan. Baca juga Daftar Harga iPhone 5S terbaru di beberapa toko online Indonesia Juni 2015.

Tags: #android #apple #iOS 9 #wwdc

  1. 5 cara Ampuh mempercepat iPhone atau iPad yang lemot3 years ago

    […] merupakan generasi lawas dari jajaran iPhone. Meski iPhone 4s masih dijagokan untuk mencicipi iOS 9, namun itu terlihat sedikit […]

    Reply
  2. Alternatif update iOS dengan ukuran file yang besar3 years ago

    […] kamu yang sudah melakukan update pasti sekarang sedang meng explore kelebihan dari iOS 9 tersebut. Tapi bagaimana kamu yang belum sempat? mari saya coba tebak hambatan apa yang […]

    Reply

Leave a reply "12 Fitur iOS 9 terbaru untuk iPhone dan iPad, harus tahu!!!"

Author: 
    author