Detail Penting Tentang GPS untuk Drone

874 views

Salah satu hal yang sebaiknya Anda ketahui tentang penggunaan drone adalah fitur gps untuk drone yang biasa disertakan pada produk drone komersial yang beredar luas di pasaran saat ini.

Drone adalah sejenis kendaraan udara yang tidak memiliki pilot dan dioperasikan dengan menggunakan remote control. Secara umum, drone dapat dibagi menjadi dua jenis utama yaitu drone militer dan drone komersial.

Drone militer biasanya digunakan oleh pihak militer atau badan pemerintah sementara drone komersial dijual secara bebas di pasaran dan dapat digunakan oleh masyarakat luas.

Fungsi drone cukup bervariasi tergantung dari jenis drone tersebut. Drone militer biasanya digunakan untuk kepentingan pertahanan dan intelijen. Beberapa jenis drone militer bahkan dilengkapi dengan persenjataan yang dapat digunakan untuk menyerang daerah yang diduga diduduki oleh musuh.

dji inspire 1 drone

Image @DJI.com, buy these produc on www.DJI.com

Selain untuk kepentingan militer, drone juga biasanya digunakan untuk pemetaan lewat udara. Hal inilah yang menyebabkan beberapa jenis drone memiliki kamera dengan fitur termal.

Drone untuk keperluan pemetaan lewat udara juga biasanya dilengkapi dengan gps untuk drone dan kamera video. Beberapa jenis drone dapat digunakan untuk kepentingan komunikasi. Ada juga jenis drone yang digunakan untuk kepentingan penelitian seperti drone yang digunakan untuk memonitor arah hembusan angin.

Drone komersial memiliki fungsi yang lebih praktis. Beberapa jenis drone komersial, terutama yang dimiliki oleh perusahaan tertentu berfungsi sebagai sarana untuk pengiriman barang. Karena ukuran drone yang relatif kecil, bobot barang yang akan dikirimkan dengan menggunakan drone tentu saja sangat terbatas.

Beberapa drone digunakan oleh perusahaan media untuk mengambil gambar video atau foto dari ketinggian. Ketika sedang syuting pembuatan film atau video, terkadang perlu diambil gambar dari ketinggian. Pada saat seperti inilah drone digunakan.

Drone juga digunakan untuk pemotretan majalah atau katalog yang membutuhkan foto yang diambil dari ketinggian. Kamera yang dibawa oleh drone tentu bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Drone untuk pemotretan atau syuting komerisal juga dilengkapi dengan gps untuk drone sehingga drone dapat bergerak sesuai dengan pola yang sudah diprogramkan.

Sebagian besar jenis drone komersial biasanya sudah menyertakan GPS pada saat pembelian. Namun ada juga beberapa jenis drone yang tidak menyertakan GPS pada saat pembelian.

gps untuk drone

www.flyingtoys.com

Untuk drone yang tidak menyertakan GPS pada saat pembelian, Anda tentu saja harus membeli GPS secara terpisah. GPS merupakan salah satu perangkat digital yang sudah cukup umum penggunaannya saat ini.

Ada berbagai jenis GPS yang bisa Anda temukan di pasaran saat ini dengan beragam pilihan merk dan fungsi. Bagi Anda yang ingin membeli gps untuk drone, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sehingga Anda bisa mendapatkan GPS sesuai kebutuhan Anda. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan tentu saja adalah jenis GPS yang akan Anda beli. Pastikan GPS yang Anda beli bersifat kompatibel atau sesuai dengan jenis drone yang Anda miliki.

Selain jenis GPS, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan merk GPS yang akan Anda beli. Saat ini, merk gps untuk drone cukup bervariasi dan hadir dalam pilihan yang cukup beragam. Beberapa merk mungkin sudah cukup terkenal sementara beberapa merk lain merupakan merk baru yang belum terlalu populer.

Merk GPS biasanya akan berpengaruh pada kualitas GPS tersebut. GPS dengan merk yang sudah terkenal biasanya memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dibandingkan GPS dengan merk yang kurang terkenal. Di sisi lain, merk GPS juga biasanya akan berpengaruh pada harga GPS tersebut. GPS dengan merk terkenal biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan GPS yang memiliki merk yang kurang terkenal.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika akan membeli GPS yang akan digunakan pada drone adalah fitur apa saja yang tersedia pada GPS tersebut. Fitur pada satu GPS bisa saja berbeda dari fitur yang terdapat pada GPS lain. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli GPS, ada baiknya Anda mengecek fitur apa saja yang terdapat pada GPS tersebut beserta fungsinya.

Terakhir, pertimbangkan harga GPS yang akan Anda beli. Usahakan untuk memilih GPS dengan harga yang paling terjangkau tanpa mengabaikan kualitas serta fitur yang dimiliki oleh GPS tersebut. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda akan bisa mendapatkan gps untuk drone yang Anda butuhkan secara lebih mudah.

GPS pada Drone

GPS pada drone  lebih berfungsi sebagai sebuah pointer yaitu pointer lokasi yang memang fungsi dari GPS itu sendiri adalah untuk menentukan lokasi kecepatan dan jarak suatu objek di permukaan bumi. Jadi sebuah drone yang sudah terpasang hardware GPS didalamnya akan bisa mengetahui di mana posisinya saat dia terbang dengan kata lain drone yang sudah terpasang GPS akan dapat ditemukan di manapun dia berada tentu saja dengan controller si pemiliknya.

Dengan GPS Drone dapat disetting untuk melalui titik titik koordinat sesuai keinginan pemiliknya. Jadi intinya Jika kamu memiliki drone  yang sudah dilengkapi dengan GPS hardware dalamnya kamu dapat melakukan setting kemana drone ini akan melakukan penerbangan secara autopilot.

Semisal drone yang kamu miliki telah terkoneksi dengan iPad sebagai kontroller dan kemudian kamu melakukan setting pada aplikasi bawaan yang terinstal di iPad kemudian kamu tentukan titik-titik yang akan dilalui ketika dia terbang. Ini akan menarik ketika kamu ingin mengelilingi rumah kamu tanpa harus mengontrol joystick yang ada pada kontroller dan kamu hanya perlu menekan tombol fly dan drone akan terbang sesuai dengan titik-titik koordinat yang telah ditentukan sebelumnya.

Sinyal GPS Drone perlu di perhatikan

Jika kamu memiliki drone dengan GPS di dalamnya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kamu akan terbang dengan menggunakan GPS.

Sinyal harus memenuhi syarat aman ketika akan terbang hal ini menghindari hilangnya drone ketika sinyal GPS benar-benar menghilang dari perangkat. Ini sangat fatal karena drone bisa benar-benar terbang tanpa terkendali jika kehilangan sinyal GPS. Jadi harus diperhatikan sebelum melakukan penebangan menggunakan GPS drone harus memiliki cukup sinyal.

Baca juga Berbagai Jenis Drone yang Sebaiknya Anda Tahu.

Tags: #drone #gps

  1. Avatar

    ahmad4 years ago

    Maaf Mau Tnya…
    1. Untuk Drone sendiri, GPS yang dimaksud apa’kah bisa digunakan untuk melalukan pemetaan tanpa pengguna (manusia) melakukan tracking dilokasi yang akan diukur…??
    2. Apakh penggunaan GPS di Drone, tingkat akurasi gambarnya setara dengan penggunaan GPS secara manual (dibawa oleh pengguna/manusia)?
    makasih…

    Reply
    • khedi

      khedi4 years ago

      tergantung merek dan kualitas gan

      Reply

Leave a reply "Detail Penting Tentang GPS untuk Drone"

Author: 
    author