Ini Dia perbedaan kamera iphone 5 dan 5s ,wajib tahu!

2783 views

Setelah kemarin kita mengetahui perbedaan iPhone 5 dan 5s secara fisik, sekarang saya coba mengulas perbedaan iPhone 5 dan 5s dari segi kamera. Sebelumnya mengapa saya baru mengulas iPhone 5 dan 5s bukan iPhone yang lebih baru? padahal iPhone 5 dan 5 s sudah discontinue? (tersedia di distributor dan tersedia terbatas di reseller autorized). Mengapa bukan iPhone 6 yang lebih baru dibahas? Jawabannya karena saat iPhone 5 dan iPhone 5s rilis blog ini belum lahir 🙂 sehingga saya belum sempat mereview keduanya saat waktu rilis. Nah untuk melengkapi artikel yang tersedia di blog ini , maka saya putuskan untuk tetap me review meskipun sudah ketinggalan. Selain itu karena banyak teman yang minta saran tentang iPhone 5 da 5s bukan iPhone 6.Ini Dia perbedaan kamera iphone 5 dan 5s ,wajib tahu!

Lanjut ke perbedaan kamera iPhone 5 dan 5s. Secara spesifikasi keduanya memiliki kesamaan yaitu 8Mp, hal itu yang membuat banyak orang heran. Karena waktu penantian yang panjang ternyata tidak membuat apple menambah pixel dari kamera gadget terbarunya. Bahkan sampai iPhone 6 juga masih menggunakan 8Mp. Lebih detail mengenai spesifikasi kamera iPhone 5 dan 5s adalah seperti tabel berikut ini;

[table “10” not found /]

Secara sekilas memang antara keduanya hanya memiliki perbedaan yang sedikit yaitu Led flash, dan beberapa fitur lainnya. Namun apa akibat dari perbedaan itu terhadap gambar yang dihasilkan? mari lihat lebih detail lagi.

1. Sensor yang lebih besar pada kamera iPhone 5s

Apple lebih memilih untuk meningkatkan sensor sebesar 15 persen dari pada meningkatkan resollusi. Peningkatan ini berakibat pada banyaknya cahaya yang dapat dalam satu waktu . Tujuannya adalah agar tone warna yang tertangkap lebih banyak serta transisi lebih bagus dan noise tereduksi.

2. Processor A7 memiliki image stabiliizer peocessor (ISP)

Sensor ini bertugas sebagai pemroses gambar pada iPhone 5s secara khusus. Seperti color corection , white balance, konversi format dan lainnya. ISP ini juga membuat iPhone 5s mampu mengambil gambar banyak sekaligus dalam satu waktu, kurang lebih 10fps. Dengan begitu kita dapat memilih gambar yang paling baik dari yang diambil. Atau jika gambar diambil dalam mode brust, pengguna tidak perlu melakukan pemilihan terhadap gambar yang diambil, sebab ISP akan memilihkan gambar terbaik yang terambil melalui filter apakan foto blur, face detection, smile detection, red eye, dan lainnya.

3. Falsh dua warna

Seperti yang terlihat pada tabel diatas bahwa iPhone 5s memiliki dua flash terpasang padanya. Dan dua flash tersebut memiliki warna yang berbeda yaitu putih dan kuning. Flash ini lebih berguna untuk menyesuaikan cahaya yang di keluarkan agar sesuai dengan lingkungan sekitar. Sehingga gambar yang diambil akan tetap terlihat natural walau berada di ruangan yang berbeda. Patokannya adalah pencahayaan yang diinginkan adalah sesuai cahaya matahari, jadi intinya flash tersebut akan menyala sesuai pencahayaan matahari setelah melihat area sekitar.

4. Stabilizer image

Mirip dengan fitur yang terdapat pada kamera digital yang disebut sebagai IS. Namun pada iPhone 5s tidak sebagus pada kamera digital. Namun hasil yang didapatkan cukup memuaskan.

5. Video slow motion

Ini yang menarik dari fitur kamera yang dibawa oleh iPhone 5s. Seolah memiliki aplikasi pengolah video pada smartphone. Yaitu video yang diambil dapat diubah menjadi slow motion. Dan area yang nampak lambat dapat dipilih di segmen manapun yang diinginkan.

6.Panorama

Sejatinya fitur ini banyak tersematkan pada smartphone jaman sekarang. Namun pada iPhone 5s penyempurnaan terdapat pada penggabungan gambar-gambarnya yang lebih halus.

Itu dia beda kamera iPhone 5 dan 5s yang lumayan jauh dan iPhone 5s memiliki fitur kamera yang banyak. Dan tentunya jika digali lebih dalam lagi akan ada banyak hal yang bisa didapatkan dari kamera 8MP iPhone 5s. Semisal fitur time lapse yang lagi ngetrend saat ini. Baca juga Lebih detail mengenai perbedaan iphone 5 dan 5c.

Tags: #camera iPhone #iPhone 5 #iPhone 5s

  1. 10 Tips maksimalakan macro dengan kamera iPhone tanpa perlu keahlian khusus4 years ago

    […] Demikian tips hari ini. Semoga bermanfaat dan kamu terus ber experimen untuk menghasilkan foto macro menggunakan kamera iPhone. […]

    Reply

Leave a reply "Ini Dia perbedaan kamera iphone 5 dan 5s ,wajib tahu!"

Author: 
    author